Comscore Tracker

12 Tradisi Perayaan Ramadan di Berbagai Negara

Bagaimana di Indonesia ya?

Bulan Ramadan adalah bulan dimana seluruh umat muslim menjalan puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Selama bulan ini, beberapa negara juga mengadakan tradisi-tradisi khas untuk menyambut bulan suci ini. Mereka mempunyai cara sendiri yang begitu unik dan sangat indah untuk dirayakan.

1. Pakistan.

12 Tradisi Perayaan Ramadan di Berbagai NegaraWally Santana

Di Pakistan, seluruh pria beragama muslim mengunjungi masjid di malam hari untuk melaksanakan salat tarawih. Sedangkan para wanita dilarang menginjakkan kaki di masjid, sehingga mereka harus melaksanakan salat di rumah.

2. Iraq.

12 Tradisi Perayaan Ramadan di Berbagai Negaraenglish.alarabiya.net

Pasar tradisional di Iraq selalu dibanjiri pedagang yang menyediakan permen dan kue kering. Para pembeli pun sangat antusias memborong makanan-makanan tersebut untuk anggota kelurganya di rumah. Namun, tradisi ini sudah mulai berubah sejak adanya perang dan konflik yang terjadi di Iraq.

Baca Juga: Unik, 12 Tradisi Ini Hanya Ada di Indonesia Jelang Ramadan

3. Turki.

12 Tradisi Perayaan Ramadan di Berbagai Negaraalayam.com

Pada Bulan Ramadan, penduduk Turki beramai-ramai menggunakan pakaian terbaik mereka yang disebut bayramlık. Mereka juga akan pergi menemui keluarga dan teman-teman terdekat di bulan suci ini. Berbagai pertunjukkan juga kerap digelar untuk menghibur anak-anak dan warga asing.

4. Arab Saudi.

12 Tradisi Perayaan Ramadan di Berbagai Negaratravelella.blogspot.co.id

Di Arab Saudi, seluruh supermarket, kafe dan restoran tutup pada siang hari. Jadi meskipun kamu gak puasa jangan harap bisa membeli makanan di luar pada saat siang hari.

5. Kuwait.

12 Tradisi Perayaan Ramadan di Berbagai Negarakuwaitlocal.com

Orang-orang Kuwait sangat suka merayakan puasa dengan cara tradisional. Biasanya mereka akan menghabiskan waktu dengan membaca Al-Quran selama Bulan Ramadan dan sholat tarawih pada malam hari.

6. India.

12 Tradisi Perayaan Ramadan di Berbagai NegaraKrishnendu Halder

Nggak seperti negara dengan mayoritas muslim lainnya, orang-orang muslim di India lebih memilih untuk melayani sesama umat muslim lainnya yang membutuhkan.

7. Australia.

12 Tradisi Perayaan Ramadan di Berbagai Negaradailymail.co.uk

Di kota muslim di Australia sangat sepi pada siang hari. Namun, saat malam tiba, berbagai jalan akan diramaikan dengan serangkaian acara festival makanan.

8. Indonesia.

12 Tradisi Perayaan Ramadan di Berbagai Negarausnews.com

Toko-toko tradisional akan mebagikan bonus tahunan setelah bulan Ramadan. Hal ini sebagai pertanda bahwa pemilik toko mengalami keuntungan selama bulan suci ini. Selain itu umat muslim di Indonesia juga merayakan salat tarawih pada malam hari.

9. Malaysia.

12 Tradisi Perayaan Ramadan di Berbagai Negaramwfpress.com

Pada saat Bulan Ramadan, hotel dan restoran besar di Malaysia akan menyediakan prasmanan saat buka puasa.

10. Palestina.

12 Tradisi Perayaan Ramadan di Berbagai Negaraqatarday.com

Seperti negara muslim lainnya, keluarga di Palestina akan berkumpul pada saat berbuka puasa dan mereka juga akan membagikan makanan sebelum senja. Namun, konflik di jalur Gaza mulai meghilangkan tradisi ini

11. Libya.

12 Tradisi Perayaan Ramadan di Berbagai Negarayahoo.com

Sama seperti Palestina, Ramadan telah dipenuhi konflik dan pertumpahan darah di Libya. Bukan lagi menjadi bulan penuh perdamaian dan doa.

12. Syria.

12 Tradisi Perayaan Ramadan di Berbagai NegaraKhaled al-Hariri

Alih-alih menjadi waktu berkumpul bersama keluarga, 7,6 juta pengungsi di Syria terpakasa menghabiskan waktu untuk mencari perlindungan di tahun ini.

Baca Juga: Mengintip Berbagai Tradisi Ramadan di Serambi Mekah

Topic:

Just For You