Comscore Tracker

Percaya Gak Percaya, 5 Hal Ini Katanya Bisa Mengusir Hantu dari Rumahmu

Menaburkan garam

Masyarakat Jawa kuno, memang dikenal punya kepercayaan yang terkadang di luar nalar. Dari mulai mitos, takhayul sampai ritual-ritual khusus yang diyakini bisa mengusir makhluk halus dari rumah. Konon katanya, di setiap rumah pasti ada "penunggu" tak kasat mata, biasanya kita menyebutnya hantu atau setan.

Seperti halnya manusia, hantu atau setan punya sifat yang beragam. Ada yang baik ada pula yang jahil atau jahat. Nah, hantu atau setan yang jahil dan jahat inilah yang dipercaya sering menganggu manusia yang tinggal bersama mereka di rumah tersebut.

Siapa sih yang betah tinggal di rumah yang "berhantu"? Alhasil, pilihannya cuma dua, kamu atau mereka yang pergi. Tenang, menurut kepercayaan jawa, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir makhulk halus dari rumah kamu. Ya percaya gak percaya sih ya, seperti 5 hal berikut diyakini bisa membantu mengusir hantu atau setan yang menganggu di rumahmu.

1. Memelihara angsa dan menanam telurnya

Percaya Gak Percaya, 5 Hal Ini Katanya Bisa Mengusir Hantu dari RumahmuUnsplash/Alex Blăjan

Konon katanya, hewan angsa atau banyak dalam bahasa jawa (tengah), dipercaya bisa menjauhkan rumah kita dari makhluk halus. Suara angsa yang berisik dan melengking katanya ditakuti oleh mereka yang tak kasat mata.

Belum ketemu juga penjelasan rincinya, tapi katanya suara dari unggas berleher jenjang ini sangat tidak disukai oleh hantu atau setan. Jadi bikin mereka gak betah tinggal di rumah kita deh.

Selain suaranya, telur angsa yang tidak menetas juga dipercaya bisa dijadikan sebagai "pagar" rumah. Caranya dengan menanam telur di pekarangan rumah. Disarankan untuk memilih pekarangan atau tanah di bagian depan rumah, tapi masih dalam satu pagar ya. Tidak lupa sertakan juga kembang mawar dan melati.

2. Garam

Percaya Gak Percaya, 5 Hal Ini Katanya Bisa Mengusir Hantu dari RumahmuUnsplash/Jason Tuinstra

Di samping kegunaanya untuk memberi rasa pada masakan, garam ternyata dipercaya bisa mengusir gangguan hantu atau setan dari rumah. Caranya sama dengan cara mengusir ular agar tidak masuk ke dalam tenda saat kita pergi berkemah. Yakni, dengan menaburkan garam kasar ke sekeliling rumah.

3. Bawang putih dan bambu kuning

Percaya Gak Percaya, 5 Hal Ini Katanya Bisa Mengusir Hantu dari RumahmuUnsplash/ Anton Darius

Sebagian dari kita pasti pernah denger kalau bawang putih merupakan senjata ampuh, untuk melumpuhkan vampir atau drakula. Tapi siapa sangka, mitos lokal pun meyakini bahwa adanya makhulk halus yang mendiami rumah bisa dihalau menggunakan bawang putih dannjuga bambu kuning.

Caranya dengan menancapkan bambu kuning serta menggantungkan rangkaian bawang putih di pintu, jendela dan ventilasi rumah. Dengan meletakkan dua benda tersebut, diyakini segala jenis makhluk halus pasti akan pergi.

4. Sapu lidi (sodo lanang)

Percaya Gak Percaya, 5 Hal Ini Katanya Bisa Mengusir Hantu dari RumahmuUnsplash/Leo Rivas

Keempat, ada sodo lanang atau biasa dikenal dengan sapu lidi. Benda yang berfungsi untuk membantu kita menyapu halam ini, ternyata juga diyakini bisa mengusir hantu atau setan yang menganggu rumah. Konon, ada dua cara yang bisa dilakukan.

Yang pertama dengan menyabetkan sapu lidi ke tempat-tempat yang dipercaya didiami makhulk halus, misalkan kamar mandi atau kamar tidur. Kedua, dengan meletakan sapu lidi di pojok atas ruangan.

Namun, katanya gak sembarangan sapu lidi bisa digunakan untuk mengusir hantu atau setan. Hanya sapu lidi yang lidi-lidinya berasal dari sebuah pohon aren yang jatuh hanya satu batangnya saja. Karena dipercaya, lidi tersebut memiliki aura gaib.

5. Tulang babi

Percaya Gak Percaya, 5 Hal Ini Katanya Bisa Mengusir Hantu dari RumahmuUnsplash/Annie Spratt

Terakhir, ada tulang babi yang dipercaya bisa menangkal santet, ilmu ghaib dan juga membersihkan rumah dari gangguan makhluk halus. Caranya adalah dengan menanamkan tulang rusuk babi (mentah) keempat penjuru rumah, lebih baik di halaman rumah.

Keempat tulang yang ditanam ini, tidaklah bertahan selamanya tapi musti diganti baru setiap 5 tahun sekali atau sampai rumah dan penghuninya merasa aman dari gangguan makhluk ghaib. Selain tulang iganya, buntut babi juga bisa digunakan untuk keperluan serupa. Namun, bedanya buntut babi tidak ditanam, melainkan dibungkus kain putih kemudian diletakkan di atas atap rumah.

 

Kamu sendiri percaya gak, dengan melakukan salah satu dari 5 hal di atas bisa mengusir gangguan hantu atau setan? Sebagai umat beragama, lebih baiknya kita menggantungkun diri pada kuasa Tuhan YME ya.

Terlepas benar atau tidaknya ritual-ritual barusan, alangkah lebih bijaknya kalau kita mengambilnya sebagai sebuah pengetahuan dan merupakan salah satu ragam budaya yang gak ada salahnya juga untuk diketahui. Setuju?

Angel Rose Photo Community Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 21:45:07

Progress: 757.772 dari 813.350 TPS (93.16678%)

Just For You