Comscore Tracker

7 Manfaat Ajaib Mandi Air Dingin

Ternyata, nggak cuma air panas yang layak jadi favorit!

Mandi air dingin? Brr.. Mending yang hangat-hangat aja. Air dingin terasa menyeramkan terlebih di pagi hari. Air dingin bukan air yang biasa digunakan untuk mandi pada umumnya, kecuali mereka yang tinggal di daerah pegunungan, pastinya sudah biasa. Sebenarnya, mandi air dingin justru membawa berbagai macam manfaat kesehatan, lho! Apa saja?

1. Meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan.

7 Manfaat Ajaib Mandi Air DinginSumber Gambar: www.huffingtonpost.ca

Mandi dengan air dingin dapat membuatmu lebih sadar dan waspada, daripada mandi air hangat yang cenderung membuatmu rileks. Kalau mandi air hangat, sebelum tidur saja.

2. Membakar kalori.

7 Manfaat Ajaib Mandi Air DinginSumber Gambar: www.dorra.com.my

Kabari baik buat kamu yang sedang diet, mandi air dingin membantumu menurunkan berat badan! Tubuh memiliki dua macam lemak, lemak cokelat dan lemak putih. Lemak putih adalah lemak yang berusaha kita hilangkan. Ketika tubuh menerima temperatur air yang dingin, lemak cokelat akan aktif untuk menghangatkan tubuh kita dengan membakar lemak putih. Air dingin membuat metabolisme lemak cokelat meningkat hingga 15 kali. Keren nggak?

3. Memperbaiki mood.

7 Manfaat Ajaib Mandi Air DinginSumber Gambar: 7-themes.com

Mandi air dingin menstimulasi sekresi non-adrenalin di otak, yang terkait dengan memperbaiki gangguan mood seperti depresi.

4. Meningkatkan imunitas.

7 Manfaat Ajaib Mandi Air DinginSumber Gambar: us.myprotein.com

Orang yang mandi air dingin cenderung memiliki sel darah putih lebih banyak, yang bertugas melawan virus penyebab penyakit.

5. Memperlancar sirkulasi darah.

7 Manfaat Ajaib Mandi Air DinginSumber Gambar: infraredheatheals.wordpress.com

Selain itu, juga memperlancar sirkulasi darah untuk menjaga organ tubuh tetap hangat, sehingga kamu akan memiliki tekanan darah lebih baik dan juga terhindar dari arteri yang buntu.

6. Mempercantik rambut dan kulit.

7 Manfaat Ajaib Mandi Air DinginSumber Gambar: jcoehaircare.com

Air panas dapat membuat kulit kita kering, sedangkan air dingin mempersempit kutikula dan pori-pori kulit kita, menghindarkannya dari penyumbatan (dadah komedo!). Selain itu, juga membantu mempertahankan minyak alami dari kulit dan rambut. Wah, udah sehat, cantik lagi.

7. Meningkatkan testosteron.

7 Manfaat Ajaib Mandi Air DinginSumber Gambar: moviepilot.com

Untuk para pria, air dingin akan membantu meningkatkan testosteron. Namun, air dingin dapat membantu menjaga tingkat testosteron. Hal ini terbukti dengan testimoni dari berbagai sumber yang menyatakan mandi air dingin membuatnya lebih termotivasi dan berenergi dalam berolahraga atau nge-gym.

Itulah tujuh manfaat ajaib dari mandi menggunakan air dingin. Bagi kamu yang nggak memiliki keran atau shower air dingin, mulai sekarang siapkan es batu yah!

Topic:

Berita Terkini Lainnya