TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Agar Kucing Cepat Gemuk dan Sehat, Cat Lovers Wajib Tahu!

Kucing gemuk bukan karena makan nasi, lho!

ilustrasi kucing gemuk (pexels.com/Cats Coming)

Siapa sih yang pengin kucing peliharaannya terlihat kurus? Cat lovers pasti melakukan berbagai cara agar kucing peliharaannya terlihat gemuk.

Sebagian orang ada yang pengin kucing peliharaannya gemuk dengan memberinya nasi, faktanya kucing tidak membutuhkan banyak karbohidrat layaknya manusia. Nasi yang mengandung karbohidrat cukup tinggi tidak dibutuhkan kucing. 

Nah, agar kucingmu cepat gemuk dan tetap sehat, ada beberapa cara agar kucingmu menjadi gemuk namun tetap dengan cara yang sehat. Simak ulasannya di bawah ini!

1. Pilih makanan yang tepat

ilustrasi kucing sedang makan (pexels.com/Ralph)

Jangan salah memilih makanan untuk anabul, akibatnya bisa mengganggu sistem pencernaannya sehingga bisa menyebabkan mencret. Seringkali cat lovers tidak menyadari akan hal ini, jika kucingmu tidak cocok dengan makanananya pasti akan malas untuk makan, akibatnya menjadi kurus. Pilihlah makanan untuk anabul yang kualitasnya bagus serta mengandung protein.

2. Berikan wet food dan dry food

ilustrasi kucing makan dry food (pexels.com/Engin Akyurt)

Sebagian orang memberi anabul hanya dry food  tanpa wet food dan sebaliknya, hal ini yang menyebabkan nutrisi kucing tidak seimbang. Namun, jangan memberikan wet food  dan dry food  secara bersamaan atau dicampur, karena akan membuat anabul tidak doyan makan. Berikan secara sendiri-sendiri secara teratur agar nutrisi untuk kucing terpenuhi.

Baca Juga: 10 Potret Kocak Kucing Hitam, Gak Kalah Lincah dari Kucing Oren

3. Berikan minyak ikan

ilustrasi minyak ikan (pexels.com/Pixabay)

Minyak ikan sangat bagus untuk kucing, dengan aroma serta rasanya yang amis membantu meningkatkan nafsu makan kucing. Selain itu, minyak ikan juga mengandung omega-3 yang bagus untuk kesehatan jantung kucing. Manfaat minyak ikan bagi kucing untuk memberikan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan kucing, berikan minyak ikan pada anabul seminggu sekali.

4. Buatkan wet food rumahan 

ilustrasi membuat wet food (pexels.com/Angele J)

Jika cat lovers ingin memberikan makanan yang lebih sehat untuk anabul, bisa dengan cara membuat wet food  sendiri di rumah. Caranya mudah, pertama rebus dada ayam atau ikan. Setelah itu, sisihkan air rebusannya. Blender dada ayam atau ikan, bisa juga dengan diiris kecil-kecil. Lalu, campur dada ayam atau ikan dengan air bekas rebusan tadi. cat lovers juga bisa menambahkan sayuran agar lebih sehat seperti wortel secukupnya saja, agar tidak merubah rasa dan aroma. Tambahkan setengah bungkus agar-agar plain lalu rebus dan aduk sampai mendidih. Setelah itu, taruh wadah dan dinginkan di kulkas. Dengan cara ini, anabul pasti suka makanan ini sehingga bisa gemuk dan sehat.

Baca Juga: [OPINI] Kucing 'Pegawai', Solusi Kreatif Mengurangi Kucing Liar

Verified Writer

shelviana mariatul

tetap berusaha!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya