Comscore Tracker

10 Fakta Unik yang Belum Kamu Ketahui Tentang Batman

Yakin sudah paham semua tentang Batman?

Beru-baru ini muncul kabar bahwa Robert Pattinson digadang-gadang akan menggantikan Ben Affleck sebagai Batman di film selanjutnya. Meski menuai pro dan kontra, nyatanya majunya aktor yang tenar karena film Twilight-nya itu semakin diperjelas dengan dukungan dari berbagai pihak.

Sebelum kita lihat Batman versi Robert Pattinson di film nanti, simak 10 fakta soal Batman berikut.

1. Terinsprirasi dari beberapa karakter.

10 Fakta Unik yang Belum Kamu Ketahui Tentang Batmanhookedupon.com

Pada awal diciptakan, yakni tahun 1939, kreator Bob Cane dan penulis Bill Finger Batman mengolaborasikan beberapa karakter yang sudah tenar di masanya. Karakter itu antara lain adalah Zorro, Dracula, dan The Shadow.

2. Perubahan pada karakter sejak awal diciptakan

10 Fakta Unik yang Belum Kamu Ketahui Tentang Batmanstatic.comicvine.com

Pada awal mula diciptakannya Batman hingga saat ini, telah banyak perubahan penokohan yang terjadi pada Batman. Mulai dari design kostum awal yang dulunya berwarna merah hingga sekarang menjadi hitam kelelawar. 

Termasuk sifat karakter Batman yang awalnya cenderung sadis sampai bisa membunuh penjahat menggunakan pistol hingga menjadi tidak ingin membunuh dan bertarung dengan tangan kosong.

3. Asal usul nama Bruce Wayne

10 Fakta Unik yang Belum Kamu Ketahui Tentang Batman4.bp.blogspot.com

Bruce Wayne adalah identitas asli dari Batman. Nama Bruce Wayne sendiri terinspirasi dari dua nama pahlawan, yakni Robert the Bruce yang merupakan pahlawan nasional Skotlandia, serta Mad Anthony Wayne pahlawan revolusi Amerika.

4. Inspirasi jubah

10 Fakta Unik yang Belum Kamu Ketahui Tentang Batmanbleedingcool.com

Jubah kelelawar besar berwarna hitam merupakan salah satu aspek yang membuat Batman sangat misterius dan membuat takut banyak penjahat. Sayap tersebut dibuat berdasarkan sebuah desain sebuah mesin terbang karya dari pelukis terkenal Leonardo Davinci.

5. Jadi Batman itu mahal!

10 Fakta Unik yang Belum Kamu Ketahui Tentang Batmancdn5.thr.com

Untuk menjadi Batman bukanlah perkara mudah. Mulai dari kostum kuat, peralatan canggih, serta kendaraan keren ternyata memakan banyak biaya. Diperkirakan untuk menjadi Batman, Bruce Wayne mengeluarkan dana sebanyak 300 juta dolar AS atau lebih dari Rp4 triliun.

Baca Juga: 6 Aktor Top Ini Pernah Memerankan Karakter Batman, Siapa Idolamu?

6. Salah satu karakter fiksi terkaya

10 Fakta Unik yang Belum Kamu Ketahui Tentang Batmancomingsoon.net

Bruce Wayne (Batman) merupakan salah satu karakter fiksi yang memiliki kekayaan melimpah. Berdasarkan perhitungan Forbes, Bruce Wayne berada di posisi ke 8 dengan total asset sebesar tujuh 7 milyar dolar AS atau sekitar Rp95 trilliun.

7. Tidak hanya kaya dan kuat

10 Fakta Unik yang Belum Kamu Ketahui Tentang Batmannouse.co.uk

Punya banyak uang dan handal dalam bertarung, bukanlah alasan utama yang membuat Bruce Wayne bisa menjadi Batman. Bruce Wayne merupakan salah satu karakter fiksi terpintar yang pernah ada. Dengan kepintarannya, Bruce Wayne membuat Batman bisa mendapatkan julukan detektif terhebat dalam dunia DC Comics.

8. Bruce Wayne punya anak bernama Damian Wayne

10 Fakta Unik yang Belum Kamu Ketahui Tentang Batmanmoviepilot.com

Akibat komitmennya dalam menumpas kejahatan, Bruce Wayne acap kali terlihat tidak pernah menjalin hubungan serius dengan wanita. Akan tetapi Bruce memiliki seorang putra hasil hubungannya dengan Thalia Al-Ghul anak dari gurunya, Rash Al-Ghul. Anak itu bernama Damian Wayne yang nantinya juga menjadi Robin.

9. Studi mengenai Batman

10 Fakta Unik yang Belum Kamu Ketahui Tentang Batmangeekologie.com

Universitas Victoria yang berada di Kanada, secara mengejutkan membuat sebuah studi terkait Batman. Dalam studi ini mereka mempelajari bagaimana tubuh manusia dapat beradaptasi dan semakin baik menggunakan Batman sebagai perumpamaannya. Studi ini dimasukkan kedalam kategori sains dalam bidang penelitian terhadap fisik manusia.

10. Batman dan Justice League

10 Fakta Unik yang Belum Kamu Ketahui Tentang Batmanuzone.id

Percaya ataupun tidak, Batman adalah satu-satunya karakter dalam DC Comics yang bisa mengakhiri nasib semua anggota Justice League. Hal ini dikarenakan kewaspadaan Batman akan ancaman yang dapat ditimbulkan oleh makhluk-makhluk berkekuatan super yang ada di  bumi.

Dengan semua sumberdaya yang ia miliki, Batman menyimpan data terkait semua manusia super dan menciptakan semua langkah menyerang kelemahan mereka apabila mereka nantinya menjadi potensi ancaman bagi bumi.

Baca Juga: Dikabarkan Jadi Batman, Ini 8 Transformasi Robert Pattinson dalam Film

Farras Photo Community Writer Farras

QED

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Siantita Novaya

Just For You