Comscore Tracker

Biar Jago Tawar-menawar di Pasar, Pelajari 6 Hal Ini Ya!

Biar kamu hemat dan nggak malu-maluin

Ketika ingin membeli apapun terutama di pasar, kamu pasti berharap mendapatkan harga murah. Baik itu lewat potongan harga atau memang punha keahlian menawar harga. Sayangnya, tidak semua orang punya keahlian tawar menawar. Sehingga banyak dari mereka yang membeli barang dengan harga terlalu mahal. Makanya, perlu pelajari hal-hal ini biar kamu bisa nawar dan nggak malu-maluin lagi.

1. Sering pergi ke pasar

Biar Jago Tawar-menawar di Pasar, Pelajari 6 Hal Ini Ya!daihatsu.co.id

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Sesuai dengan perbahasaan di atas, kalau mau jago dalam tawar-menawar tentu kamu harus tahu dulu keadaan di lapangan. Sering-seringlah ke pasar, maka kamu nggak bakal bingung lagi kalau sudah di sana.

2. Perhatikan ibumu

Biar Jago Tawar-menawar di Pasar, Pelajari 6 Hal Ini Ya!inovasee.com

Ibu adalah guru pertama

Ya, ibu memang adalah guru pertama termasuk dalam hal tawar-menawar. Setelah sebelumnya harus terbiasa dulu pergi ke pasar, selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah ibumu saat menawar di pasar. Dari ibu, kamu dijamin bakal belajar banyak hal soal tawar-menawar.

3. Cobalah bersikap akrab

Biar Jago Tawar-menawar di Pasar, Pelajari 6 Hal Ini Ya!brilio.net

Bagai Empedu Lekat di Hati

Artinya kalau bisa kamu bersikaplah akrab dengan penjual tersebut. Sesekali tanyalah hal-hal yang agak pribadi seperti pengalaman selama berjualan di sana atau tentang asal-usul barang dagangannya. Improvisasi sedikit dengan cara memuji barang jualannya dan katakan kalau kamu ingin langganan dengan dia.

Baca Juga: Rumah yang Dihuni Pencipta Hymne Guru Dijual 

4. Tawarlah dengan harga yang tepat

Biar Jago Tawar-menawar di Pasar, Pelajari 6 Hal Ini Ya!teknobos.com

Ada Harga Ada Rupa

Kalian boleh tawar-menawar sesuka hati kalian. Tapi ingat untuk menawarlah dengan harga yang wajar. Karena ada rupa ada harga berlaku dalam berdagang.

5. Jangan sampai kalah

Biar Jago Tawar-menawar di Pasar, Pelajari 6 Hal Ini Ya!moola.id

Saat kamu menawar usahakan agar jangan sampai kalah argumen dengan si pedagang. Sangat penting bagi kita untuk menang dalam proses tawar menawar tersebut.

6. Langsung pergi jika gagal

Biar Jago Tawar-menawar di Pasar, Pelajari 6 Hal Ini Ya!teropongaceh.com

Dunia Ini Panggung Sandiwara

Kalau semua usaha kamu ternyata gagal dan argumen tawar-menawarmu gagal, dan untuk meyakinkan si pedagang maka satu-satunya cara adalah dengan berpura-pura pergi. Kalau pergi dan si pedagang manggil kamu balik, maka kamu berhasil menawarnya. Tapi kalau tidak dipanggil, lebih baik lanjutkan belanja di tempat lain saja.

Baca Juga: Demi Beli Baju & Sabu, Perempuan Gasak Emas Teman Dekatnya di Denpasar

Berli Rizkiandi Photo Writer Berli Rizkiandi

Masih Mahasiswa...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani
  • Novaya

Berita Terkini Lainnya