Comscore Tracker

Setelah Mudik, 7 Kesulitan Hidup di Desa Ini Pasti Sempat Kamu Rasakan

#MudikAsikIDNTimes Orang desa emang lebih tangguh

Mudik hampir usai. Inilah waktu di mana banyak orang akan kembali ke kota mengadu peruntungannya dan meninggalkan desa tempat mereka tumbuh. Selama sepekan terakhir mengunjungi desa kamu, tentunya ada beberapa perbedaan yang ditemui yang sebagian besar bisa membuatmu bersyukur. Apa saja ya?

1. Sinyal internet susah

Setelah Mudik, 7 Kesulitan Hidup di Desa Ini Pasti Sempat Kamu RasakanUnsplash.com/Becca Tapert

Jangankan mendapatkan sinyal 4G, mendapatkan sinyal 3G yang stabil saja sudah untung. Setelah berada di desamu beberapa lama, kini kamu menyadari bukan betapa beruntungnya hidup di kota yang berkelimpahan sinyal. Apalagi banyak fasilitas Wi-Fi gratis di ruang publik dan tempat makan.

2. Jalan yang sempit dan rusak

Setelah Mudik, 7 Kesulitan Hidup di Desa Ini Pasti Sempat Kamu RasakanKabar.salmanitb.com

Rute yang kamu tempuh selama jalan ke desa pun bisa jadi penuh dengan halang rintang dimana jalannya begitu sempit, kanan kiri jalan langsung ketemu dengan jurang. Tidak semua jalannya juga mulus.

3. Tidak mudah belanja kebutuhan sehari-hari

Setelah Mudik, 7 Kesulitan Hidup di Desa Ini Pasti Sempat Kamu RasakanUnsplash.com/Rob Bye

Tidak sama dengan hidup di kota yang kalau mau mendapatkan sesuatu tinggal pakai motor dan beberapa menit kemudian beragam keperluan kita akan tersedia. Bahkan kini hanya dengan menekan beberapa tombol di smartphone, apapun kebutuhan kita bisa langsung datang sendiri ke rumah. Di desa, jangan terlalu berharap itu semua bisa terjadi sekarang ini.

4. Listrik yang sering mati

Setelah Mudik, 7 Kesulitan Hidup di Desa Ini Pasti Sempat Kamu Rasakanrumahku.com

Selain sinyal, kebutuhan primer masyarakat saat ini adalah listrik. Sayangnya hidup di desa mengajari kamu untuk tidak selalu bergantung dengan listrik.

5. Transportasi umum yang minim

Setelah Mudik, 7 Kesulitan Hidup di Desa Ini Pasti Sempat Kamu RasakanUnsplash.com/Hugh Han

Di kota, berbagai moda transportasi publik banyak disediakan oleh pemerintah maupun pihak swasta. Di desa, hal itu menjadi pemandangan yang sangat langka. Tidak mengherankan kalau akhirnya masyarakat mengandalkan kendaraan pribadi roda dua untuk bepergian.

6. Jasa servis handphone atau laptop yang hampir tidak ada

Setelah Mudik, 7 Kesulitan Hidup di Desa Ini Pasti Sempat Kamu RasakanUnsplash.com/Domenico Loia

Bagaimana kalau tiba-tiba handphone yang kamu miliki bermasalah? Kalau di kota, kamu tinggal cari tempat service terdekat di rumahmu. Di desa, walau mungkin kamu bisa temui beberapa counter handphone namun belum tentu mereka menyediakan jasa perbaikannya.

7. Tempat hiburan seperti bioskop yang hampir tidak mungkin ditemui

Setelah Mudik, 7 Kesulitan Hidup di Desa Ini Pasti Sempat Kamu RasakanUnsplash.com/Kilyan Sockalingum

Ini yang paling jamak ditemukan. Di desamu, kamu tidak bisa mengajak gebetan untuk nonton film bersama di bioskop. Orang desa memiliki tempat hiburan tersendiri yang berbeda dari orang kota.

Setelah mengetahui beragam kesulitan hidup di desa di atas, semoga kita bisa makin bersyukur sudah hidup di kota yang berkelimpahan dengan mudahnya memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Azka Ulil Photo Community Writer Azka Ulil

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Dewi Suci
  • Pinka Wima

Just For You