Comscore Tracker

6 Kegiatan Ini Jadi Bukti Festival Coachella Juga Peduli Lingkungan

Raup untung besar namun tetap sadar lingkungan

Coachella Valley Music and Arts Festival merupakan festival musik dan seni yang dilaksanakan setiap tahun di Empire Polo Club di Indio, California. Tahun ini, Coachella berlangsung dari 12 April sampai 21 April mendatang. Kerap menyuguhkan penampilan dari para bintang internasional, gak heran jika Coachella selalu dinanti oleh para pecinta musik dan seni di seluruh dunia.

Dikenal sebagai festival musik terbesar, Coachella ternyata juga peduli terhadap isu lingkungan. Berbagai acara di festival dengan ribuan penonton yang hadir ini, tentu hasilkan beragam sampah dan limbah yang terkumpul setiap jadwal festivalnya.

Ini membuat Coachella berinisiatif dan bekerja sama dengan Global Inheritance, untuk ikut ambil tindakan agar festival yang terselenggara gak berikan dampak buat lingkungan. Dikutip dari situs resmi Coachella dan Global Inheritance, simak yuk apa saja upaya lingkungan yang dilakukan di festival terpopuler ini.

1. Recycling Sunday

6 Kegiatan Ini Jadi Bukti Festival Coachella Juga Peduli Lingkungancoachella.com

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu meminimalkan jumlah limbah yang diantar ke pembuangan akhir sampah yang dihasilkan selama atau sesudah festival berlangsung.

Hari Minggu jadi hari resmi bagi para tim khusus lakukan pemilahan dan pengumpulan sampah yang berserakan di campground. Sekadar informasi, di Coachella disediakan tenda-tenda camp yang ditujukan bagi para pengunjung yang bermalam.

Para tim yang bertugas akan datang setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu pagi untuk meletakkan tempat sampah khusus. Pengunjung hanya tinggal memilah sampahnya sesuai jenisnya, dan membuang sampah di tempat yang sudah disediakan di masing-masing camp. Nantinya petugas akan mengambil sampah tersebut. Pengunjung juga bisa lho bawa sampahnya sendiri ke Booth Global Inheritance yang bisa ditukar dengan hadiah-hadiah menarik. Seru banget ya lingkungan jadi bersih, dapat hadiah lagi!

2. Coachella Waste Gang

6 Kegiatan Ini Jadi Bukti Festival Coachella Juga Peduli Lingkungancoachella.com

Terus gimana caranya mendaur ulang sampah saat festival berlangsung? Di Coachella ternyata ada tim khusus lho, bernama Tim Pemilah Sampah Coachella atau Coachella Waste Gang.

Coachella Waste Gang adalah tim yang terdiri dari orang-orang berdedikasi yang mengerti proses daur ulang sampah. Tim ini akan berkeliling area festival dan perkemahan untuk bantu para pengunjung membuang sampah mereka dengan tepat. Tim ini juga bantu pastikan sampah daur ulang pengunjung disortir dan diantar ke tempat yang benar. Wah, kalau seperti ini Coachella Valley bakal bebas dari sampah nih!

3. Waste Bins

6 Kegiatan Ini Jadi Bukti Festival Coachella Juga Peduli Lingkungancoachella.com

Gak cuma daur ulang sampah, Coachella juga sediakan tempat khusus untuk sampah yang bisa dikompos. Artinya sampah yang bisa didaur ulang (botol plastik, gelas plastik) dan sampah yang dikompos memiliki tempat sampah khusus lho. Sedangkan sampah jenis lainnya dibuang di kotak kardus putih yang tersedia di beberapa tempat area festival. Terstruktur banget ya!

Baca Juga: 10 Solusi Kreatif Ubah Sampah Plastik Jadi Barang Keren

4. Reusable Bottles

6 Kegiatan Ini Jadi Bukti Festival Coachella Juga Peduli Lingkungancoachella.com

Coachella ajak pengunjung untuk membawa botol minum reusable mereka sendiri yang penggunaannya terus menerus dan bukan botol minum plastik sekali pakai (single use). 

5. Recycling Store

6 Kegiatan Ini Jadi Bukti Festival Coachella Juga Peduli Lingkungancoachella.com

Coachella berikan penawaran menarik di mana pengunjung gak perlu mengeluarkan uang mereka untuk beli minuman. Cukup bawa 10 botol, cangkir, atau kaleng kosong, dan pengunjung dapat minuman dingin secara cuma-cuma lho!

Selain itu, kumpulkan juga botol, cangkir, atau kaleng kosong yang berserakan di tanah, lalu taruh di kantung sampah yang telah disediakan di gerai, maka pengunjung bisa dapatkan bonus poin! Poin bisa ditukar untuk dapatkan minuman dingin, baju Coachella, botol minum Coachella, sampai tiket VIP untuk Festival Coachella tahun depan lho! Menarik banget kan?

6. TRASHed of Art Recycling

6 Kegiatan Ini Jadi Bukti Festival Coachella Juga Peduli Lingkungancoachella.com

Para seniman Coachella berinisiatif membuat TRASHed Art of Recycling yang merupakan karya seni imajinatif, unik, dan artistik yang dibuat dari tempat sampah. Sejak Festival Coachella tahun 2004, ada 1.000 seniman telah menciptakan karya seni dari 2.500 tempat sampah ukuran besar dan kecil. Gak cuma digunakan, nantinya beberapa karya seni tempat sampah ini akan didonasikan ke sekolah-sekolah lokal, seperti di Meksiko.

Coachella ternyata juga serius perhatikan dampak lingkungan yang bisa ditimbulkan dari kegiatan terbesar ini. Keren dan menginspirasi banget ya!

Baca Juga: 7 Fakta tentang Coachella yang Belum Banyak Diketahui Orang

Egia Sembiring Photo Community Writer Egia Sembiring

You just cannot beat the person who never gives up.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You