Comscore Tracker

Pencinta Pedas Merapat! Ini 5 Sambal Mantul yang Wajib Kamu Coba

Huh.. hah… enak banget sih ini

Nasi dan sambal. Perpaduan yang menggiurkan. Kalau sambalnya mantap, nasi sebaskom juga bisa ludes sendirian. Bener gak? Cita rasa pedas pun dapat ditemukan dalam berbagai hidangan kuliner khas tanah air, tidak heran jika banyak orang Indonesia menyukai makanan pedas.

Nah, buat kamu yang suka pedas, kamu harus tahu berbagai sambal berikut ini dan wajib dicoba. Apa saja itu? Penasaran? Cek aja selengkapnya di bawah! Ada gak sambal favoritmu? 

1. Sambal bawang

Pencinta Pedas Merapat! Ini 5 Sambal Mantul yang Wajib Kamu CobaSambal bawang (Shutterstock/Setyawan Utomo Hadi)

Siapa yang gak tahu sambal jenis ini? Sebuah perpaduan cabai rawit, bawang putih, sejumput garam dan gula lalu diulek menjadi satu kesatuan yang hakiki dan disebut sebagai sambal bawang. Kira-kira siapa ya penemu pertama sambal ini? 

Rasanya udah pasti maknyus, ditemani dengan protein apa pun seperti ayam, telur, tahu, atau tempe kayaknya juga gak pernah salah. Pakai sayur? So pasti cocok juga. Kalau kamu biasanya bikin sambal bawang gimana? Nanti boleh share di kolom komentar ya! 

Baca Juga: 5 Warung Sambal Paling Populer di Yogyakarta, Pedasnya Bikin Kalap!

2. Sambal dabu-dabu

Pencinta Pedas Merapat! Ini 5 Sambal Mantul yang Wajib Kamu CobaSambal dabu-dabu (Shutterstock/Tedi Wicaksono)

Sambal khas Manado ini juga macam sambal nusantara yang patut kamu coba. Penampilannya sih sebenernya gak jauh beda sama sambal matah dari Bali karena sambal dabu-dabu juga terdiri dari bahan-bahan yang hanya dipotong-potong. 

Perbedaannya sambal dabu-dabu ini tidak menggunakan batang serai, daun jeruk, terasi, dan bawang putih. Bahan utamanya adalah cabai rawit merah, tomat, bawang merah, garam, batang daun bawang, dan perasan jeruk nipis. Biasanya sih teman dari sambal ini adalah ikan, ayam atau daging sapi. Rasanya sih segar dan pedas gitu. Kamu sudah pernah coba?  

3. Sambal raja roa

Pencinta Pedas Merapat! Ini 5 Sambal Mantul yang Wajib Kamu CobaSambal Raja Roa (Instagram/rajaroa)

Sambal yang juga berasal dari Manado ini juga wajib dicoba karena berbeda dari sambal yang lain. Ikan roa sangat berperan penting dalam struktur rasa sambal ini. Bahkan karena saking unik dan lezatnya sambel ini, ternyata juga bisa memberikan peluang usaha pada seseorang.

Seperti Imam Masyhuda pemuda asal Balikpapan, Kalimantan Timur, yang mendirikan Sambal Raja Roa. Awal mula bisnis ini terjadi karena Imam jatuh cinta pada sambal roa yang dibuat oleh mertuanya. Lalu ia membawa sambal tersebut ke teman sejawatnya untuk dicicipi. Ternyata mereka merasa sambal roa buatan ibu mertua Imam gak ada lawannya. 

Itulah akhirnya membuat Imam memutuskan untuk menjual sambal raja roa dan keluar dari pekerjaannya di sektor BUMN. Seperti orang pada umumnya membangun bisnis, Imam kewalahan mengeluarkan modal banyak. Berjualan konvensional seperti keliling menggunakan gerobak.

Pencinta Pedas Merapat! Ini 5 Sambal Mantul yang Wajib Kamu CobaSambal Raja Roa (Dok. Tokopedia)

Tapi berkat kegigihannya untuk membuat produk yang ciamik dan marketing yang pas, akhirnya juga terlihat untungnya. Apalagi semakin terlihat titik kesuksesan Sambal Raja Roa saat mulai berjualan online di sosial media dan Tokopedia di tahun 2019. Imam merasakan banyak keuntungan di Tokopedia. Apalagi ia mengatakan terasa terbantu dengan pihak Tokopedia sangat membantu seller untuk mengurusi banyak hal serta keperluan Sambal Raja Roa. 

Bahkan dua produk unggulan Sambal Raja Roa, sambal roa dan cakalang, jadi favorit pelanggan Tokopedia. Dalam sebulan, ia bisa meraih omzet hingga Rp50 juta berkat gencarnya pesanan dari Tokopedia. Banyak juga pelanggan setia yang repeat order. Wah mantap banget sih! Kamu juga bisa lho berjualan sambal favoritmu.

4. Sambal mangga

Pencinta Pedas Merapat! Ini 5 Sambal Mantul yang Wajib Kamu CobaSambal mangga (Shutterstock/Hanifah Kurniati)

Racikan sambal ini juga unik. Rasa segar, asam, dan pedas memberikan sensasi yang bikin ngiler. Mangga muda yang menjadi bintang dalam sambal ini juga memberikan tekstur ke dalam hidangan sambal yang pedas. 

Sambal ini paling nikmat kalau dimakan bareng makanan yang berlemak sih. Karena kesegarannya bikin rasa jadi seimbang dengan rasa lemaknya. Seperti menu bebek sinjay yang terkenal dengan sambal mangganya di perkulineran Indonesia. Saat musim mangga tiba, sambal satu ini cocok dibuat di rumah.

5. Sambal tempoyak

Pencinta Pedas Merapat! Ini 5 Sambal Mantul yang Wajib Kamu CobaSambal tempoyak (Shutterstock/Elly Suhaile)

Ini sih unik dan jarang ditemukan di Pulau Jawa, tapi jenis sambal ini terkenal di Sumatra Selatan atau Jambi. Keunikan sambal tempoyak ini terletak pada campuran buah duriannya guys! 

Aneh ya menurutmu? Eits, tapi jangan salah, durian yang dipakai bukan yang biasa kita makan. Tapi durian hasil dari fermentasi yang juga disebut sebagai tempoyak. Bahannya ada cabai merah, rawit, kunyit, ikan teri atau ikan belibis, gula garam, dan pastinya tempoyak. Rasanya sih asam-pedas yang legit banget. Minat untuk mencoba?

Nah, mana yang jadi favorit kalian? Dan kira-kira sambal apa lagi yang wajib untuk dicoba? Boleh tulis di kolom komentar ya! (WEB)  

Baca Juga: Resep Sambal Pecak Oyong yang Bikin Kamu Tambah Nasi

Topic:

  • Bima Anditya Prakasa
  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya