Comscore Tracker

Ini 5 Alasan Mengapa Penikmat Musik Jazz Sangat Beruntung!

Kenapa ya kalau kerja tugas di kafe jadi lebih terinspirasi?

Pernah gak kalian berpikir mengapa banyak kafe, rumah sakit, atau perpustakaan memutarkan musik jazz? Tentunya mereka tidak asal-asal pilih musik hanya untuk sekadar meningkatkan mood kita. Ternyata, musik jazz memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan kinerja otak kita. Apa saja ya kira-kira?

1. Musik jazz menstimulasi kinerja otak kita

Ini 5 Alasan Mengapa Penikmat Musik Jazz Sangat Beruntung!egrovesys.com

Dengan mendengarkan musik jazz, otak akan terstimulasi sehingga kita menjadi lebih rileks bahkan meningkatkan kreativitas. Dengan demikian kita bisa menjadi lebih fokus, termotivasi, dan produktivitas meningkat. Musik jazz yang lembut dan rileks dapat mengurangi rasa gelisah dan efeknya mirip dengan mendapatkan pijat.

Selain itu, musik jazz juga dapat membantu kita mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Musik genre ini memiliki efek yang sama dengan sedatif dan mampu mengurangi reaksi kimia yang berhubungan dengan adrenalin dan stress pada tubuh.

2. Mengurangi rasa depresi

Ini 5 Alasan Mengapa Penikmat Musik Jazz Sangat Beruntung!drweil.com

Studi menunjukkan bahwa musik jazz mampu meredam rasa depresi kita. Rasa depresi akan berkurang hingga 25 persen jika kamu rutin mendengarkan musik jazz selama satu jam per harinya dibanding mereka yang tidak. Makanya kita bisa benar-benar rileks ya ketika mendengarkan musik jazz.

Baca Juga: Dengan Musik yang Ceria, 5 Lagu Patah Hati Ini Gak Bakal Bikin Galau

3. Mengurangi rasa sakit dan baik untuk pemulihan dari stroke

Ini 5 Alasan Mengapa Penikmat Musik Jazz Sangat Beruntung!medium.com/@avarehab17

Nah, inilah alasan mengapa banyak rumah sakit memutarkan musik jazz ringan yang lembut bagi para pasiennya. Musik jazz mampu mengurangi rasa sakit pada manusia hingga 21 persen dan dapat mengurangi intensitas migrain dan sakit kepala.

Selain itu, jika rutin diputarkan bagi orang yang sedang dalam pemulihan stroke, musik jazz mampu meningkatkan mood, fokus, bahkan meningkatkan kemampuan memori verbal mereka! Wow!

4. Menurunkan tekanan darah

Ini 5 Alasan Mengapa Penikmat Musik Jazz Sangat Beruntung!drwhitaker.com

Musik jazz ternyata juga mempengaruhi kinerja sistem kardiovaskular kita. Pembuluh darah akan membesar hingga 30 persen sehingga tekanan darah akan turun. Sedangkan musik jazz yang rancak mampu meningkatkan tekanan darah, kinerja jantung, serta pernapasan.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Ini 5 Alasan Mengapa Penikmat Musik Jazz Sangat Beruntung!kingsbest.com

Ternyata musik jazz juga mampu mendukung kinerja tubuh dalam meningkatkan daya tahan serta melindungi tubuh dari infeksi. Dengan menikmati musik jazz selama 30 menit seharinya, tingkat immunoglobin A pada tubuh kita akan naik. Immunioglobin A merupakan zat alami dalam tubuh kita yang mampu mencegah infeksi karena virus maupun bakteri. Immuniglobin A dalam tubuh akan tetap tinggi hingga 30 menit setelah kita selesai mendengarkan musik jazz.

Wah, wah! Ternyata musik kreatif yang dulunya hanya dinikmati oleh kaum kulit hitam ini bukan hanya nikmat alunan nadanya, tapi juga nikmat manfaatnya. Nah, ngomong-ngomong soal musik jazz, kamu sudah tahu belum kalau tanggal 30 April merupakan Hari Musik Jazz Internasional?

Baca Juga: Rekomendasi 7 Film & Drama Korea Bertema Musik yang Inspiratif Banget

Kelvin Antonius Photo Community Writer Kelvin Antonius

The man who will breath heavily when see and munch good food, coffees & teas, books, good musics, sceneries, and British accent!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You