Comscore Tracker

9 Pesan yang Disampaikan Kucing Melalui Kelakuannya, Ada Bawa Bangkai

Ini jawaban atas keanehan kelakuan kucing

Kucing menjadi hewan peliharaan sejak zaman Mesir kuno hingga saat ini. Karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan membuat orang-orang banyak yang memelihara kucing.

Tapi apakah kamu tahu soal kebiasaan-kebiasaan kucing yang sebenarnya adalah cara mereka berkomunikasi dengan manusia? Jika kamu nggak tahu, ini 9 kelakuan kucing yang perlu kalian ketahui artinya.

1. Menggosok-gosok kepalanya padamu

9 Pesan yang Disampaikan Kucing Melalui Kelakuannya, Ada Bawa BangkaiUnsplash.com/RamizDedakoic

Bukankah kelihatan lucu jika seekor kucing menggosok-gosokkan kepalanya padamu? Kelakuan kucing seperti itu dinamakan bunting. Kucing melakukan bunting disertai dengan pelepasan feromon dari kepala kucing. Pada dasarnya, seolah-olah mereka meninggalkan aroma mereka di tubuhmu untuk membuat kucing lain percaya bahwa dia adalah kucing milikmu.

2. Memijat-mijatmu dengan kakinya

9 Pesan yang Disampaikan Kucing Melalui Kelakuannya, Ada Bawa Bangkaihttps://unsplash.com/OlegIvanov

Pernahkah kamu memeluk kucing lalu tiba-tiba kucing tersebut memijat-mijatmu perlahan dengan kaki kecilnya? Gerakan ini dinamakan bread kneading motion atau gerakan menguleni roti. Hal tersebut sebenarnya berasal dari kebiasaan seekor kucing ketika masih anak-anak. Anak kucing terbiasa memijat-mijat perut induknya ketika sedang menyusu agar susu cepat keluar.

Kebiasaan ini sering terbawa hingga kucing dewasa yang artinya kucing bahagia dan merasa nyaman ketika berada di dekatmu. Selain itu, kucing melakukan hal ini untuk menghilangkan stres karena kebiasaan ini sering mereka lakukan sejak kecil. Kucing merasa nyaman dan terlindungi seakan kamu ibunya! 

3. Mengedipkan matanya padamu perlahan

9 Pesan yang Disampaikan Kucing Melalui Kelakuannya, Ada Bawa Bangkaihttps://unsplash.com/PaulHanaoka

Kamu pasti pernah melakukan kontak mata dengan seekor kucing dan kucing tersebut menatapmu lalu berkedip perlahan atau dalam beberapa detik saja? Kelihatannya aneh, tapi begitulah cara kucing menunjukkan kasih sayangnya padamu. Dengan cara berkedip perlahan padamu tanpa memutus kontak mata.

4. Terdiam dan melihat dari kejauhan

9 Pesan yang Disampaikan Kucing Melalui Kelakuannya, Ada Bawa Bangkaihttps://unsplash.com/MarcoBlazevic

Terkadang kucing memilih untuk menyendiri. Jika kucingmu tidak banyak bergerak dan cenderung pasif, kemungkinan mereka sedang ingin menyendiri. Alasan kucing melihatmu dari kejauhan tapi tidak mau berinteraksi, kemungkinan kucing sedang resah, atau marah padamu. Berdasarkan pakar kucing Michael Rueb, kucing mungkin lebih suka menyendiri jika mereka mendengar suara berisik atau sedang ada aktivitas tidak biasa di rumah. Tapi jika terlalu lama menyendiri, kamu harus mengecek kesehatannya.

5. Mencakar-cakar furnitur

9 Pesan yang Disampaikan Kucing Melalui Kelakuannya, Ada Bawa Bangkaihttps://www.pexels.com/CraigAdderley

Meski kamu sudah menyediakan alat khusus agar kucing dapat menggaruk, kadang kucing lebih suka menggaruk furnitur baru atau hal lain. Memang bikin frustasi, kan? Menurut ahli komunikasi hewan Karen Miura, akar dari kelakuan kucing seperti ini adalah keinginan kucing untuk menandai wilayah. Seperti anjing yang kadang kencing untuk menandai teritori mereka, kucing juga melakukannya lewat kebiasaan menggaruknya. Untuk menandai yang mana wilayahmu, dan yang mana wilayahku.

6. Menggetarkan giginya

9 Pesan yang Disampaikan Kucing Melalui Kelakuannya, Ada Bawa Bangkaihttps://unsplash.com/DaniloBatista

Jika kamu melihat kucing menggetarkan giginya dengan sangat cepat bukan berarti mereka sedang kedinginan. Itu sebenarnya berkaitan dengan insting alami kucing untuk berburu. Fakta ini ditemukan oleh Fabio Robi melalui riset Wildlife Conservation Society. Menurut hasil riset, jika kucing menggetarkan giginya, bisa jadi kucing sedang dalam keadaan antisipasi dan frustasi atas suatu ancaman. 

7. Membawakanmu binatang mati

9 Pesan yang Disampaikan Kucing Melalui Kelakuannya, Ada Bawa Bangkaihttps://unsplash.com/SeadDedic

Bukankah sekilas kucing terlihat seperti hewan yang jarang berpikir? Jangan salah, kemurahan hatinya dengan memberikanmu hewan mati adalah wujud rasa terima kasih terbesarnya. Banyak ahli perilaku binatang percaya bahwa ketika kucingmu memamerkan hasil buruannya, hal tersebut adalah cara berterima kasih kucing atas perawatan baik yang kamu lakukan lho. Selain itu juga untuk menunjukkan betapa hebatnya mereka di depanmu.

8. Duduk di tempat acak

9 Pesan yang Disampaikan Kucing Melalui Kelakuannya, Ada Bawa Bangkaihttps://unsplash.com/RaoulDrug

Jika kamu seorang pemelihara kucing, lalu kamu menaruh kardus kosong di lantai, tidak akan lama kucing itu akan masuk ke kardus. Sebenarnya tidak hanya kardus, tapi kebanyakan benda yang memiliki ruang.

Motto kucing adalah 'ketika aku muat, maka aku masuk'. Kucing suka berada di tempat sempit yang meskipun itu terlihat nggak nyaman buat mereka. Mereka melakukan itu karena mereka merasa dapat terlindungi. Jadi jangan khawatir jika kucing lebih suka menyelinap dan masuk ke kolong-kolong kasur, karena mereka merasa lebih aman di sana. 

9. Menggebu-gebu di tengah malam

9 Pesan yang Disampaikan Kucing Melalui Kelakuannya, Ada Bawa Bangkaihttps://unsplash.com/ChrisYang

Ah akhirnya masuk jam tidur, ketika keenakan tidur tiba-tiba kamu mendengar suara berisik, itu sudah pasti kelakuan kucingmu. Kadang mereka juga mengeluarkan suara mengeong tanpa alasan apapun. Hal tersebut sangat normal, karena beberapa kucing memiliki insting nocturnal atau cenderung tidur dan bermalas-malasan di siang hari dan hiperaktif di malam hari.

Dari 9 kelakuan tersebut beberapa memang cukup menjengkelkan, namun begitulah kucing. Jadi, kamu perlu ekstra sabar ya!

Anang Fathur Photo Community Writer Anang Fathur

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 26 Apr 2019 16:15:05

Progress: 310.016 dari 813.350 TPS (38.11594%)

Just For You