Comscore Tracker

5 Fakta Film 'Black Mirror: Bandersnatch' yang Melibatkan Penonton

Sudah bisa langsung dicoba!

Pada 28 Desember 2018 lalu, Netflix dan penulis naskah serial laris Black Mirror merilis salah satu episode terakhir untuk tahun ini dalam bentuk film interaktif. Film ini mengisahkan seorang programmer muda yang hidup di latar tahun 1984. Ia ditantang untuk membuat sebuah video game.

Film ini menggebrak dunia perfilman karena merupakan eksperimen pertama terhadap keterlibatan penonton. Tanpa babibu lagi, berikut fakta lengkapnya. 

1. Film ini merupakan bagian dari serial laris Netflix yang bertajuk 'Black Mirror'

https://www.youtube.com/embed/XM0xWpBYlNM

'Black Mirror' dikenal sebagai salah satu serial paling laris yang diproduksi Netflix. Hingga kini 'Black Mirror' sudah mencapai musim ke-4, sejak perilisan perdananya di tahun 2011 lalu. Uniknya berbeda dengan serial lainnya yang harus ditonton secara berurutan sejak awal untuk paham alur ceritanya, 'Black Mirror' bisa kamu tonton secara acak sebab cerita dan karakter tiap episodenya tidak berkaitan. 

2. Film interaktif pertama di dunia yang diperkenalkan ke publik lewat layanan streaming

5 Fakta Film 'Black Mirror: Bandersnatch' yang Melibatkan Penontongeek.com

Tahun ini Netflix bisa dibilang melakukan beberapa eksperimen, misal dengan perilisan film hitam putih berjudul 'Roma' yang tak disangka justru dapat banyak nominasi di ajang bergengsi. 'Bandersnatch' bisa dibilang salah satu eksperimen lain yang dilakukan oleh Netflix dengan memproduksi sebuah film interaktif yang bisa membuat penonton memilih alur ceritanya. 

Baca Juga: 5 Film Thriller Netflix Tahun 2018 yang Menegangkan Banget

3. Digawangi dua aktor muda Inggris, Fionn Whitehead dan Will Poulter

5 Fakta Film 'Black Mirror: Bandersnatch' yang Melibatkan Penontonradiotimes.com

Dua aktor muda Inggris dipilih sebagai karakter utama dalam film ini. Ada Fionn Whitehead yang sebelumnya dikenal bermain apik dalam film Dunkirk (2017), serta Will Poulter yang pernah bermain di film franchise Maze Runner dan Narnia. 

4. Setiap penonton bisa memiliki akhir cerita yang berbeda-beda tergantung plot yang dipilih

5 Fakta Film 'Black Mirror: Bandersnatch' yang Melibatkan Penontonwmagazine.com

Dengan mode interaktif yang ditawarkan, dalam beberapa bagian film kamu akan dapat dua opsi aksi yang bisa dipilih. Tentunya setiap pilihan akan memiliki dampak yang beragam pula. Beberapa pengulas film dan fans sudah banyak yang memberikan bocoran alternatif akhir cerita bahkan diagram yang disarikan dari opsi-opsi yang bisa dipilih penonton. Niat banget! 

5. Bisa kamu tonton dan mainkan berulang kali untuk mendapatkan akhir cerita yang berbeda

5 Fakta Film 'Black Mirror: Bandersnatch' yang Melibatkan Penontonthewrap.com

Seperti video game pada umumnya, kamu bisa menyimpan dan mengulangi alur cerita jika menurutmu kurang sesuai dengan harapanmu. Benar-benar seperti main permainan RPG atau petualangan. Saking miripnya, banyak rumor yang menyebutkan bahwa Netflix mungkin akan melebarkan sayap ke bisnis video game

Meskipun bukan penggemar serial 'Black Mirror,' boleh nih 'Bandersnatch' kamu coba untuk mengisi waktu libur akhir tahun. 

Baca Juga: 5 Episode Black Mirror yang Dijamin Bakal Bikin Kamu Takut Teknologi

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya