Comscore Tracker

5 Kebiasaan Orang Indonesia Saat Lebaran

Mari menyambut hari kemenangan.

Siapa yang tak bahagia ketika Lebaran datang? Rasa suka cita menghampiri bagi siapa saja yang merayakan. Bahkan, umat non-muslim yang tak merayakan pun turut bersuka cita menyambut Lebaran. Sedikitnya ada 5 kebiasaan orang Indonesia yang tak bisa dilepaskan saat Lebaran. Apa saja ya?

1. Berharap diberi "angpao" alias salam tempel Lebaran.

5 Kebiasaan Orang Indonesia Saat Lebaranrimanews.com

Siapa yang tidak mau angpao? Dari anak kecil hingga dewasa pasti senang menerimanya. Ketika lebaran tiba, pasti sebagian besar dari kalian berpindah profesi sehari menjadi "angpao hunter" atau pemburu angpao. Angpao Lebaran juga dapat diistilahkan sebagai salam tempel merupakan bentuk "terima kasih" atau sedekah uang yang dimasukkan dalam amplop. Besarnya beragam, mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 100 ribu.

2. Silaturahmi ke rumah gebetan, mantan, pacar, hingga calon mertua.

5 Kebiasaan Orang Indonesia Saat Lebaranpulsk.com

Berkunjung atau bersilaturahmi kerumah keluarga, kerabat, tetangga mungkin sudah terlalu biasa dilakukan. Tapi, tidak sedikit orang, atau mungkin termasuk kalian, memilih rumah mantan atau gebetan sebagai tujuan destinasi Lebaran. Hitung-hitung menjalin hati yang belum tersambung. Eh!

Selain untuk lebih mengenal dekat keluarga secara langsung, paling tidak dapat melihat wajah orang tercinta kalian ketika Lebaran. Bayangkan saja jika kalian sedang makan ketupat dan rendang bersama gebetan , lantas semua keluarganya menghampiri kalian dan bertanya "Kapan nikahnya?"

3. Setiap berhenti di satu rumah, pasti makan dulu.

5 Kebiasaan Orang Indonesia Saat Lebarankompas.com

Sebagian di antara kalian pasti pernah melakukan kebiasaan yang satu ini. Bersilaturahim ke rumah tetangga dan saudara, kue Lebaran pun menjadi incaran utama. Kalian pasti menyempatkan makan kue Lebaran yang ada di setiap rumah. Syukur-syukur kalau orang tersebut menyajikan kue kesukaan kita. Gak lupa pula ngantongin permen dalam saku. Haha!

Baca juga: Unik, 12 Tradisi Ini Hanya Ada di Indonesia Jelang Ramadan

4. Memakai baju baru ketika Hari Raya Lebaran.

5 Kebiasaan Orang Indonesia Saat Lebaranmodel-muslim.com

Selain dari hati yang bersih hingga bau parfum yang bertebaran, entah mengapa bau dari baju baru menjadi aroma yang berbeda dan ditunggu-tunggu. Sebagian besar orang memakai baju baru saat Lebaran. Tak hanya baju baru, sandal dan hijab pun juga turut diperbaharui. Meski sebenarnya tidak relevan karena substansi Lebaran adalah hati yang bersih dan baru.

5. Ziarah ke makam.

5 Kebiasaan Orang Indonesia Saat Lebarantuntunanshalat.info

Hal yang tak kalah penting adalah ziarah ke makam para saudara yang telah pergi mendahului kita. Biasanya ziarah makam dilakukan selepas sehari sebelum Lebaran hingga usai salat Ied.

Baca juga: 12 Tradisi Perayaan Ramadan di Berbagai Negara

Rahul Fahry Photo Verified Writer Rahul Fahry

Menyukai segala jenis Apresiasi seni

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You