Comscore Tracker

5 Merek Ukulele Terbaik dan Berkualitas, Cocok untuk Cover Lagu!

Ukulele lebih mudah dimainkan daripada gitar, lho

Akhir-akhir ini, mulai banyak orang yang mengover lagu dengan ukulele dan mengunggahnya di sosial media atau YouTube. Tak sedikit dari kita yang akhirnya tertarik untuk belajar alat musik dengan empat senar ini. Dibandingkan dengan gitar, ukulele lebih mudah untuk dipelajari.

Berminat untuk belajar memainkan ukulele? Simak dulu rekomendasi merek ukulele terbaik ini, yuk!

1. Kala

5 Merek Ukulele Terbaik dan Berkualitas, Cocok untuk Cover Lagu!instagram.com/kalabrandmusic

Bisa dibilang, Kala cukup dikenal dan dipercaya sebagai produsen ukulele. Setiap ukulele dibuat hand made di Petaluma, California, Amerika Serikat, tutur Kala di laman resminya.

Kala tidak pernah berhenti merilis ukulele baru dengan desain yang menawan. Brand ini menyediakan ukulele untuk segala kategori, mulai dari pemula yang terjangkau hingga profesional yang cukup mahal, terang laman Consordini Musical Instruments.

Kira-kira, berapakah harganya? Untuk tipe KA-SEM Exotic Mahogany Soprano dijual dengan harga US$109.99 (Rp1,6 juta), sementara Kala KA-ASFM C-C Solid Flame Maple Concert Cutaway dibandrol dengan harga US$406.99 (Rp6,02 juta).

2. Donner

5 Merek Ukulele Terbaik dan Berkualitas, Cocok untuk Cover Lagu!instagram.com/iwebgirl

Sebenarnya, Donner tidak hanya memproduksi ukulele, tetapi instrumen musik lain seperti gitar. Meskipun baru didirikan di tahun 2012, kualitasnya tak kalah dari brand yang sudah lama, tegas laman Consordini Musical Instruments.

Apa keistimewaan Donner? Brand ini menghadirkan inovasi yang unik, seperti ukulele bass listrik. Harganya pun lumayan terjangkau, bahkan ada produk yang dijual di bawah US$100 (Rp1,4 juta).

Salah satu yang terjangkau adalah Donner DU-1 yang dijual dengan harga US$79.99 (Rp1,1 juta). Menurut laman Beginner Ukuleles, tipe ini memiliki desain sederhana namun mempunyai konstruksi yang kokoh dengan nada yang penuh dan keras.

Baca Juga: 5 Tipe Gitar yang Dipakai Billie Joe Armstrong, Frontman Green Day

3. Lohanu

5 Merek Ukulele Terbaik dan Berkualitas, Cocok untuk Cover Lagu!instagram.com/leschatsukulele

Lohanu adalah perusahaan asal Kanada yang menyediakan ukulele berkualitas dengan harga yang pas. Nama Lohanu berasal dari kombinasi 3 kata, yaitu love (cinta), ohana (kata Hawaii untuk menyebut keluarga), dan unity (persatuan), ungkap Lohanu di situs resminya.

Berdasarkan klaim dari Lohanu, ini adalah ukulele yang paling banyak terjual lewat Amazon untuk wilayah Amerika Serikat dan Kanada. Untuk menjaga kepuasan konsumen, Lohanu menyediakan garansi seumur hidup untuk ukulele dan aksesorisnya. Keren gak tuh?

Berapa dana yang harus disiapkan untuk membawa pulang ukulele Lohanu? Siapkan US$85.47 (Rp1,26 juta) untuk Lohanu LU-C Concert Size atau US$79.97 (Rp1,18 juta) untuk Lohanu LU-C Soprano.

4. Hricane

5 Merek Ukulele Terbaik dan Berkualitas, Cocok untuk Cover Lagu!instagram.com/hricaneukulele

Beranjak ke Hricane, produsen alat musik ini telah didirikan sejak tahun 2004. Hricane punya pabrik pembuat alat musik independen yang berlokasi di Kota Huizhou, Provinsi Guangdong, Tiongkok, ujar laman Consordini Musical Instruments.

Hricane menyediakan tipe ukulele dengan ukuran dan bahan yang berbeda-beda. Bahkan, ada yang terbuat dari kayu koa yang merupakan endemik dari Hawaii dan bisa memberikan suara tradisional.

Jangan kaget, sebab harga ukulele Hricane tergolong murah! Untuk Hricane Concert Ukulele Spruce Top Walnut Cutaway dijual seharga US$69.99 (Rp1,03 juta). Ada pula Hricane Concert Size Solid Flame Maple Wood yang dijual dengan harga US$130 (Rp1,92 juta), terang Hricane di website resminya.

5. Mahalo

5 Merek Ukulele Terbaik dan Berkualitas, Cocok untuk Cover Lagu!instagram.com/mg_indonesia

Mahalo mengklaim dirinya sebagai merek ukulele terlaris di banyak negara. Brand ini lebih dominan di segmen pasar pemula, sehingga harganya masih bisa dijangkau oleh banyak orang, ungkap laman Consordini Musical Instruments.

Ada berbagai tipe ukulele yang bisa dipilih, seperti seri kahiko, kahiko plus, rainbow, u-smile, art, creative, designer, hano, java, custom, laser engraved, hingga bass, urai Mahalo di situs resminya.

Berapa budget yang harus disiapkan untuk memiliki ukulele Mahalo? Untuk Mahalo Kahiko Series Soprano dijual dengan harga US$41.95 (Rp621 ribu), sementara Mahalo Rainbow Series Soprano dijual seharga US$21.67 (Rp320 ribu). Sangat murah, kan?

Nah, itulah lima merek ukulele terbaik dan berkualitas yang direkomendasikan untukmu. Tertarik untuk membelinya?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Keyboard Piano 88 Tuts, Cocok untuk Pemula & Profesional

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah and @foodgraphy_indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya