Comscore Tracker

Fantastis, 4 Penulis Indonesia Ini Kaya Raya dari Hasil Menulis Novel

Kalau draft novelmu sudah sampai mana?

Menulis merupakan sebuah aktifitas menyenangkan. Karena dengan menulis, kita bisa mengeksplorasi keresahan yang ada dalam hati kita. Biasanya, menulis diawali oleh sebuah hobi. Ketertarikan seseorang akan mencurahkan isi hatinya melalui jalan menulis.

Banyak sekali di muka bumi ini yang sangat mencintai duni tulis menulis. Mereka merasa puas hanya dengan menulis. Ada juga yang menulis karena ingin mendapatkan puing-puing rupiah.

Banyak sekali yang menjadikan menulis adalah sebuah pekerjaan. Contoh seperti jurnalis yang bekerja untuk menghasilkan sebuah tulisan berita guna dibagikan kepada khalayak ramai sebagi informasi. Namun tak jarang ada yang membagikan sebuah tulisan opini hanya agar dibaca tanpa mengharap bayaran.

Nah, kali ini penulis akan menunjukkan beberapa penulis novel yang mungkin awalnya dari sebuah kegemaran, memberikan opini melalui jalan cerita, tapi tak disangka dengan jalan itu, mereka bisa mendapatkan kekayaan yang bisa dibilang spektakuler.

 

1. Andrea Hirata.

Fantastis, 4 Penulis Indonesia Ini Kaya Raya dari Hasil Menulis Novelidwriters.com

Penulis asal Belitung ini sempat menggemparkan jagat perbukuan Indonesia. Novel perdananya yang berjudul Laskar Pelangi, mampu menghentakkan dunia pendidikan di Indonesia. Bahkan, novel Laskar Pelangi kini sudah di terjemahkan ke dalam puluhan bahasa di dunia.

Ditulis oleh Sastrawan.com, Andrea Hirata bisa meraup keuntungan hingga 3,6 miliar rupiah hanya dari satu judul novel saja. Bayangkan bila diakumulasikan dengan belasan novel best seller lainnya yang sudah ia terbitkan.

2. Habiburrahan El Shirazy.

Fantastis, 4 Penulis Indonesia Ini Kaya Raya dari Hasil Menulis Novelummi-online.com

Salah satu penulis spesialis romance religi, Habiburahman EL Shirazy. Ia adalah lulusan Universitas Mesir. Kini di Indonesia ia lebih dikenal sebagai penulis novel papan atas.Penulis yang lebih dikenal dengan sebutan Kang Abik ini mampu meraup hingga mencapai 2,4 miliar rupiah hanya dari satu judul novelnya Ayat-ayat Cinta.

Kalau diakumulasikan dengan novel best seller miliknya yang sukses diterbitkan kira-kira hasilnya berapa, ya?

3. Dee Lestari.

Fantastis, 4 Penulis Indonesia Ini Kaya Raya dari Hasil Menulis Novelsyahrazade.com

Kalau yang satu ini pasti semua tahu. Mungkin dulu kalian lebih mengenal dia yang berprofesi seorang penyanyi. Ya, Dewi Lestari yang sukses dengan novelnya Supernova. Ia menunjukan kualitasnya di dunia sastra dengan menciptakan sebuah karya yang luar biasa. Penghasilannya bisa mencapai 1,5 miliar rupiah lebih dari hasil menulis novel.

4. Tere Liye.

Fantastis, 4 Penulis Indonesia Ini Kaya Raya dari Hasil Menulis Novelsatuharapan.com

Nah, penulis yang satu ini sedang hangat-hangatnya diperbincangakan. Cuitan di twitter tetang masalah penyalahgunaan quote miliknya kini ramai diperbincangkan. Terlepas dari bahasan itu, Penulis yang merupakan idola semua kalangan ini mampu menciptakan satu judul novel setiap tahunnya. Tak tanggung-tanggung semua novel hasil karyanya selalu mendapat predikat best seller. Tere Liye adalah penulis best seller yang mempunyai tanggungan pajak cukup besar.

Kira-kira berapa miliar rupiah yang dihasilkan seorang Tere Liye per satu judul novel? Pasti fantastis! Dia sudah terkenal novelis yang kaya dengan kualitas novel yang sangat menjual.

Muroseva Photo Writer Muroseva

Orang Sukamanah Asli

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya