Comscore Tracker

6 Alasan Kenapa Bulan Syawal Identik dengan Musim Pernikahan

Sudah berapa undangan yang kamu terima?

Bulan Syawal selain diperingati sebagai hari raya Idul Fitri, seringkali identik sebagai musim pernikahan. Di bulan ini, biasanya kamu juga akan mendapatkan begitu banyak undangan pernikahan, baik dari sanak famili maupun sahabat lamamu. Atau jangan-jangan malah kamu sendiri yang mengirim undangan itu sendiri ya?

Nah, kenapa sih Bulan Syawal begitu khas dengan waktu pernikahan? Berikut ini paling tidak ada 6 alasan di baliknya.

1. Mengikuti Sunnah Rasul.

6 Alasan Kenapa Bulan Syawal Identik dengan Musim Pernikahaninfounik.com

Berangkat dari salah satu hadits yang diriwayatkan oleh muslim, menikah di bulan Syawal merupakan sunnah Rasul.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menikahiku di bulan Syawal, dan membangun rumah tangga denganku pada bulan syawal pula. Maka isteri-isteri Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wassalam yang manakah yang lebih beruntung di sisinya dariku?” (Perawi) berkata, “Aisyah Radiyallahu ‘anhaa dahulu suka menikahkan para wanita di bulan Syawal

Oleh sebab itulah banyak orang tua yang ingin agar anaknya bisa menikah di bulan Syawal agar bisa mengikuti sunah Rasul tersebut.

2. Ingin mendapatkan berkah bulan Syawal.

6 Alasan Kenapa Bulan Syawal Identik dengan Musim Pernikahantuntunanshalat.com

Bulan Syawal memiliki berkah tersendiri. Selain menjadi bulan kemenangan bagi umat Islam setelah sebulan berpuasa, bulan Syawal juga dianjurkan berpuasa sunnah.

Oleh sebab itulah dengan menikah di bulan Syawal diharapkan berkah dari Allah juga terlimpahkan kepada keluarga baru yang hendak dibina.

3. Momen yang tepat untuk mengumpulkan keluarga besar.

6 Alasan Kenapa Bulan Syawal Identik dengan Musim Pernikahanmedianda-news.co.id

Bulan Syawal merupakan saat di mana masyarakat Indonesia berbondong-bondong kembali ke desa atau mengunjungi sanak famili. Sehingga orang yang menikah di bulan Syawal tak perlu khawatir apakah nanti keluarga besarnya bisa datang merayakan pernikahannya atau tidak.

Baca juga: 5 Profesi Ini Tak Liburan Saat Lebaran

4. Bertepatan dengan libur panjang untuk semua orang.

6 Alasan Kenapa Bulan Syawal Identik dengan Musim Pernikahanmusthafa.net

Setiap orang yang menikah tentu saja mengharapkan ada banyak orang yang bisa mengikuti dan ikut mendoakan resepsi pernikahan mereka. Dengan mengadakan pernikahan tersebut di saat momen Lebaran, maka peluang datangnya banyak tamu semakin besar. 

5. Mereka yang diundang bisa sekalian liburan.

6 Alasan Kenapa Bulan Syawal Identik dengan Musim Pernikahanotzadikim.com

Keuntungan lain dari mengadakan pernikahan di bulan Syawal adalah banyak orang yang bisa menyempatkan waktu untuk datang. Biasanya sembari liburan bersama keluarga.

6. Tidak perlu ambil cuti kerja.

6 Alasan Kenapa Bulan Syawal Identik dengan Musim Pernikahanlahona.com

Orang yang sudah bekerja dan akan menikah seringkali harus memikirkan waktu cuti agar bisa menikmati pernikahan dalam waktu yang cukup lama. Yang repot adalah apabila mereka sedang tidak punya jatah cuti atau cutinya memang ingin dialokasikan di waktu yang lain. Dengan menikah di bulan Syawal, mereka tidak perlu repot-repot memikirkan itu karena memiliki waktu libur yang cukup panjang.

Baca juga: Lebaran, Intip Kekompakan 15 Keluarga Artis Yuk!

Azka Ulil Photo Community Writer Azka Ulil

Pemikiran dan unek-unek saya tentang kehidupan, bisa kamu lihat di azkanulis.blogspot.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You