Comscore Tracker

Sudah Jarang Dipakai, Ini Lho 5 Fakta Menarik dari Sabun Batang

Ternyata sabun batang tidak bisa menularkan penyakit, lho!

Sabun batang adalah salah satu bentuk sabun yang sering kita temui selain sabun cair. Meski sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari kita, ada banyak fakta menarik dari sabun batang yang mungkin belum kamu ketahui.

Pada artikel ini, kita akan bersama-sama membahas fakta-fakta unik dari sabun batang yang tidak pernah kamu sangka sebelumnya. Nah, ayo kita simak bersama-sama, ya!

1. Jenis sabun pertama di dunia

Sudah Jarang Dipakai, Ini Lho 5 Fakta Menarik dari Sabun BatangPixabay/ skdickerson

Sabun batang adalah jenis sabun yang ditemukan pertama kali sebelum sabun berbentuk cair dan bubuk ditemukan. Seperti dilansir dari website resmi America Cleaning Institute, sabun batang pertama kali dibuat melalui pencampuran lemak dan abu pada zaman Babylon kuno (2800 SM).

Kemudian, pada tahun 1500 SM, bangsa mesir diketahui membuat sabun dari campuran minyak hewan dan sayur sayuran, serta garam alkali untuk membersihkan kulit.

Kebiasaan menggunakan sabun ini semakin menyebar luas, terutama pada abad ke-17 di Eropa setelah semakin banyaknya produsen sabun yang berdiri. Hingga saat ini, sabun tetap menjadi andalan untuk menjaga kebersihan tubuh dan telah tersedia dalam berbagai jenis varian.

2. Paling ramah lingkungan

Sudah Jarang Dipakai, Ini Lho 5 Fakta Menarik dari Sabun BatangPexels/ Tabitha Mort

Berbeda dengan sabun cair ataupun bubuk, sabun batang pada umumnya dibungkus dengan bahan kertas dan bukan plastik. Hal ini akan sangat membantu mengurangi limbah plastik di lingkungan.

Selain itu, kebanyakan sabun batang juga menghasilkan limbah deterjen yang lebih ramah lingkungan karena mengandung lebih sedikit bahan kimia (contoh: Sodium Laurecyl Sulphate/ SLS) dibanding jenis sabun lainnya.

Baca Juga: 6 Fakta Unik Tentang Mata yang Harus Kamu Tahu, Menarik!

3. Manfaatnya bisa langsung dirasakan

Sudah Jarang Dipakai, Ini Lho 5 Fakta Menarik dari Sabun BatangPixabay/ Silviarita

Banyak sabun batang yang terbuat dari bahan alami memasukkan langsung bahannya dalam bentuk padatan. Jadi, tidak mengherankan kalau Kamu menemukan buah atau kacang-kacangan di dalam sabun batang.

Apabila Kamu ingin membersihkan kulit secara lebih alami dan manfaat yang lebih, penggunaan sabun batang tentu sangat dianjurkan. Berbeda dengan sabun cair yang bahannya sudah diproses terlebih dahulu sehingga efektivitasnya berkurang.

4. Asal mula istilah “opera sabun”

Sudah Jarang Dipakai, Ini Lho 5 Fakta Menarik dari Sabun Batangcsmonitor.com

Opera sabun adalah istilah untuk sinetron di Amerika. Istilah ini merujuk pada sinetron dengan jumlah episode yang tidak habis-habis dan menampilkan konflik yang tidak kunjung selesai.

Pada awalnya, tayangan opera sabun ini kebanyakan disponsori oleh produsen sabun batang dan deterjen sehingga istilah opera sabun pun dipakai. Selain karena jumlah episode yang panjang, film opera sabun juga lebih banyak ditonton oleh wanita sehingga menjadi incaran iklan produk sabun.

Beberapa orang juga mengatakan bahwa istilah opera sabun berasal dari sifat sabun batang. Ketika sabun batang digosok, buih akan semakin bertambah dan tidak habis-habis. Hal ini sama dengan film opera sabun dengan konfliknya yang tidak pernah habis-habis.

5. Ternyata tidak bisa menularkan penyakit

Sudah Jarang Dipakai, Ini Lho 5 Fakta Menarik dari Sabun BatangPixabay/ tiburi

Banyak anggapan bahwa sabun batang beresiko menularkan penyakit dan kuman kepada orang lain. Padahal menurut penelitian dari Centers for Disease Control and Prevention, sabun batang terbukti tidak menularkan penyakit dari satu orang ke orang lainnya.

Para peneliti menyuntikkan bakteri Eschericia coli dan Pseudomonas ke sabung batang, kemudian meminta sejumlah partisipan untuk mencuci tangan dengan sabun tersebut. Hasilnya, tidak ditemukan bakteri serupa di tangan partisipan. Hal ini menegaskan bahwa sabun batang juga baik untuk melindungi diri dari infeksi.

Nah, jadi itulah 5 fakta penting dari sabun batang yang patut kamu ketahui. Jadi, mau beralih pakai sabun batang lagi gak nih?

Baca Juga: 5 Sabun Batang Jadul Ini Multifungsi Banget Pada Masanya Lho

Deny Hung Photo Verified Writer Deny Hung

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya