Comscore Tracker

5 Fakta Kumamon, Maskot Beruang Miliader Asal Jepang

Maskot ini hadir ketika Kyushu Shinkansen dibuka

Kumamon merupakan salah satu maskot Jepang yang sangat populer, penjualan merchandise beruang ini mencapai ¥158 miliar pada tahun 2019. Tak hanya itu, Kumamon telah dinobatkan sebagai yuru-chara yang paling populer di tahun pertamanya dirilis.

Dilansir dari Japan Times dan The Culture Trip, berikut adalah lima fakta menarik dari beruang miliader Jepang ini. 

1. Diciptakan ketika Kyushu Shinkansen dibuka

5 Fakta Kumamon, Maskot Beruang Miliader Asal Jepangstraitstimes.com

Kumamon ini merupakan beruang hitam, dengan pipi yang sedikit merona disertai dengan mata yang bulat. Bentuknya yang imut menarik banyak penggemar untuk menyukai Kumamon, beruang ini diambil dari dua kata "kuma" yang berarti beruang, dan "mon" yang berarti orang. 

Beruang hitam lucu ini, hadir pada 12 Maret 2011, ketika Kyushu Shinkansen dibuka untuk pertama kalinya. Maskot ini diciptakan untuk menarik banyak pengunjung dari berbagai tempat. 

2. Siapapun dapat menggunakan wajah Kumamon untuk produk mereka

5 Fakta Kumamon, Maskot Beruang Miliader Asal Jepangmatcha-jp.com

Siapapun dapat menggunakan wajah Kumamon ini pada produk yang mereka jual, seperti yang dikutip dari The Culture Trip. Sehingga Kumamon mendapatkan popularitas dengan cepat, beruang ini memiliki nilai  ¥2.5 miliar sebagai merchandise pada 2011, dan naik menjadi  ¥29.3 miliar pada tahun 2012. Angka ini tetap naik, dan pada tahun 2019 lalu, Kumamon ini memiliki nilai sebagai merchandise sebesar ¥157.9 miliar. 

Kumamon menjadi karakter yang paling populer pada tahun 2011, dirinya mendapatkan suara sebesar tiga juta orang, mengalahkan karakter lainnya. 

Baca Juga: 10 Fakta Unik Pikachu, Maskot Pokemon yang Mendunia

3. Makin populer sejak gempa Kyushu pada 2016

5 Fakta Kumamon, Maskot Beruang Miliader Asal Jepangasia.nikkei.com

Ketika Kyushu diguncang dengan gempa 6,2 SR, banyak orang di media sosial mempertanyakan keadaan Kumamon. Hal ini spontan menarik banyak perhatian publik, seperti yang dikutip dari BBC dan The Culture Trip.

Kumamon sendiri akhirnya menuliskan pesan di Twitter-nya untuk menuturkan belasungkawa akibat gempa bumi tersebut. Tulisannya tersebut mendapatkan lebih dari 20,000 retweet dan 53,000 like, dari orang-orang, seperti yang dikutip dari Mainichi. 

4. Wajahnya digunakan untuk mencari donasi 

5 Fakta Kumamon, Maskot Beruang Miliader Asal Jepangasia.nikkei.com

Gempa bumi di Kyushu tersebut menyebabkan 49 orang meninggal dan 1,000 orang luka parah, seperti yang dikutip dari BBC. Kemudian pemerintah menggunakan Kumamon untuk menggalang dana. 

Dikutip dari Mainichi, bahwa saat itulah Kumamon dapat digunakan secara gratis tanpa adanya hak cipta. Setiap orang yang ingin menggunakan wajah Kumamon untuk produknya harus melapor dan mendeskripsikan barang apa yang akan dijual. Dan selama produk dengan wajah Kumamon itu dapat mempromosikan Prefektur Kumamoto, pemerintah setempat tidak akan keberatan. 

5. Bisa bertemu Kumamon kalau ke Kumamon Square

5 Fakta Kumamon, Maskot Beruang Miliader Asal Jepangtwitter.com/55_kumamon_eng

Baca Juga: 5 Fakta Jack O'Lantern, Maskot Perayaan Hallowen yang Legendaris

Jepang memang penuh dengan tempat yang menarik dan tentunya imut. Penggemar Kumamon dapat bertemu dengannya di Kumamon Square. Kumamon Square ini menjual banyak barang, mulai dari gantungan kunci, stiker, dan masih banyak yang lain. 

Pengunjung juga dapat datang ke kafe yang dilengkapi ornamen Kumamon. Tentunya, tempat ini juga wajib dikunjungi ketika orang-orang ke Jepang. 

Dan itulah lima fakta menarik dari Kumamon, beruang miliader dari Jepang ini. Tak hanya lucu, Kumamon ini telah menjadi ikon dari Prefektur Kumamoto. 

Belinda Belinda Photo Verified Writer Belinda Belinda

you only live once

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya