Comscore Tracker

14 Ilusi Optik yang Siap Mengacaukan Mata, Bikin Bingung!

Lho kok gerak-gerak?

Tipuan mata atau ilusi optik bekerja dengan menipu mata dan otak agar berpikir bahwa mereka melihat sebuah objek berbeda dari kenyataan yang sebenarnya objek. Padahal sih sebenarnya enggak juga.

Kalau kamu melihat 14 ilusi optik di bawah ini, kira-kira bakal bikin mata dan pikiranmu merasa tertipu gak ya?

1. Kalau kamu perhatikan lamat-lamat titik hitam di tengah dan kamu membuang pandangan, kamu akan melihat lingkaran di luar titik itu saling bergerak

14 Ilusi Optik yang Siap Mengacaukan Mata, Bikin Bingung!list25.com

2. Ilusi optik 'Hermann Grid' akan membuatmu mengira ada bayangan titik-titik berwarna abu-abu di persimpangan garis putih

14 Ilusi Optik yang Siap Mengacaukan Mata, Bikin Bingung!list25.com

3. 'Kanizsa Triangle' akan membuat matamu melihat ada segitiga hitam yang menindih segitiga sama sisi dan lingkaran di sampingnya

14 Ilusi Optik yang Siap Mengacaukan Mata, Bikin Bingung!list25.com

4. Kalau kamu melihat ada tiga kaki, maka kamu telah tertipu. Coba tebak ada berapa buah kaki di sini?

14 Ilusi Optik yang Siap Mengacaukan Mata, Bikin Bingung!list25.com

5. Kalau kamu menganggap dua bangunan A dan B memiliki ukuran yang sama besar, maka kamu lolos dari tipuan optik ini

14 Ilusi Optik yang Siap Mengacaukan Mata, Bikin Bingung!list25.com

6. Gak usah pusing. Ini cuma sebuah siklus spiral yang memiliki titik tengah sebagai pusat

14 Ilusi Optik yang Siap Mengacaukan Mata, Bikin Bingung!list25.com

7. Variasi dari 'Hermann Grid'. Ilusi kali ini membuatmu mengira titik-titik di garis abu-abu akan memudar saat kamu memalingkan pandangan

14 Ilusi Optik yang Siap Mengacaukan Mata, Bikin Bingung!list25.com

Baca Juga: Coba Jelaskan Apa yang Terjadi dalam 10 Gambar Ilusi Optik Ini?

8. Mungkin kamu bakal mengira lego segitiga 'Penrose triangle' itu saling berkaitan. Padahal sih enggak

14 Ilusi Optik yang Siap Mengacaukan Mata, Bikin Bingung!list25.com

9. Kira-kira, garis merah di kedua sisi ini lurus dan sejajar atau melengkung ya?

14 Ilusi Optik yang Siap Mengacaukan Mata, Bikin Bingung!list25.com

10. Dua lingkaran tersebut berukuran sama. Iya, sama...

14 Ilusi Optik yang Siap Mengacaukan Mata, Bikin Bingung!list25.com

11. Menurutmu, kedua balok itu ditumpuk atau sejajar?

14 Ilusi Optik yang Siap Mengacaukan Mata, Bikin Bingung!list25.com

12. Lukisan yang artistik ini bisa mengecohmu dengan menganggap tangga ini mengapung. Padahal enggak

14 Ilusi Optik yang Siap Mengacaukan Mata, Bikin Bingung!list25.com

13. Kotak warna-warni ini seolah-olah bergerak berputar. Padahal, mereka diam aja di tempat. Ilusi emang nyebelin deh

14 Ilusi Optik yang Siap Mengacaukan Mata, Bikin Bingung!list25.com

14. Sekilas gambar ini saling bergerak. Sebenarnya, posisi mereka statis

14 Ilusi Optik yang Siap Mengacaukan Mata, Bikin Bingung!list25.com

Itulah 14 ilusi optik yang dapat menipu mata dan pikiranmu. Dari 14 ilusi di atas, berapa banyak yang berhasil membuatmu tertipu beneran?

Baca Juga: 13 Ilusi Optik Make Up yang Pasti Bikin Kamu Merinding & Terpana

Topic:

  • Defrina Sukma
  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya