Comscore Tracker

Produsen Mobil Terbesar di Dunia, Ini 7 Fakta Unik Jepang

Hello Kitty juga berasal dari Jepang, lo

Jepang merupakan salah satu negara maju, yang terletak di benua Asia. Negara yang mendapat julukan "Negeri Matahari Terbit" ini, berada di urutan ketiga (setelah Amerika Serikat (AS) dan Cina) sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Perekonomian Jepang didukung oleh industri elektronik, baja, mobil, hingga robotika. 

Nah, di balik kesuksesannya di bidang perekonomian, Jepang memiliki banyak fakta unik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Tertarik untuk mengetahui fakta unik yang dimiliki Jepang? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Salah satu negara yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi

Produsen Mobil Terbesar di Dunia, Ini 7 Fakta Unik Jepangpexels.com/satoshi hirayama

Negara yang dipimpin oleh Kaisar Naruhito ini, merupakan salah satu negara dengan tingkat keamanan tertinggi di dunia, lho. Dilansir Factretriever.com, Jepang berada di posisi kedua dengan tingkat kasus pembunuhan terendah di dunia. Hal tersebut terjadi karena orang Jepang terkenal jujur dan juga taat dengan hukum.

Selain itu, hukum di Jepang juga sangat ketat, sehingga tidak ada celah untuk berada di jalur hukum yang salah.

2. Jumlah manula di Jepang lebih banyak daripada jumlah anak-anak

Produsen Mobil Terbesar di Dunia, Ini 7 Fakta Unik JepangUnsplash/Hiu Yan Chelsia Choi

Dilansir Swedish Nomad, jumlah manula di Jepang jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah anak-anak. Hal tersebut terjadi karena banyak orang Jepang yang tidak memiliki waktu atau uang untuk memiliki sebuah keluarga.

Menariknya lagi, Jepang berada di posisi ketiga sebagai negara dengan usia harapan hidup terpanjang di dunia. Untuk pria Jepang, usia harapan hidupnya bisa sampai 81 tahun, sedangkan untuk wanita bisa sampai hingga 84 tahun. Rata-rata orang Jepang bisa hidup 4 tahun lebih lama dari orang Amerika.

Baca Juga: 5 Etika Jepang yang Harus Kamu Tahu Biar Gak Dicap Norak!

3. Importir makanan laut terbesar di dunia

Produsen Mobil Terbesar di Dunia, Ini 7 Fakta Unik JepangUnsplash/kelvinzyteng

Salah satu alasan mengapa Jepang menjadi salah satu negara dengan usia harapan hidup terpanjang adalah karena sebagian besar penduduknya menerapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang mengandung sedikit lemak namun kaya akan vitamin dan mineral, seperti ikan dan sayuran.

Bahkan Jepang merupakan importir makanan laut terbesar di dunia, lho. Dilansir Factretriever.com, penduduk Jepang mengonsumsi sekitar 17 ton ikan per tahunnya. Salah satu makanan laut yang banyak dikonsumsi oleh orang Jepang yaitu udang. Diperkirakan sekitar 4 juta ton udang dikonsumsi oleh orang Jepang setiap tahunnya.

4. Rumah bagi Hutan Aokigahara, tempat bunuh diri terpopuler kedua di dunia

Produsen Mobil Terbesar di Dunia, Ini 7 Fakta Unik Jepangsplinternews.com via Japan Times

Meski dikenal sebagai salah satu negara dengan tingkat keamanan tertinggi di dunia, Jepang ternyata merupakan salah satu negara dengan tingkat kasus bunuh diri terbanyak di dunia. Bahkan di Jepang terdapat salah satu tempat bunuh diri terpopuler di dunia, yaitu Hutan Aokigahara.

Hutan Aokigahara yang berada di kaki Gunung Fuji, merupakan tempat terfavorit kedua untuk bunuh diri, setelah Jembatan San Fransisco (Amerika Serikat). Bahkan Hutan Aokigahara juga dijadikan setting film horor Hollywood yaitu The Forest, yang tayang tahun 2016 lalu.

5. Memiliki lebih dari 6800 pulau

Produsen Mobil Terbesar di Dunia, Ini 7 Fakta Unik Jepangforeignbrief.com

Jepang merupakan salah satu negara kepulauan. Dilansir dari Factretriever.com, Jepang memiliki lebih dari 6.800 pulau. Dari ribuan pulau yang ada di Jepang, 4 di antaranya adalah pulau-pulau besar yaitu Pulau Honshu, Kyushu, Hokkaido, dan Shikoku. Pulau terindah di Jepang adalah Pulau Okinawa. Menariknya lagi, di Pulau Okinawa terdapat dua orang tertua di dunia, yaitu berusia 116 dan 117 tahun.

6. Tempat kelahiran Hello Kitty

Produsen Mobil Terbesar di Dunia, Ini 7 Fakta Unik Jepanggasiantimes.com

Hello Kitty merupakan salah satu karakter kartun yang disukai anak-anak. Karakter kartun kucing dengan pita ini, berasal dari Jepang, lo. Hello Kitty lahir pada tahun 1974. Pada saat itu, Hello Kitty dilahirkan sebagai dompet kain dari plastik. 

Sekitar lebih dari 20.000 produk Hello Kitty, hadir di pasaran dengan berbagai macam bentuk dan juga fungsi, seperti mi instan, pemanggang roti, hingga kertas toilet. Nah, para penggemar Hello Kitty di Jepang, umumnya menyebut Hello Kitty dengan sebutan Kitty Chan.

7. Produsen mobil terbesar di dunia

Produsen Mobil Terbesar di Dunia, Ini 7 Fakta Unik Jepangbizidex.com

Jepang terkenal dengan industri mobilnya, dan merupakan produsen mobil terbesar di dunia. Bahkan di Jepang terdapat perusahaan mobil terbesar di dunia, yaitu Toyota Motor Corporation. Toyota Motor Corporation didirikan oleh Kiichiro Toyoda.

Nah, itulah ulasan 7 fakta unik Jepang, produsen mobil terbesar di dunia. Tertarik untuk berlibur ke Jepang, guys?

Baca Juga: 5 Perbedaan Tradisi Minum Teh di Jepang dan Inggris

eliza ustman Photo Verified Writer eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya