Comscore Tracker

5 Penyebab Mabuk Perjalanan yang Harus Kamu Tahu

Siapa yang masih suka mual-mual di jalan?

Mabuk dalam perjalanan bisa melanda siapa saja, nggak terkecuali kamu yang doyan banget jalan-jalan. Ketika kamu sedang dalam perjalanan ke tempat yang jauh dan merasa mual, pusing, bahkan sampai muntah pasti sangat menyebalkan. Mood kamu bisa langsung berubah dan kondisi kesegaran tubuhmu juga menurun. Tahu nggak sih, mabuk perjalan atau mabuk darat itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor? Yuk simak artikel ini, biar perjalananmu menyenangkan!

1. Rute jalan yang berkelok-kelok

5 Penyebab Mabuk Perjalanan yang Harus Kamu Tahutripsavvy.com

Tak semua rute perjalanan selurus jalan tol. Kadang untuk sampai di tujuan memang harus melewati jalan yang berkelok-kelok dan tidak rata sehingga mobil pun juga harus mengikuti belokan yang kadang disertai tikungan.

Jika kondisi tubuh sedang tak sehat, belokan tajam di jalanan bisa membuat perut serasa diaduk-aduk dan kemudian mabuk darat tak bisa dihindari.

2. Membaca buku di dalam mobil

5 Penyebab Mabuk Perjalanan yang Harus Kamu Tahuleaderpost.com

Mabuk darat biasanya disebabkan ketika telinga dalam dan mata kita tidak sinkron saat tubuh bergerak. Ketika kamu membaca buku di dalam mobil, penglihatanmu tetap fokus pada tulisan sementara telinga dalammu mendeteksi adanya belokan dan guncangan. Ketidakseimbangan sensor ini akan membuatmu mual, mungkin karena otak mengira kita sedang makan sesuatu yang beracun sehingga membuat kita berhalusinasi.

3. Udara di mobil pengap atau tidak sedap

5 Penyebab Mabuk Perjalanan yang Harus Kamu Tahunewatlas.com

Salah satu hal yang tidak menyenangkan saat di perjalanan adalah kondisi mobil yang tidak sesuai. Terlebih jika kamu pergi pakai mobil rental, kadang kondisi mobil yang seadanya membuat sirkulasi udara tidak baik dan berujung pada kondisi udara dalam mobil yang pengap dan tidak sedap.

5 Penyebab Mabuk Perjalanan yang Harus Kamu TahuIDN Times/Sharp

Tapi, beruntunglah sekarang ada Air Purifier New High Density for Car tipe IG-GC2Y-B/N/P yang memiliki sistem deodorasi yang cepat dengan mode turbo untuk menghilangkan bau tidak sedap di dalam kabin mobil sehingga udara dalam mobil selalu terjaga kesegarannya, selain itu filter debu PM10 yang terdapat di setiap sisi, dapat menangkap sekitar 80 persen serbuk sari dan partikel debu halus (10 mikron atau lebih besar ukurannya) yang menjaga kabin mobil tetap bersih dan nyaman.

4. Terlalu lama melihat layar handphone

5 Penyebab Mabuk Perjalanan yang Harus Kamu Tahutechcrunch.com

Sama seperti membaca buku, terlalu lama melihat layar handphone juga bisa bikin mual dan mabuk darat. Intensitas cahaya yang terlalu terang atau cahaya berkedip-kedip di layar handphone kadang bisa membuat kita merasa mual dan pusing.

5. Kondisi perut yang memang sedang tidak bersahabat

5 Penyebab Mabuk Perjalanan yang Harus Kamu Tahupostoffice.co.uk

Jika nomor satu sampai empat sudah dihindari tapi masih mabuk darat juga, mungkin memang kondisi tubuhmu yang tidak bersahabat. Bisa jadi kamu belum sarapan, atau malah makan terlalu banyak sehingga lambungmu terlalu penuh dan bisa berdampak pada kesehatanmu saat sedang bepergian. Apa pun keadaannya, pastikan kondisi tubuhmu prima saat sedang pergi. Kamu gak mau kan saat jalan-jalan selanjutnya kamu masih merasakan mabuk darat lagi? Duh, ini adalah hal yang paling nggak enak!

Ice Juice Photo Verified Writer Ice Juice

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vika Widya Alfianti

Just For You