Comscore Tracker

Fungsinya Beda-beda, Ini 6 Jenis Spons Pembersih yang Perlu Kamu Tahu 

Jangan sampai salah pakai

Kamu pasti pernah memperhatikan kalau spons yang biasa digunakan untuk membersihkan peralatan dapur memiliki bentuk yang berbeda-beda. Nah, selain bentuk dan bahannya yang bermacam-macam, masing-masing spons ini juga memiliki fungsi yang berbeda.

Jika digunakan dengan tepat, spons ini bisa membersihkan peralatan dapur dengan efektif dan mudah. Sebaliknya, jika tidak digunakan secara tepat, bisa jadi spons ini justru merusak berbagai peralatan dapur.

Nah, biar tidak salah lagi, yuk simak baik-baik macam-macam spons pembersih beserta masing-masing fungsinya.

1. Spons selulosa

Fungsinya Beda-beda, Ini 6 Jenis Spons Pembersih yang Perlu Kamu Tahu unsplash.com/Artem Makarov

Spons selulosa adalah salah satu spons paling sering dipakai dan murah di pasaran. Spons ini biasanya dijual dalam ukuran yang pas di tangan dan sering dijadikan pilihan untuk membersihkan berbagai jenis barang.

Spons selulosa memiliki keunggulan berupa harganya yang relatif terjangkau, memberikan daya serap yang baik, dan dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan berat.

2. Spons abrasif

Fungsinya Beda-beda, Ini 6 Jenis Spons Pembersih yang Perlu Kamu Tahu freepik.com/mrsiraphol

Spons abrasif adalah spons yang terbuat dari bahan yang sifatnya abrasif. Spons abrasif digunakan untuk menghilangkan makanan yang sudah mengeras, biasanya pada alat-alat memasak, seperti pemanggang dan wajan.

Namun, sebaiknya hindari penggunaan spons abrasif untuk membersihkan gelas atau perabotan dengan lapisan anti lengket yang bisa terkikis oleh bahan abrasif.

3. Spons selulosa terkompresi 

Fungsinya Beda-beda, Ini 6 Jenis Spons Pembersih yang Perlu Kamu Tahu intrinsics.net

Spons selulosa terkompresi adalah spons yang kering karena semua udaranya dihisap terlebih dahulu sebelum dikemas. Spons kemudian dihidrasi ulang dengan cara dicelupkan ke dalam air sehingga spons membesar dan menjadi spons selulosa normal.

Spons selulosa terkompresi biasanya digunakan untuk membersihkan benda-benda tanpa sabun. Sayangnya, spons selulosa terkompresi memiliki harga yang lebih mahal daripada spons lainnya.

Baca Juga: 15 Foto Benda yang Punya 'Kejutan' di Dalamnya, Bikin Heran

4. Spons natural  

Fungsinya Beda-beda, Ini 6 Jenis Spons Pembersih yang Perlu Kamu Tahu freepik.com/freepik

Spons natural didapatkan dari laut dan biasanya dijual dalam harga yang mahal serta lebih sulit ditemukan. Spons ini juga ramah lingkungan dan serbaguna, bisa digunakan untuk membersihkan kulit saat mandi, eksfoliator, membersihkan riasan, membersihkan kamar mandi, mencuci piring, mencuci mobil, dan banyak lagi.

Spons ini juga punya keunggulan karena tidak menyerap partikel kotoran, sehingga dapat bertahan hingga satu tahun ketika dirawat dengan benar.

5. Spons kering

Fungsinya Beda-beda, Ini 6 Jenis Spons Pembersih yang Perlu Kamu Tahu freepik.com/freepik

Spons kering terbuat dari campuran karet yang ditambahkan dengan sabun untuk menjaga spons basah ketika dikemas. Spons ini dimaksudkan untuk penggunaan dalam keadaan kering, yang menjadikannya pilihan bagus untuk membersihkan permukaan yang tidak tahan terhadap kelembapan dan air. Spons kering harus disimpan dalam kantong plastik yang tertutup rapat agar tidak mengeras.

6. Spons kawat

Fungsinya Beda-beda, Ini 6 Jenis Spons Pembersih yang Perlu Kamu Tahu jmjanitorialsupplies.com

Spons kawat berbentuk bundelan filamen logam atau baja yang fleksibel dan halus. Sangat cocok untuk membersihkan porselen dan kaca tanpa mengikis permukaannya atau kotoran yang sudah mengeras.

Saat digunakan dengan benar, spons ini dapat menghilangkan kotoran dan endapan dengan cukup mudah. Tetapi kamu perlu berhati-hati karena spons kawat juga bisa mengikis permukaan jika digunakan terlalu keras.

Demikianlah beberapa jenis spons pembersih yang perlu kamu tahu. Mengingat fungsinya yang berbeda-beda, alangkah baiknya jika kamu memiliki lebih dari satu jenis spons di rumah agar aktivitas bersih-bersih jadi lebih efektif dan mudah.

Baca Juga: 6 Jenis Tanaman untuk Memperindah Jendela Kamar, Bikin Lebih Homey!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya