Comscore Tracker

7 Fakta Unik Rusty-Spotted Cat, Ras Kucing Terkecil di Asia 

Sayangnya kucing ini belum ada di Indonesia, guys!

Kucing sudah sejak lama telah menjadi hewan yang paling banyak dipelihara oleh orang-orang. Hewan lucu yang satu ini sudah hidup bersama dengan manusia sejak 6000 tahun SM, dan mulai dimanfaatkan sebagai pengusir tikus pada tahun 3500 SM di Mesir Kuno. 

Sampai dengan saat ini ada banyak jenis ras kucing yang dipelihara oleh manusia. Selain kucing domestik, banyak juga yang gemar memelihara kucing ras walaupun biaya perawatannya cenderung lebih mahal. Nah, di antara kucing ras yang kamu tahu, ada satu kucing ras yang merupakan salah satu jenis kucing terkecil yang pernah ada. Kucing tersebut bernama rusty-spotted cat. Penasaran nggak dengan kucing yang bergelar sebagai kucing terkecil ini? Daripada penasaran, yuk kita simak!

1. Ras kucing terkecil di Asia

7 Fakta Unik Rusty-Spotted Cat, Ras Kucing Terkecil di Asia coub.com

Kucing rusty-spotted cat ini memiliki tinggi yang hanya berkisar 20 sentimeter dan bobot 1 sampai dengan 1,6 kilogram. Bahkan rusty-spotted cat yang terbesar hanya memiliki panjang sekitar 19 inci atau setara dengan 48 sentimeter. Angka yang sangat kecil bagi ukuran seekor kucing, 'kan?
Meskipun rusty-spotted cat tidak termasuk sebagai kucing terkecil di dunia, namun kucing ini termasuk salah satu kucing terkecil di Asia.

2. Ditemukan di Sri Lanka dan India

7 Fakta Unik Rusty-Spotted Cat, Ras Kucing Terkecil di Asia kittentoob.com

Rusty-spotted cat ditemukan dan hidup di Sri Lanka dan India. Kebanyakan dari ras kucing ini hidup di wilayah hutan pegunungan, padang rumput ataupun wilayah berbatu yang memiliki banyak semak belukar. Karena itu rusty-spotted cat sangat jarang ditemukan berkeliaran bebas dan kebanyakan hanya bisa ditemukan di kebun binatang setempat.  

3. Masih liar dan pemalu

7 Fakta Unik Rusty-Spotted Cat, Ras Kucing Terkecil di Asia elgatovolador.net

Meskipun memiliki banyak keunikan, tapi ternyata keberadaan kucing ini masih jarang diketahui oleh orang-orang. Hal ini dikarenakan kucing jenis rusty-spotted ini masih tergolong liar dan takut pada manusia. Sehingga mereka kurang sesuai jika dijadikan sebagai peliharaan.

Baca Juga: Gak Selalu Berantem, Ini 10 Potret Lucu Keakraban Kucing dan Anjing

4. Termasuk langka

7 Fakta Unik Rusty-Spotted Cat, Ras Kucing Terkecil di Asia www.iizcat.com

Salah satu fakta menyedihkan dari rusty-spotted cat adalah mereka termasuk kedalam salah satu ras kucing yang langka. Hal ini karena mereka sering diburu dan dibunuh karena sering dikira sebagai anak leopard. Selain itu kucing ras rusty-spotted sangat sensitif pada manusia. Hal ini membuat para ahli kesulitan untuk mempelajari kebiasaan dan cara hidup mereka. 

5. Hanya bisa mempunyai 1-3 anak kucing sekali lahir

7 Fakta Unik Rusty-Spotted Cat, Ras Kucing Terkecil di Asia dnaindia.com

Umumnya, rusty-spotted cat hanya bisa memiliki satu anak kucing dalam sekali lahir. Tetapi ada juga kucing rusty-spotted yang berhasil melahirkan anak lebih dari satu. Ketika anak kucing dilahirkan, mereka terlahir buta dan belum bisa melihat selama beberapa hari. Setelah bisa melihat, mereka akan mengalami perubahan warna bulu sebelum akhirnya dewasa dan siap mencari makan sendiri.

6. Karnivora dan gemar berburu

7 Fakta Unik Rusty-Spotted Cat, Ras Kucing Terkecil di Asia cheezburger.com

Walaupun memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibanding kucing pada umumnya, tapi rusty-spotted cat tidak boleh diremehkan dalam urusan berburu. Kucing rusty-spotted ini biasa keluar untuk berburu pada malam hari. Biasanya mereka menjadikan burung, tikus, katak ataupun hewan kecil lainnya sebagai mangsa mereka.

7. Bisa dikawinkan silang

7 Fakta Unik Rusty-Spotted Cat, Ras Kucing Terkecil di Asia www.reddit.com

Fakta yang satu ini juga merupakan salah satu penyebab menurunnya populasi rusty-spotted cat. Mereka bisa disilangkan dan menikah dengan kucing domestik. Secara tidak langsung, hal ini mengakibatkan banyak kucing yang memiliki DNA rusty-spotted cat, namun tetap digolongkan sebagai kucing domestik. Selain itu perkawinan silang antara rusty-spotted cat juga mengakibatkan turunnya populasi mereka karena jumlah kucing rusty-spotted yang terlahir murni dari indukan yang memiliki ras yang sama juga semakin berkurang.

Itu dia 7 fakta rusty-spotted cat, si kucing lucu namun lincah yang bergelar sebagai kucing terkecil di Asia. Jika kelak kucing ini dikembangbiakkan di Indonesia, apakah kamu bersedia untuk pergi melihatnya?

Baca Juga: Mengenal Ragdoll, Ras Kucing Cantik Fluffy Bermata Biru

Dwi Kurniawati Lestari Photo Verified Writer Dwi Kurniawati Lestari

Just a little girl who loves drawing, writing and reading a bit too much. Sometimes spends all day long to think and wondering about 'what should I write today'.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya