Comscore Tracker

Jadi Simbol Perayaan, Ini 7 Fakta Menarik Tentang Pohon Natal

Ternyata pohon Natal sempat dilarang

Natal tinggal menghitung waktu. Sama seperti perayaan hari keagamaan lainnya, Natal juga disambut meriah oleh umat Kristen di berbagai negara dunia. Dan memasang dan mendekorasi pohon Natal menjadi salah satu tradisi Natal yang tidak bisa dilupakan.

Pohon Natal memang merupakan salah satu simbol perayaan yang paling populer.
Namun siapa sangka di balik sebatang  pohon yang dipenuhi lampu, ada banyak kisah yang tersimpan. Dan seperti yang dilansir dari mentalfloss.com, berikut ini tujuh fakta menarik tentang pohon Natal.

1. Awalnya pohon Natal dilarang oleh gereja

Jadi Simbol Perayaan, Ini 7 Fakta Menarik Tentang Pohon Natalunsplash.com/Debby Hudson

Tradisi memasang pohon Natal sebenarnya berasal dari Jerman. Sayang di awal kemunculannya, pohon cemara justru dilarang karena dianggap tidak ada hubungannya dengan perayaan agama. Seorang pengkhotbah dari gereja Katedral Strasbourg yaitu Johann Conrad Dannhauer, bahkan pernah mengkritik pohon tersebut pada tahun 1647 dan menyebutnya sebagai "mainan anak-anak".

Nyatanya, kritikan tersebut tidak berpengaruh karena orang-orang terus membawa pohon cemara ke rumah mereka dan menghiasnya dengan bunga kertas. Karena kritikan tersebut tidak didengar, akhirnya gereja memutuskan untuk mengalah bahkan menambahkan pohon cemara yang dihias sebagai salah satu tradisi Natal.

2. Dulu pohon Natal dipasang secara terbalik

Jadi Simbol Perayaan, Ini 7 Fakta Menarik Tentang Pohon Natalunsplash.com/Nika Akin

Pohon Natal saat ini mungkin terlihat sangat indah. Namun tahukah kamu jika penampilan pohon Natal dulu dan sekarang sangat berbeda. Selain hanya di dekorasi dengan bunga kertas, pohon Natal juga dipasang secara terbalik.

Memasang pohon Natal secara terbalik nyatanya sangat populer pada abad 17 hingga 18. Saat itu, alih-alih memasangnya dengan benar, keluarga di Jerman justru memasang pohon ini secara terbalik dengan daun dan ranting dibagian bawah dan akar pohon di bagian atas.

3. Ratu Victoria adalah salah satu orang yang berjasa dalam mempopulerkan pohon Natal

Jadi Simbol Perayaan, Ini 7 Fakta Menarik Tentang Pohon Natalthoughtco.com

Pada tahun 1800 pohon Natal semakin populer di negara-negara Eropa dan Amerika. Hal ini bermula ketika Sarah Josepha Hale, seorang editor buku membuat ilustrasi Ratu Victoria dari Inggris dan suaminya Pangeran Albet dengan pohon Natal sebagai latar belakang pada tahun 1850. Salah satu majalah Amerika kemudian setuju untuk menerbitkan ilustrasi tersebut dan menjadi viral di mana-mana.

Baca Juga: 10 Pohon Natal Paling Unik dan Kreatif, Beda dari Biasanya!

4. Di Amerika, kado Natal disimpan di bagian atas pohon

Jadi Simbol Perayaan, Ini 7 Fakta Menarik Tentang Pohon Natalunsplash.com/Eugene Zhyvchik

Bukan hanya pohon yang dipasang terbalik, hadiah Natal pun pernah disimpan di atas pohon. Jadi setelah pohon Natal masuk ke Amerika, orang-orang menyimpan kado Natal di atas pohon dengan cara menggantungnya di ranting.

Bahkan tidak jarang pohon Natal dipenuhi dengan kado. Biasanya selain kado berupa boneka, dan mainan, pohon Natal juga dipenuhi dengan permen, kue, dan buah-buahan sehingga untuk mendapatkannya anak-anak perlu memetiknya.

5. Pohon Natal dengan dekorasi lampu dimulai oleh Martin Luther

Jadi Simbol Perayaan, Ini 7 Fakta Menarik Tentang Pohon Natalunsplash.com/fotografierende

Salah satu hal yang membuat sebuah pohon Natal jadi begitu indah adalah kehadiran lampu-lampu kecil warna-warni. Tapi di awal kemunculannya, orang-orang hanya menggunakan bunga kertas untuk menghias pohon mereka hingga akhirnya seorang reformator protestan memasang lilin di antara ranting pohon.

6. Hingga akhirnya dekorasi itu diperbaiki oleh teman Thomas Edison

Jadi Simbol Perayaan, Ini 7 Fakta Menarik Tentang Pohon Natalunsplash.com/Arun Kuchibhotla

Meski cahaya lilin membuat pohon Natal jadi makin indah, tapi itu juga akan menimbulkan masalah ketika rantingnya mulai terbakar. Masalah ini baru teratasi pada tahun 1882, ketika Edward Johnson memiliki ide untuk memasang lampu berwarna merah, putih, dan biru di cabang dan ranting pohon. Membuat pohon Natal di Manhattan jadi begitu indah tanpa perlu khawatir pohon tersebut akan berubah jadi abu keesokan harinya.

7. Di Ukriana, orang menghiasi pohon Natal dengan jaring laba-laba

Jadi Simbol Perayaan, Ini 7 Fakta Menarik Tentang Pohon Natalamazing-facts.ru

Jika negara Eropa lain pohon Natal dihias, maka di Ukraina pohon Natal dihias dengan jaring dan laba-laba perak. Tentu saja jaring dan laba-laba yang digunakan bukanlah jaring atau laba-laba sungguhan melainkan dekorasi Natal yang dibentuk seperti jaring.

Dekorasi jaring ini sendiri berawal dari cerita rakyat Ukraina di mana seorang janda miskin merasa sedih karena tidak memiliki uang untuk menghias pohon natal untuk anak-anaknya. Tangisan janda miskin ini didengar oleh seekor laba-laba. Dan ketika perempuan itu tidur, laba-laba mengeluarkan jaring emasnya dan menghias pohon Natal menjadi sangat indah.

Itu dia beberapa fakta menarik tentang pohon Natal. Jadi apakah kamu sudah siap untuk menghias pohon Natal untuk tahun ini?

Baca Juga: 5 Dekorasi Ini Bisa Jadi Pilihan Meriahnya Rumah Menjelang Natal Tiba

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You