Comscore Tracker

12 Mitos Paling Populer yang Masih Banyak Dipercaya Masyarakat

Kamu percaya juga, gak? #IDNTimesHype

Masyarakat Indonesia memang masih cukup banyak yang percaya dengan mitos. Berbeda dengan fakta, mitos yang beredar biasanya dipengaruhi oleh banyak sumber non-ilmiah. Mulai dari kepercayaan yang berkaitan dengan makhluk ghaib, fenomena alam, sampai tradisi masa lalu yang seringkali di luar nalar dan logika.

Menariknya, beberapa mitos ternyata masih sangat populer hingga banyak juga yang tetap dipercaya, lho. Mau tahu apa saja? Keep reading!

1. Anak gadis yang duduk di depan pintu akan susah dapat jodoh

12 Mitos Paling Populer yang Masih Banyak Dipercaya MasyarakatIlustrasi sedang duduk (Unsplash.com/Anthony Tran)

Mitos yang satu ini memang terbilang legendaris, terutama di masyarakat Jawa. Boleh jadi alasan utamanya karena akan menghalangi jalan. Namun, 'ancaman' susah dapat jodoh tampaknya lebih manjur dibanding larangan demi sopan santun.

2. Menyapu tidak bersih, jodohnya brewokan

12 Mitos Paling Populer yang Masih Banyak Dipercaya MasyarakatIlustrasi sapu (Unsplash.com/Neal E. Johnson)

Gak kalah hits, mitos terkait menyapu memang jadi andalan para ibu untuk anak gadisnya. Alih-alih menjelaskan demi kebersihan, jodoh brewokan ternyata lebih menakutkan. Dasar anak zaman sekarang, jodoh brewokan justru dinilai macho. Alhasil, meski populer, mitos tersebut malah jadi terpatahkan.

3. Larangan keluar saat magrib

12 Mitos Paling Populer yang Masih Banyak Dipercaya MasyarakatIlustrasi di rumah (Unsplash.com/Fazly Shah)

Masih dari Jawa, ada mitos populer terkait larangan keluar saat magrib. Ada kepercayaan bahwa di waktu tersebut makhluk halus banyak berkeliaran hingga akan terjadi penculikan. Masih ada yang berani keluar saat magrib?

4. Posisi rumah tusuk sate

12 Mitos Paling Populer yang Masih Banyak Dipercaya MasyarakatIlustrasi rumah (Unsplash.com/Trinity Nguyen)

Pernah dengar jangan memilih rumah dengan posisi tusuk sate? Menurut kepercayaan di masyarakat, rumah tusuk sate katanya bisa membawa sial sebab akan membawa aura negatif seperti hawa panas terus menerus. Alhasil, banyak orang yang menghindaru rumah tusuk sate sebagai hunian.

Baca Juga: 13 Mitos dan Takhayul yang Sangat Populer di Brasil, Kamu Percaya?

5. Menyisakan nasi saat makan

12 Mitos Paling Populer yang Masih Banyak Dipercaya MasyarakatIlustrasi anak sedang makan (Unsplash.com/Tanaphong Toochinda)

Para orang tua kerap menegur anak-anaknya jika tidak menghabiskan makanan. Hal ini gak lepas dari mitos yang beredar bahwa jika menyisakan nasi saat makan akan membuat nasi menangis. 

6. Ibu hamil wajib membawa gunting

12 Mitos Paling Populer yang Masih Banyak Dipercaya MasyarakatIlustrasi gunting (Unsplash.com/lucas mendes)

Ada kepercayaan bahwa gunting dianggap sebagai penolak bala. Oleh karenanya, ibu hamil harus membawa gunting untuk melindungi diri dari gangguan jin dan mahkluk halus lain.

7. Suami dilarang menggunting sesuatu

12 Mitos Paling Populer yang Masih Banyak Dipercaya MasyarakatIlustrasi gunting (Unsplash.com/Pro Church Media)

Kalau ibu hamil wajib membawa gunting, lain cerita dengan suaminya. Menurut mitos, suamu justru dilarang menggunting sesuatu saat istrinya sedang hamil. Alasannya, konon si bayi dalam kandungan akan terlahir cacat jika pantangan ini dilanggar.

8. Gigi copot

12 Mitos Paling Populer yang Masih Banyak Dipercaya MasyarakatIlustrasi gigi (Unsplash.com/Jonathan Borba)

Pernah dengar anjuran tentang cara membuang gigi yang tanggal? Menurut kepercayaan, kalau gigi atas yang tanggal, maka kita harus melemparkannya ke atas genteng dan sebaliknya. Hal ini dilakukan supaya gigi yang tanggal tadi bisa tumbuh kembali.

9. Membuka payung di dalam rumah

12 Mitos Paling Populer yang Masih Banyak Dipercaya MasyarakatIlustrasi payung (Unsplash.com/Ahn Nguyen)

Masih cukup populer dan kerap jadi pantangan, membuka payung di dalam rumah juga banyak dihindari orang, lho. Mitosnya, hal ini bisa mendatangkan nasib sial.

10. Bulu mata yang jatuh

12 Mitos Paling Populer yang Masih Banyak Dipercaya MasyarakatIlustrasi bulu mata (Unsplash.com/Dahiana Waszaj)

Jika ada bulu mata jatuh dan menempel di wajah, itu artinya ada seseorang yang merindukan kita. Lalu, jika bulu mata tersebut ditepuk-tepuk dengan tangan sambil melafalkan huruf, berarti orang tersebut yang sedang rindu. Masih percaya mitos ini, gak?

11. Mengantongi batu

12 Mitos Paling Populer yang Masih Banyak Dipercaya MasyarakatIlustrasi membawa batu (Unsplash.com/petr sidorov)

Ada yang kalau kebelet buang air lantas mencari batu untuk digenggam dan dikantongi? Konon, cara ini ampuh untuk menahan kebelet yang dirasakan. Caranya sih mitos, tapi nyatanya masih saja ada yang percaya.

12. Kejatuhan cicak

12 Mitos Paling Populer yang Masih Banyak Dipercaya MasyarakatIlustrasi kejatuhan cicak (Unsplash.com/junaidcreative)

Cicak juga kerap dijadikan kambing hitam tentang nasib buruk. Mitos populer terkait hal ini adalah kabar kematian orang terdekat andai kita kejatuhan cicak. Masih banyak yang percaya mitos ini, lho!

Gimana? Mitos-mitos tadi masih cukup populer, bukan? Kalau ada yang mau nambahi, boleh, kok share di kolom komentar.

Baca Juga: Jika Ingin Bahagia, 5 Mitos Pernikahan Ini Sebaiknya Kamu Singkirkan

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya