Comscore Tracker

Bahaya, Jangan Beri 7 Jenis Makanan Ini pada Kucing Peliharaanmu! 

Makanan manusia belum tentu cocok untuk hewan peliharaan

Siapa sih yang tidak suka kucing? Tingkah gemas mereka selalu membuat kita penasaran dan ingin mendekati mereka. Selain sangat baik untuk dijadikan sahabat, kucing juga bisa membantu owner-nya menghilangkan stres, mengajarkan rasa sabar dan menumbuhkan rasa indah atas warna bulu mereka yang variatif.

Biar kucingmu tetap sehat, jangan berikan beberapa makanan di bawah ini pada kucing kesayanganmu. 

1. Cokelat, kopi, dan teh

Bahaya, Jangan Beri 7 Jenis Makanan Ini pada Kucing Peliharaanmu! pexels.com/kaboompics

Meski enak, ternyata beberapa cokelat, kopi atau teh tidak baik bagi pencernaan kucing. Makanan dan minuman di atas mengandung Kafein sampai Theobromine. Kandungan tersebut bisa menyebabkan diare, abnormalitas pada tekanan darah, keracunan fatal hingga kerusakan organ-organ dalam yang penting.

2. Anggur

Bahaya, Jangan Beri 7 Jenis Makanan Ini pada Kucing Peliharaanmu! Pexels.com/Kai-chieh Chan

Belum ada catatan mengenai masalah yang timbul usai kucing mengonsumsi anggur, namun anggur tercatat dapat menyebabkan gangguan ginjal pada anjing, loh. Jadi akan bijaksana bila kita tetap waspada. Lebih baik kita tetap menjaga makanan kucing kita daripada harus menemui risiko yang tidak diinginkan.

3. Bawang

Bahaya, Jangan Beri 7 Jenis Makanan Ini pada Kucing Peliharaanmu! pexels.com/pixabay

Kucing tidak boleh makan olahan makanan dari jenis bumbu satu ini. Kucing tidak dapat mencerna bawang dalam sistemnya. Karena kucing memiliki sensitivitas lebih tinggi ketimbang anjing, bawang dapat menyebabkan rusaknya sel darah merah sehingga kucingmu bisa mengalami anemia bahkan peradangan pada lambung dan usus.

Baca Juga: 9 Manfaat Positif Memelihara Kucing Menurut para Ahli

4. Susu, keju, dan yogurt

Bahaya, Jangan Beri 7 Jenis Makanan Ini pada Kucing Peliharaanmu! pexels.com/pixabay

Jangan sembarangan memberikan produk olahan susu pada kucingmu. Seperti manusia, beberapa kucing mungkin memiliki intoleransi terhadap Laktosa. Bila tubuh mereka tidak dapat mencernanya, mereka bisa mengalami gangguan pencernaan seperti diare.

5. Tulang

Bahaya, Jangan Beri 7 Jenis Makanan Ini pada Kucing Peliharaanmu! pexels.com/pixabay

Meski di alam liar kucing dapat mengonsumsi sampai habis hewan buruannya, namun akan lebih aman untuk tidak memberi kucing rumahan tulang sebagai makanan. Tulang bisa menjadi masalah bagi gigi mereka. Meski kelak dapat ditelan, tulang yang tajam bisa mengakibatkan gangguan usus, konstipasi, hingga pendarahan saat buang air besar. 

Bila memang ingin memberikan tulang sebagai selingan, kamu bisa memperhatikan ukuran tulang atau memberi bagian tulang tertentu yang lunak sehingga mereka dapat mencernanya dengan baik.

6. Telur mentah

Bahaya, Jangan Beri 7 Jenis Makanan Ini pada Kucing Peliharaanmu! pexels.com/pixabay

Telur adalah sumber protein yang sangat baik, namun jangan memberikan telur mentah kepada kucing karena bisa mengandung bakteri berbahaya seperti Salmonella. Yang terpenting, jangan membiarkan kucing peliharaan mengonsumsi putih telur. Putih telur mengandung protein Avidin yang dapat mengikat vitamin B7. Bila dibiarkan, kucing akan mengalami kekurangan vitamin, loh.

7. Ikan mentah

Bahaya, Jangan Beri 7 Jenis Makanan Ini pada Kucing Peliharaanmu! pexels.com/Mali Maeder

Ikan mentah mengandung enzim yang dapat menyebabkan kerusakan pada vitamin B1. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan kucing peliharaan mengalami anoreksia. Bila memang ingin memberikan ikan pada kucing, pastikan ikan dimasak terlebih dulu dan jangan lupa memisahkan tulang-tulang ikan dari dagingnya.

Baca Juga: Penjelasan 16 Sifat Aneh Kucing Secara Ilmiah, Cat Lovers Wajib Baca

Dyta Utari Photo Writer Dyta Utari

Content writer IDNtimes. Bisa dihubungi melalui email septianidytautari@yahoo.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya