Comscore Tracker

8 Fakta Menarik Kebiasaan Orang Rusia Minum Vodka

#Rusiana Orang Rusia memang gak bisa jauh dari Vodka

Vodka dan Rusia memiliki sejarah panjang dari zaman dahulu sehingga kenyataan bahwa keduanya sangat berkaitan erat memang tidak bisa dipungkiri lagi. Bisa dibilang Vodka adalah salah satu simbol nasional negara Rusia. Minuman ini menjadi minuman wajib bagi masyarakat Rusia dari semua kalangan. Vodka selalu diikutsertakan di berbagai acara bahkan dalam kegiatan politik, karena dianggap bisa memperlancar proses negosiasi dan diplomasi.

Begitu pentingnya minuman ini bagi masyarakat Rusia. Untuk tahu lebih jauh, kamu bisa baca mengenai fakta menarik tentang Rusia dan Vodka di bawah ini.

1. Orang Rusia menjadikan Vodka sebagai obat demam

8 Fakta Menarik Kebiasaan Orang Rusia Minum VodkaPixabay/concord90

Orang Rusia percaya bahwa Vodka bisa membasmi kuman. Jadi, saat mereka diserang flu atau demam, minuman ini digunakan sebagai pembunuh virus tersebut. Sebagai obat demam, biasanya mereka mencampur Vodka dengan madu, bawang putih, atau lada.

2. Berbagi Vodka dengan orang lain adalah cara mereka beramah-tamah

8 Fakta Menarik Kebiasaan Orang Rusia Minum VodkaPixabay/Free-Photos

Ketika seseorang menolak untuk minum saat disodorkan Vodka, maka bisa dianggap orang tersebut telah menolak pertemanan. Dan beberapa orang Rusia akan menganggapmu tidak sopan jika tidak menghabiskan Vodka dalam satu kali tegukan.

3. Orang Rusia selalu "bersulang" (mengucapkan beberapa kata atau kalimat) sebelum minum Vodka

8 Fakta Menarik Kebiasaan Orang Rusia Minum VodkaPixabay/Free-Photos

Melakukan toast atau bersulang menjadi hal yang penting saat minum Vodka. Kalimat yang diucapkan pun akan semakin panjang dan mendalam seiring dengan bertambah malamnya hari dan semakin banyaknya Vodka yang diminum.

Baca Juga: Ikan Herring sampai Kaviar, 5 Camilan Pendamping Vodka Khas Rusia

4. Gelas yang digunakan untuk minum Vodka biasanya berukuran kecil

8 Fakta Menarik Kebiasaan Orang Rusia Minum VodkaPixabay/SocialButterflyMMG

Vodka dalam satu gelas kecil ini langsung habis diminum dalam satu tegukan. Namun, minum langsung dari botolnya pun masih dianggap hal yang wajar, kok.

5. Vodka lebih banyak dikonsumsi laki-laki dibanding perempuan

8 Fakta Menarik Kebiasaan Orang Rusia Minum VodkaPixabay/olga9177

Vodka lebih dilihat sebagai minuman laki-laki. Tidak sewajarnya seorang wanita minum terlalu banyak. Biasanya perempuan Rusia meminum minuman yang lebih ringan seperti champagne atau wine. Oleh sebab itu, berbeda dengan pria, wanita yang menolak minum Vodka saat ditawari gak akan dianggap "tidak sopan".

6. Jika satu botol Vodka sudah dibuka, harus diminum sampai habis

8 Fakta Menarik Kebiasaan Orang Rusia Minum VodkaPixabay/pexels

Sebenarnya hal ini tidak wajib, hanya saja sudah jadi kebiasaan bagi orang Rusia. Dan botol-botol yang sudah kosong harus segera dibereskan dari meja.

7. Bagi orang Rusia, Vodka adalah minuman terbaik di dunia

8 Fakta Menarik Kebiasaan Orang Rusia Minum VodkaPixabay/Squirrel_photos

Bagi mereka hanya ada 2 jenis Vodka, yaitu "good vodka" dan "very good vodka".

8. Gak akan berhenti minum sebelum mabuk

8 Fakta Menarik Kebiasaan Orang Rusia Minum VodkaPixabay/jarmoluk

Walaupun terkenal dengan Vodka-nya, tapi Rusia bukanlah negara dengan tingkat konsumsi alkohol paling tinggi di dunia. Orang-orang Rusia tidak minum Vodka setiap hari, tapi saat sudah mulai minum, kebanyakan dari mereka biasanya pantang berhenti sebelum mabuk.

Setiap negara memang memiliki budaya, kebiasaan, dan keunikannya masing-masing. Jika kamu berkunjung ke Rusia, kamu gak akan kaget lagi dengan kehidupan orang Rusia yang gak bisa jauh dari Vodka.

Baca Juga: Selain Vodka, Inilah 5 Minuman Khas Andalan Orang-orang Rusia

Nanda Oktavia Photo Community Writer Nanda Oktavia

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You