Comscore Tracker

Smartphone Androidmu Hilang? Pakai Cara Ini Untuk Melacaknya

Lebih baik siap sedia.

Teknologi smartphone telah berkembang pesat sampai ke tahap yang 10 tahun lalu tidak bisa dibayangkan. Ketika kehilangan smartphone-mu, 10 tahun lalu yang bisa kamu lakukan hanyalah lapor polisi. Setelah itu menunggu sambil harap-harap cemas bisa ketemu atau tidak. Kini kecemasan itu bisa dipangkas, berkat fitur-fitur canggih untuk smartphone ber-OS Android.

Kali ini, IDNtimes akan membagi tips berupa cara melacak telepon atau tablet ber-OS Android. Memang enggak ada dari kita yang berharap kehilangan kan. Jadi silahkan bookmark artikel ini untuk berjaga-jaga, Gays, eh, Guys.

1. Manfaatkan Google Android Device Manager

Smartphone Androidmu Hilang? Pakai Cara Ini Untuk MelacaknyaSumber Gambar: jalantikus.com
Pastikan smartphone-mu selalu terkoneksi dengan akun Google milikmu. Dalam kata lain, smartphone-mu itu nyala dan terhubung dengan server Google melalui internet. Setelah itu, masuklah ke laman Android Device Manager dengan akun Google yang sama. Google lalu akan otomatis mencari keberadaan smartphone dengan melacak koordinat lokasi. 

Oiya, laman pencarian Google pun bisa dipakai untuk mencari keberadaan smartphone-mu! Cukup log in dengan akun Google, lalu ketik “where is my phone” di kolom pencarian. Voila! Kamu juga bisa menelpon smartphone-mu dengan meng-klik simbol ring di bagian bawah kiri laman.

2. Kendali dan Pelacakan Jarak Jauh dengan Android Lost

Smartphone Androidmu Hilang? Pakai Cara Ini Untuk MelacaknyaSumber Gambar: tokolabpersada.com
Aplikasi ini bisa membantu melacak dengan mengaktifkan fitur Android Lost lebih dulu. Kalau smartphone-nya hilang, gimana cara ngaktifinnya? Ternyata cukup sederhana, hanya dengan menggunakan pesan singkat lewat SMS.
Instal aplikasi Android Lost pun bisa dilakukan lewat jarak jauh, syaratnya smartphone kamu mesti terhubung dengan akun Google. Caranya cukup masuk ke Google Play via browser komputer personal, lalu instal Android Lost. smartphone kamu akan otomatis melakukan proses pengunduhan dan memasang aplikasi tersebut ke dalam memori.
Cara kedua, cukup kirim pesan “androidlost register” via SMS. Bagi pengguna tablet yang tidak bisa digunakan SMS, harus memakai cara lain. Yaitu dengan menginstal  “Androidlost Jumpstart”. Setelah itu, kamu bisa memakai semua fitur dari aplikasi ini.
Satu hal yang rawan dari Android Lost adalah semua kendali jarak jauh membuat layar smartphone menyala. Bila ternyata smartphone dicuri dan pencuri melihat aktivitas di layar, ia bisa mematikannya.
3. Amati Pergerakan Your Timeline dengan Google Maps (Pemantauan Linimasa Lokasi Smartphone dengan Google Maps)
Smartphone Androidmu Hilang? Pakai Cara Ini Untuk MelacaknyaSumber Gambar: i2.cdn.turner.com

Kalau cara di atas masih kurang ampuh, ada teknik lain yang bisa dilakukan. Dengan memanfaatkan fitur location, Google Maps mencatat tempat-tempat yang disinggahi smartphone tersebut. Kini, Google Maps pun mampu mengenali tempat macam apa yang dikunjungi. Semisal Bar, Kafe, Kampus, Kantor, Rumah, dan semacamnya. 

Caranya cukup dengan membuka Google Maps Location History. Lalu pilih data hari apa saja yang ingin dilihat. Kalau smartphone itu hilang, maka pilih juga hari terkini.  Setelah itu, akan muncul dua area tampilan. Sebelah kiri adalah linimasa dan nama tempat, sedangkan bagian kanan merupakan peta dan alur perjalanan smartphone-mu.

4. Kalau Smartphone-mu Samsung, Maka Jangan Lupa Sign In ke Akun Samsung

Smartphone Androidmu Hilang? Pakai Cara Ini Untuk MelacaknyaSumber Gambar: lawatek.com

Brand Samsung memiliki aplikasi tersendiri untuk melacak perangkatnya. Salah satunya dengan memakai  Find My Mobile. Jangan lupa Sign In menggunakan akun Samsung ke dalam aplikasi di smartphone. Setelah itu, buka laman situs Find My Mobile untuk mendeteksi keberadaan smartphone-mu.

5. Manfaatkan Fitur Camera Upload di Aplikasi Dropbox

Smartphone Androidmu Hilang? Pakai Cara Ini Untuk MelacaknyaSumber Gambar: phandroid.s3.amazonaws.com

Fitur Camera Upload akan membuat tiap foto yang diambil dengan kamera smartphone, terunggah ke server Dropbox. Alhasil kamu bisa memantau keadaan sekeliling smartphone-mu. Namun, syaratnya harus ada orang yang menggunakan kamera smartphone. Kalau tidak, ya tidak ada yang diunggah. Duh!

IDNtimes berharap sih artikel ini bisa membantu kamu. Paling tidak, memberi penjelasan langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan sebelum kehilangan. Bukankah kata pepatah, lebik baik mencegah daripada kehilangan?

Topic:

Berita Terkini Lainnya