Comscore Tracker

Kucing 101: 8 Tanda Kucing Peliharaanmu Stres, Jangan Abaikan

Dimulai dari perubahan perilaku kucing

Stres bisa membuat siapa pun berubah, termasuk kucing peliharaan. Stres pada kucing biasanya disebabkan karena cemas dan takut. Kalau dibiarkan, stres menjadi penyebab utama masalah kesehatan lho.

Patricia B. McConnel, Ph. D, dokter hewan dan ahli perilaku hewan bersertifikat, menyebutkan stres kronis bisa menekan respon kekebalan tubuh yang akhirnya menyebabkan berbagai penyakit pada kucing. Stres ini ditandai dengan perubahan perilaku kucing seperti yang ada di bawah ini.

1. Buang air kecil atau kotoran bukan pada tempatnya

Kucing 101: 8 Tanda Kucing Peliharaanmu Stres, Jangan Abaikanpixabay.com/Kirgiz03

Tentu sangat menyebalkan jika harus membersihkan feses kucing peliharaanmu yang berada di luar kotak kotorannya. Tapi kamu perlu khawatir jika dia sering melakukan hal ini. 

Bisa saja kucing ini sedang stres dan memberikan tanda bila ada yang salah dengan tubuhnya. Jika melihat pertanda ini, konsultasikan secepatnya ke dokter hewan ya. 

2. Diare, konstipasi, atau masalah pencernaan lain

Kucing 101: 8 Tanda Kucing Peliharaanmu Stres, Jangan Abaikanpixabay.com/Dimhou

Kalau kamu melihat feses kucing cair dan bau lebih busuk dibandingkan hari-hari sebelumnya, ini bisa jadi pertanda ada yang salah dengan tubuhnya. Jika sudah begini, hubungi dokter hewan secepatnya

3. Menjilati kulitnya secara berlebihan

Kucing 101: 8 Tanda Kucing Peliharaanmu Stres, Jangan Abaikanpixabay.com/ TeamK

Sudah sejak lama, kucing dikenal sebagai hewan yang senang mempercantik diri. Cara kucing berdandan adalah dengan menjilati tubuhnya.
Tapi kamu patut khawatir bila melihat kucing peliharaanmu menjilati tubuhnya secara berlebihan. Apalagi kalau dia menjilati kulitnya yang tidak berbulu atau botak. Bisa jadi ini merupakan pertanda kucingmu alami stres.

4. Tiba-tiba suka sekali tidur dalam waktu yang lama

Kucing 101: 8 Tanda Kucing Peliharaanmu Stres, Jangan Abaikanpixabay.com/luxstorm

Meskipun kucing mampu tidur hingga 20 jam, tapi ini bukan hal yang wajar. Karena tidur yang terlalu lama juga pertanda kucing stres lho. 

Baca Juga: Kucing 101: Seperti Apa Virus Corona Jika Menyerang Kucing?

5. Menyerang hewan peliharaan yang lain

Kucing 101: 8 Tanda Kucing Peliharaanmu Stres, Jangan Abaikanmeme-arsenal.com

Selain tidur yang terlalu lama, kucing yang agresif juga bisa pertanda stres. Jika biasanya kalem, kini dia sering memicu pertengkaran dengan hewan peliharaan yang lain. Segeralah amankan kucing dan konsultasikan perilakunya pada dokter hewan

6. Agresif pada manusia

Kucing 101: 8 Tanda Kucing Peliharaanmu Stres, Jangan Abaikanrd.com/Artem Sokolov/Shutterstock

Bukan hanya agresif pada hewan di sekitarnya, kucing yang stres juga bisa menyerang pemiliknya dan manusia lain di dekatnya. Perilaku ganas ini menjadi tanda kalau kucing merasa tertekan atau sakit.

7. Mengeong yang berlebihan

Kucing 101: 8 Tanda Kucing Peliharaanmu Stres, Jangan Abaikanpixabay.com/Leuchtturm81

Kucing suka mengeong untuk mendapatkan perhatian dari pemiliknya. Tapi kalau dia mengengong dengan suara yang panik, bisa jadi kucingmu stres. Daripada menebak dia berbicara apa, Yuk bawa dia ke dokter hewan.

8. Isolasi diri

Kucing 101: 8 Tanda Kucing Peliharaanmu Stres, Jangan Abaikanpixabay.com/CharlesLeslieJr

Kucing peliharaan yang biasa manja denganmu tetiba tidak ingin di dekat. Bukan hanya itu, dia bahkan ingin menyendiri hingga mengisolasi dirinya. Eits, itu pertanda stres!

Kalau kamu melihat kucing kesayangan mempunyai tanda-tanda di atas, mungkin saja stres atau kesehatan yang terganggu. Keadaan akan semakin parah jika kucing juga menggaruk berlebihan dan tidak mau makan, segera bawa ke dokter hewan ya.

Baca Juga: Kucing 101: Seperti Apa Virus Corona Jika Menyerang Kucing?

Iam_Lathiva Photo Verified Writer Iam_Lathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya