Comscore Tracker

5 Tips Menata Furnitur di Ruangan Sempit, Anak Kos Harus Paham 

Tips ini bikin ruangan kecil terasa lega

Menata furnitur bisa jadi hal yang cukup tricky, terlebih apabila ruanganmu mempunyai bentuk yang sempit dan memanjang. Salah penempatan pada satu furnitur saja bisa membuat kesan ruangan yang luas jadi hilang.

Bentuk memanjang dan sempit biasanya digunakan sebagai kamar tidur anak. Meskipun bukan kamar tidur utama, setidaknya kamu harus menjadikan kamar anak atau kamar tamu tetap nyaman untuk ditempati.

Bila kamu masih bingung dan belum menemukan titik terang, beberapa tips menata furnitur di ruangan sempit berikut ini bisa coba kamu terapkan. Yuk simak!

1. Biarkan salah satu sisi sebagai jalan

5 Tips Menata Furnitur di Ruangan Sempit, Anak Kos Harus Paham ilustrasi kamar tidur (architecturaldigest.in)

Adalah salah satu hal paling sulit dalam menempatkan furnitur pada ruangan panjang dan sempit namun masih bisa digunakan sebagai jalan tanpa tersandung benda lainnya. Tentunya kamu tidak ingin orang-orang harus kesusahan saat berjalan, kan?

Sebisa mungkin kamu harus menempatkan furnitur fokus pada salah satu sisi saja dan membiarkan sisi lainnya tetap kosong. Namun bila cara ini tidak bisa diterapkan, setidaknya berusahalah untuk membuat sedikit celah untuk jalan, ya.

2. Tempatkan furnitur di sudut ruangan

5 Tips Menata Furnitur di Ruangan Sempit, Anak Kos Harus Paham ilustrasi kamar tidur (realhomes.com)

Bila ruanganmu panjang dan sempit sehingga tidak mempunyai cukup ruang yang lapang, maka kamu bisa menyiasatinya dengan menempatkan furnitur pada pojok atau sudut ruangan.

Letakkan furnitur yang cukup besar pada sudut ruangan. Dengan begini akan membuat sedikit ruang kosong. Contohnya saja seperti lemari sampai meja belajar, baiknya kamu tempatkan di sudut ruangan.

Baca Juga: 7 Tips Menata Bedroom Dresser, Rapi Sekaligus Estetik!

3. Gunakan furnitur berbentuk bundar

5 Tips Menata Furnitur di Ruangan Sempit, Anak Kos Harus Paham ilustrasi kamar tidur (thenordroom.com)

Membuat kamar jadi lebih lega bisa dengan cara memilih furnitur yang berbentuk bundar. Furnitur berbentuk bundar akan mengekspos lebih banyak dinding dibandingkan dengan furnitur kubus ataupun balok. Hal inilah yang akan membuat kama tidurmu terasa lebih luas.

Contoh furnitur bundar yang bisa kamu coba, sebut saja coffee table, side table, bahkan bantal. Kamu bisa memadu-padankannya dengan furnitur lain. Memang tidak harus semua furnitur berbentuk bundar, setidaknya ada beberapa saja sudah cukup, lho.

4. Manfaatkan dinding kosong untuk penyimpanan

5 Tips Menata Furnitur di Ruangan Sempit, Anak Kos Harus Paham ilustrasi kamar tidur (pinterest.co.uk/ascompte)

Selanjutnya, bila kamarmu tidak ada cukup ruang untuk difungsikan sebagai penyimpanan, maka ini saatnya kamu memanfaatkan dinding kosong. Kamu bisa memasang hanging shelf untuk dekorasi atau rak buku vertikal yang menempel dinding.

Cara ini terbilang sangat efektif untuk membuat ruangan jadi lebih luas. Namun, selalu pastikan kalau paku atau penyangga hanging shelf-mu sudah cukup kuat dan tidak akan terjatuh demi keamananmu sendiri.

5. Pilih furnitur multifungsi

5 Tips Menata Furnitur di Ruangan Sempit, Anak Kos Harus Paham ilustrasi kamar tidur (unsplash.com/@dkleu)

Sebenarnya, dalam satu kamar tidur pasti membutuhkan banyak furnitur. Mulai dari tempat tidur, meja belajar, lemari, hingga rak atau cabinet untuk penyimpanan tambahan. Sayangnya, dengan keterbatasan lahan semua furnitur tersebut tidak bisa kamu masukkan.

Alangkah baiknya kamu memilih furnitur yang memiliki 2 atau lebih fungsi sekaligus. Seperti tempat tidur dengan laci penyimpanan di bagian bawah. Kamu bisa menggunakannya untuk menaruh pakaian sehingga kamu tidak lagi membutuhkan lemari. 

Kamar yang sempit tidak akan menhambat tampilan estetik, asalkan sudah terkonsep sejak awal dan minimalkan penggunaan furnitur besar, ya!

Baca Juga: 5 Ide Menata Buku untuk Dekorasi Kamar, Bikin Makin Betah!

Dian Ayu Erlianti Photo Verified Writer Dian Ayu Erlianti

content-writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya