Comscore Tracker

10 Kota dengan Kualitas Hidup Paling Baik di Dunia 2019

Kira-kira Indonesia di urutan berapa ya?

Mercer kembali merilis daftar kota layak huni 2019. Survei tahunan ini mengevaluasi 450 kota di seluruh dunia. Pemeringkatan ini diurutkan berdasarkan 39 faktor yang dikelompokkan dalam 10 kategori.

Kategori tersebut yakni sosial politik, ekonomi, sosial budaya, medis dan kesehatan, sekolah dan pendidikan, layanan public dan transportasi, rekreasi, barang konsumen, pemukiman, hingga lilngkungan alam yang meliputi iklim serta bencana.

Lantas kota apa saja yang memiliki kualitas hidup yang baik? Berikut ini 10 yang terbaik.

1. Wina, Austria

10 Kota dengan Kualitas Hidup Paling Baik di Dunia 2019lonelyplanet.com

Survei tahunan yang menginjak angka 21 tahun ini kembali menempatkan Wina sebagai kota dengan kualitas hidup terbaik. Wina bertengger di posisi ini selama 10 tahun berturut-turut.

2. Zurich, Swis

10 Kota dengan Kualitas Hidup Paling Baik di Dunia 2019fanpop.com

Zurich merupakan kota terbesar di Swiss. Kota yang berada di benua Eropa ini menjadi pusat perdagangan di Swiss. Bandara hingga universitas terkemuka milik Swiss ada di kota ini.  

3. Vancouver, Kanada

10 Kota dengan Kualitas Hidup Paling Baik di Dunia 2019forbestravelguide.com

Naik dari posisi lima tahun lalu, kota terbesar ketiga di Kanada ini terkenal akan keindahan alamnya. Hal ini dikarenakan Vancouver diliputi oleh pemandangan dari Pengunungan Pesisir Utara.  Di sini juga terdapat taman kota yang indah dan terbesar ketiga di Amerika Utara.

4. Munich, Jerman

10 Kota dengan Kualitas Hidup Paling Baik di Dunia 2019cruisemapper.com

Munich terkenal sebagai kota wisata terbaik. Banyak bangunan-banguna bersejarah yang menjadi ikon kota. Selain itu di Munich juga dikenal sebagai kota utama untuk sains dan penelitian di Jerman.

Baca Juga: Keren! Indonesia Masuk Daftar Negara Terindah ke-6 di Dunia

5. Auckland, Selandia Baru

10 Kota dengan Kualitas Hidup Paling Baik di Dunia 2019newshub.co.nz

Sebagai kota metropolitan terbesar di Selandia Baru, warga Auckland sangat ramah akan transportasi umum. Pemerintah setempat menyediakan bus-bus yang dapat menjangkau ke semua tempat. Meski demikian, kota ini dikenal sebagai kota mahal.

6. Düsseldorf, Jerman

10 Kota dengan Kualitas Hidup Paling Baik di Dunia 2019thatbackpacker.com

Dusseldorf dikenal juga sebagai kota universitas serta pusat fashion dan seni di Jerman. Ada belasan teater dan museum seni yang tersebar di kota dengan luas 217 km persegi itu. Ibu kota negara bagian Nordrhein-Westfalen ini juga merupakan pusat ekonomi di Jerman Selatan.

7. Frankfurt, Jerman

10 Kota dengan Kualitas Hidup Paling Baik di Dunia 2019cathaypacific.com

Sebagai pusat finansial terbesar di benua Eropa, tak heran bila biaya hidup di Frankrut sangat mahal dibanding kota-kota lainnya di Jerman. The Romerberg, Taman Palmengarten, Goethe House, dan Kleinmarkthalle adalah tempat-tempat yang wajib dikunjungi di kota ini.

8. Kopenhagen, Denmark

10 Kota dengan Kualitas Hidup Paling Baik di Dunia 2019steemit.com

Kopenhagen merupakan pusat keuangan, ekonomi, dan budaya di Denmark. Banyak perusahaan –perusahaan besar berdiri di sini. Di bidang seni, Kopenhagen memiliki beberapa museum berkelas internasional sepeti Nationalmuseet, Statens Museum for Kunst, dan Ny Carlsberg Glyptotek.

9. Jenewa, Swiss

10 Kota dengan Kualitas Hidup Paling Baik di Dunia 2019lonelyplanet.com

Markas organisasi internasional seperti PBB terletak di Jenewa. Begitu juga dengan WHO, WTO, hingga International AIDS Society. Sebagai kota terpadat kedua di Swiss, Jenewa memiliki ikon kota yang cantik yang dapat dilihat dari penjuru kota yakni air mancur stinggi 140 meter. Air mancur ini berada di Danau Jenewa.

10. Basel, Swiss

10 Kota dengan Kualitas Hidup Paling Baik di Dunia 2019basel.com

Berbatasan dengan Jerman dan Prancis, Basel merupakan kota tempat pusatnya industri kimia dan farmasi. Transportasi di kota ini sangat memadai dengan adanya jaringan tram yang luas danberoperasi cukup lama yakni mulai jam 4 pagi hingga 1 malam.

Bagaimana dengan Indonesia? Dalam daftar ini, Jakarta bertengger di posisi 142 dari 231 kota yang dirilis. Urutan ini sangat jauh dibandingkan negara tetangga seperti Singapura di posisi 25 dan Kuala Lumpur di urutan 85. 

Baca Juga: 10 Kota Terbaik untuk Liburan dari Seluruh Dunia, Bali Salah Satunya

Kanuri Photo Community Writer Kanuri

Introvert menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You