Comscore Tracker

5 Tips Merawat Tanaman Sukulen dan Kaktus untuk Pemula, Mudah Kok!

Susah-susah gampang nih!

Merawat tanaman memang susah-susah gampang untuk dilakukan. Sama seperti makhluk hidup lainnya, tanaman juga butuh diperhatikan agar dia bisa tumbuh dengan baik dan tidak akan mati dengan cepat.

Sama halnya dengan tanaman sukulen dan kaktus, meski terbilang cukup mudah dalam perawatannya namun tanaman tersebut juga bisa mati dan membusuk jika tidak dirawat dengan baik.

Nah biar tidak salah-salah, berikut ini nih beberapa tips buat kamu yang masih pemula yang ingin sekali merawat tanaman sekulen dengan baik. Perhatikan baik-baik ya!

1. Tentukan dan pilihlah jenis pot yang tepat

5 Tips Merawat Tanaman Sukulen dan Kaktus untuk Pemula, Mudah Kok!unsplash.com/neslihangunaydin

Pemilihan pot atau wadah yang tepat adalah salah satu hal penting yang harus di perhatikan. Cari dan usahakan untuk menggunakan pot yang memiliki lubang di bagian bawahnya. Hal itu yang nantinya akan membantu dan melancarkan siklus air yang mengalir pada tanaman, agar tanaman tidak lembap dan mencegah tanaman sukulen agar tidak membusuk.

2. Perhatikan paparan sinar matahari pada tanaman

5 Tips Merawat Tanaman Sukulen dan Kaktus untuk Pemula, Mudah Kok!unsplash.com/kronemberger

Seperti tanaman pada umumnya, meski tanaman sukulen biasa hidup di daerah panas dan kering, namun tetap saja hal itu akan sangat menyiksanya. Biasanya tanaman sukulen hanya membutuhkan sinar matahari selama kurang lebih 4 sampai 6 jam saja dalam sehari. Jika terlalu lama berada di bawah teriknya sinar matahari, tanaman akan terbakar dan akan menciptakan bercak atau noda hitam di bagian daunnya.

Baca Juga: 8 Cara Membuat Kebun Tanaman Hidroponik Sendiri di Rumah

3. Perhatikan intensitas penyiraman

5 Tips Merawat Tanaman Sukulen dan Kaktus untuk Pemula, Mudah Kok!unsplash.com/cassdays

Kalau untuk masalah intensitas penyiraman, itu semua tergantung pada tempat dan di mana tanaman itu diletakkan. Jika tanaman sukulen di letakkan di dalam ruangan, maka tanaman hanya membutuhkan penyiraman yang lebih sedikit dibandingkan dengan tanaman sukulen yang diletakkan di luar ruangan.

Idealnya, tanaman sukulen bisa disiram satu hingga dua minggu sekali, tergantung dengan kering atau lembapnya tanaman itu sendiri.

4. Berikan pupuk secara berkala

5 Tips Merawat Tanaman Sukulen dan Kaktus untuk Pemula, Mudah Kok!unsplash.com/neslihangunaydin

Dalam masa perawatan, kamu bisa memberikan pupuk secara berkala pada tanaman sukulen. Jenis pupuk yang biasanya paling sering digunakan adalah pupuk NPK yang mengandung unsur hara nitrogen, fosfor, dan juga kalium yang bagus untuk tanaman. Kamu bisa memberikan 2 sampai 3 butir pada tanaman. Ingat, jangan terlalu banyak ya!

5. Perhatikan dan jangan biarkan air mengendap pada daun

5 Tips Merawat Tanaman Sukulen dan Kaktus untuk Pemula, Mudah Kok!unsplash.com/tomterifx

Tanaman sukulen biasanya minum atau menyerap air melalui akar dan bukan dengan daunnya. Jika ada banyak air di bagian daun, maka hal itu bisa membuat kondisi tanaman menjadi lebih lembap dan akan mudah membusuk, dan kutu tanaman pun akan mudah menjangkit tanaman.

Nah itu dia beberapa tips untuk merawat tanaman sukulen untuk para pemula. Semoga membantu ya!

Baca Juga: Imut Banget, 5 Jenis Sukulen Ini Cocok untuk Mempercantik Meja Kerjamu

Diana Ekawati Photo Verified Writer Diana Ekawati

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya