Comscore Tracker

10 Benda yang Dipercaya Keramat Oleh Orang Indonesia

Katanya sih bisa bawa hoki

Beberapa orang di Indonesia percaya bahwa benda-benda yang disayangi, dijaga dan dirawat, mampu menimbulkan efek tertentu kepada kehidupan. Dengan kata lain, benda-benda ini dianggap keramat. Inilah beberapa benda yang dianggap keramat di Indonesia.

1. Keris

10 Benda yang Dipercaya Keramat Oleh Orang Indonesiapinterest.com

Keris memiliki banyak jenis nama, jenis campuran bahan dan dipercaya mampu dihuni oleh makhluk gaib sehingga membuat pemiliknya semakin sakti.

2. Clurit

10 Benda yang Dipercaya Keramat Oleh Orang Indonesiaadhistore.com

Benda ini umumnya digunakan di Jawa untuk berkebun namun dikenal dengan sebutan berbeda, yaitu arit. Clurit menjadi simbol pertandingan kekuatan antar dua individu di Madura. Semakin banyak clurit tersebut mengalahkan orang, semakin keramat bendanya.

3. Mandau

10 Benda yang Dipercaya Keramat Oleh Orang Indonesiaaussie555.wordpress.com

Pertikaian antar suku-suku di Kalimantan umumnya menggunakan Mandau. Benda ini konon dapat dikendalikan oleh kekuatan magis dan dapat mencari mangsanya sendiri sesuai yang dikehendakinya. Mandau yang keramat adalah yang telah memenggal ratusan kepala manusia.

4. Rencong

10 Benda yang Dipercaya Keramat Oleh Orang Indonesiamorganoakestribal.com

Rencong adalah senjata utama masyarakat Aceh dalam melawan penjajah. Semakin tua bendanya, semakin keramat pula nilainya.

5. Kelewang

10 Benda yang Dipercaya Keramat Oleh Orang Indonesiacikgunasir.wordpress.com

Sama seperti senjata keramat lainnya, kelewang semakin keramat jika telah menghabisi banyak jiwa. Dulunya kelewang digunakan untuk pertarungan, kini kelewang lebih dikenal sebagai parang.

Baca Juga: Apa Kamu Berani Uji Nyali di 7 Tempat Paling Angker di Jogja Ini?

6. Badik

10 Benda yang Dipercaya Keramat Oleh Orang Indonesiabadiksulawesi.com

Senjata ini sudah ada sejak awal kerajaan-kerajaan di Sulawesi, sehingga semakin tua usianya maka semakin keramat. Senjata ini menjadi pelindung masyarakat Sulawesi.

7. Kujang

10 Benda yang Dipercaya Keramat Oleh Orang Indonesiarollickiana.com

Benda ini adalah pusaka orang Sunda dari zaman dahulu kala. Dahulu kujang menjadi sumber penghidupan masyarakat Sunda yang sebagian besar adalah petani. Kini kujang menjadi pajangan untuk mengenang perjuangan pendahulunya.

8. Taring Harimau

10 Benda yang Dipercaya Keramat Oleh Orang Indonesiamartadinatana.blogspot.co.id

Membawa taring harimau dengan menaruhnya di jempol kaki kanan atau jempol kaki kiri dipercaya oleh masyarakat mampu membuat dapat lari secepat harimau, bahkan diumpamakan dari Jakarta ke Bogor hanya menghabiskan 10 menit.

9. Kulit Kerbau

10 Benda yang Dipercaya Keramat Oleh Orang Indonesiasaudagarsufi.blogspot.co.id

Kulit kerbau landu dipercaya mampu memudahkan proses jual beli berbagai barang, namun utamanya adalah jual beli tanah. Potongan kulit ini sering diletakkan dalam tabung kecil yang dapat dimasukkan ke dalam saku.

10. Taring Raja Babi Hutan

10 Benda yang Dipercaya Keramat Oleh Orang Indonesiamistikjawa.com

Tokoh dari Sumatera Utara diketahui kebal senjata karena membawa pusaka ini bersamanya. Namun, agar pusaka ini tetap memiliki kekuatannya, maka penggunanya tidak boleh melakukan hubungan seks sama sekali.

Benda-benda keramat tersebut pasti sering terdengar di telinga kita, namun tidak semua dari kita pernah melihatnya. Karena benda-benda keramat tersebut benar-benar disimpan dan dijaga oleh orang yang mempunyainya. Nah, di rumahmu ada atau gak?

Baca Juga: 10 Ritual dan Sekte Mistis Terseram yang Pernah Ada

Topic:

Berita Terkini Lainnya