5 Mitos Gunung Arjuno, Makin Terasa Mistis dan Keramat

Misteri yang menambah daya tarik

Di kalangan para pendaki, Gunung Arjuno termasuk gunung mistis sekaligus keramat. Terlebih, gunung satu ini memiliki banyak misteri. Menarik lagi, Gunung Arjuno berhubungan dengan sejarah kerajaan Majapahit.

Penasaran dengan mitos Gunung Arjuno? Baca ulasannya, yuk! Ternyata, misteri Gunung Arjuno gak hanya satu, lho.

Misteri Gunung Arjuno

Gunung Arjuno tergolong gunung yang populer untuk didaki. Ketinggiannya mencapai 3.339 mdpl.

Ini merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur dan termasuk salah satu gunung dengan ketinggian lebih dari 3.000 mdpl di Indonesia. Di kawasan Jawa Timur, Gunung Semeru menduduki posisi pertama sebagai gunung tertinggi.

Tak hanya menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, Gunung Arjuno juga menyuguhkan vibes misterius yang kadang bikin pendaki merinding. Namun, misteri Gunung Arjuno itu menjadi daya tarik yang membuat penasaran. Apalagi, banyak petilasan dan jejak-jejak sejarah di gunung ini.

Daripada makin penasaran, simak daftar misteri Gunung Arjuno. Jangan berhenti scrolling, ya!

Baca Juga: Mitos Tanda Putih di Kuku, Ada yang Naksir atau Malah Benci?

1. Pasar Setan

5 Mitos Gunung Arjuno, Makin Terasa Mistis dan Keramatilustrasi pegunungan (pexels.com/Gabriela Palai)

Misteri Gunung Arjuno Pasar Setan ini sangat populer, terutama di kalangan pendaki. Mereka percaya Pasar Setan ada di Gunung Arjuno. Lokasinya di sabana luas yang menjadi salah satu jalur pendakian.

Konon, ada beberapa pendaki yang mendengar suara berisik atau ramai layaknya suara bising di pasar. Padahal, di jalur pendakian itu tidak banyak orang dan hanya sabana luas dengan tanah lapang. Suara tersebut muncul di malam hari dan akan hilang ketika menjelang subuh.

2. Alas Lali Jiwo

5 Mitos Gunung Arjuno, Makin Terasa Mistis dan Keramatilustrasi hutan (unsplash.com/Milk-Tea)

Apabila mendaki Gunung Arjuno, kamu pasti akan melewati Alas Lali Jiwo yang menjadi salah satu jalur pendakian. Kenapa dinamakan Alas Lali Jiwo? Dalam bahasa Jawa, hutan tersebut berarti hutan lupa diri. 

Menurut mitos yang dipercaya masyarakat, hutan tersebut akan menghukum siapa saja yang berniat jahat. Konon, orang dengan niat kurang baik saat mendaki Gunung Arjuno akan tersesat di hutan tersebut.

Sering kali, pendaki yang hilang atau tersesat dikaitkan dengan mitos itu. Terlebih, jika pendaki tersesat di jalur Alas Lali Jiwo.

3. Suara gamelan

5 Mitos Gunung Arjuno, Makin Terasa Mistis dan Keramatilustrasi gamelan (pexels.com/Maxime LEVREL)

Misteri Gunung Arjuno ternyata bukan isapan jempol belaka. Seorang pendaki pernah mendengar langsung suara gamelan di puncak Gunung Arjuno. Secara logika, mustahil ada orang yang memainkan gamelan di ketinggian tersebut.

Suara gamelan itu mirip sekali dengan gamelan di acara pernikahan adat Jawa Timur. Para pendaki percaya bahwa suara gamelan tersebut pertanda adanya acara ngunduh mantu bangsa jin.

Menurut kepercayaan juga, suara gamelan berasal dari masa lampau kerajaan Majapahit dan Singosari. Sampai detik ini, misteri suara gamelan tersebut masih belum terpecahkan.

4. Petilasan

5 Mitos Gunung Arjuno, Makin Terasa Mistis dan Keramatilustrasi sesajen di petilasan (flickr.com/Juinita Senduk)

Jika diperhatikan, ada banyak petilasan di Gunung Arjuno. Ini juga menjadi misteri gunung Arjuno.

Namun, berdasarkan cerita orang dulu, Gunung Arjuno memang sering dijadikan tempat bertapa. Gak jarang, gunung itu menjadi tempat peristirahatan para pengembara sebelum melanjutkan perjalanan.

Jadi, gak heran bila para pendaki melihat banyak petilasan di Gunung Arjuno, ya. Tempat-tempat petilasan itu menambah kesan keramat pada Gunung Arjuno.

5. Jumlah orang tidak boleh ganjil

5 Mitos Gunung Arjuno, Makin Terasa Mistis dan Keramatilustrasi mendaki gunung (pexels.com/Eric Sanman)

Tertarik mendaki Gunung Arjuno? Kamu bisa mendaki Gunung Arjuno lewat jalur utara melalui Gunung Welirang.

Opsi lain, kamu dapat melewati arah timur (via Lawang) dan dari arah barat (via Batu-Selecta). Terakhir, mendaki Gunung Arjuno lewat arah selatan (via Karangploso atau Sumberawan, Singosari).

Ingat, jangan mendaki dengan jumlah orang yang ganjil. Misteri Gunung Arjuno ini sebenarnya juga berlaku ketika mendaki Gunung Lawu.

Kenapa tidak boleh ganjil? Sesuai mitos, akan ada makhluk gaib yang ikut pendakian untuk menggenapkan jumlah orang. Enggan mengalami kejadian aneh berbau horor, para pendaki pun menaati mitos tersebut.

Misteri Gunung Arjuno mengundang banyak pertanyaan. Pasalnya, misteri tersebut belum terjelaskan sampai sekarang.

Di satu sisi, adanya misteri itu makin membuat para pendaki ingin ke sana. Gunung Arjuno semakin memesona.

Baca Juga: 7 Mitos Horor Gunung Kerinci, Dijaga Manusia Setengah Harimau?

Topik:

  • Ana Widiawati
  • Addina Zulfa Fa'izah
  • Bayu Nur Seto
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya