Comscore Tracker

Cuma Ada di Indonesia, Ini 10 Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru Islam

Ada tradisi memborong perabot rumah tangga, lho

Sebentar lagi umat muslim di Indonesia akan merayakan tahun baru Hijriyah 1440. Indonesia yang terkenal kaya akan tradisi tentu memiliki beragam kebiasaan unik dari berbagai daerah untuk menyambut tahun baru Hijriyah. Apa sajakah itu? Simak uraiannya berikut ini, ya.

1. Bulan Asan-Usen di Aceh

Cuma Ada di Indonesia, Ini 10 Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru IslamANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Pada tanggal 1 Muharram masyarakat Aceh akan melakukan berbagai ritual yang bertujuan untuk mengenang wafatnya cucu Nabi Muhammad SAW yang bernama Husein di Karbala pada bulan yang sama.

Dalam perayaan tersebut mereka tidak lupa menyediakan makanan khas berupa bubur khanji acura yang dibuat dari campuran beras, santan, gula, irisan kelapa, kacang-kacangan dan buah-buahan seperti pepaya, delima, pisang, tebu serta umbi-umbian.

2. Nganggung di Pangkalpinang

Cuma Ada di Indonesia, Ini 10 Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru Islampangkalpinangkota.go.id

Nganggung di Pangkalpinang memiliki makna masyarakat membawa dulang uang berukuran besar yang berisi makanan lengkap dengan lauk-pauknya untuk dimakan bersama-sama dengan warga lainnya di masjid. 

Lebih mudahnya tradisi ini disebut makan besar. Begitulah cara masyarakat Pangkalpinang merayakan tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah.

3. Festival Tabot di Bengkulu

Cuma Ada di Indonesia, Ini 10 Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru Islambungbennynugraha.blogspot.com

Masyarakat Bengkulu merayakan tahun baru Hijriyah dengan melakukan festival Tabot dari tanggal 1 hingga 10 Muharram, yaitu mengarak benda raksasa bernama Tabot keliling kampung. 

Sama seperti di Aceh, perayaan ini juga dilakukan untuk mengenang wafatnya cucu Nabi Muhammad SAW yang bernama Husein di Karbala, Irak. Festival Tabot pertama kali dilakukan pada tahun 1685 oleh Syeh Burhanuddin yang dikenal juga sebagai Imam Senggolo.

Festival Tabot di Bengkulu memiliki aspek ritual dan non ritual. Festival Tabot yang ritual hanya boleh dilakukan bagi mereka yang merupakan keturunan Tabot, sedangkan festival Tabot yang non ritual bisa diikuti oleh siapa saja. Acaranya berupa menari, rebana dan memukul kendang.

4. Memborong perabot di Makassar

Cuma Ada di Indonesia, Ini 10 Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru Islamrakyatsulsel.com

Masyarakat Makassar memiliki tradisi paling unik diantara daerah lainnya di Indonesia. Merayakan tahun baru Hijriyah mereka biasanya berbondong-bondong pergi ke pasar untuk memborong perabot rumah. 

Entah apa yang melatarbelakangi tradisi tersebut, namun yang pasti tradisi ini sudah dilakukan secara turun-temurun. Perabot yang biasanya mereka beli selalu berkaitan dengan tempat air, seperti ember, gayung dan ketel air.

5. Barik'an di Pati

Cuma Ada di Indonesia, Ini 10 Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru Islamjeparahariini.com

Tradisi Barik'an merupakan acara kenduri bersama dimana masyarakat membawa dan mengumpulkan nasi beserta lauk-pauknya dari rumah kemudian dido'akan terlebih dahulu sebelum dimakan bersama dengan masyarakat lainnya. 

Tradisi ini selain untuk merayakan tahun baru Hijriyah juga dianggap sebagai cara untuk meningkatkan kerukunan antara warga yang satu dengan warga lainnya.

Baca Juga: Ada Beragam Tahun Baru, Begini Lho 3 Macam Sistem Penanggalan di Bumi

6. Ngadulag di Sukabumi

Cuma Ada di Indonesia, Ini 10 Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru Islambreakingnews.co.id

Di Sukabumi masyarakat merayakan tahun baru Hiriyah dengan mengikuti lomba menabuh beduk yang disebut ngadulag. Peserta lomba biasanya berbentuk kelompok yang terdiri dari tiga orang atau lebih dan memiliki tugas sebagai pemukul beduk, pemukul kentungan dan pemukul alat tambahan lainnya. 

Irama yang dimainkan para peserta lomba selalu membuat penonton kagum karena mereka bisa menampilkan sesuatu yang unik.

7. Ledug Suro

Cuma Ada di Indonesia, Ini 10 Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru Islamyudhasatria45.wordpress.com

Tahun baru Hijriyah dirayakan masyarakat Magetan dengan melakukan tradisi Ledug Suro yang dimulai dengan kirab nayoko projo yang dibuat menyerupai bentuk lesung. Acara diakhiri dengan ritual andhum bolu rahayu dengan bentuk bedug dan para warga akan saling berebut bolu yang merupakan makanan khas Magetan tersebut.

8. Mubeng Beteng di Yogyakarta

Cuma Ada di Indonesia, Ini 10 Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru Islamjogja.sorot.co

Tradisi mubeng beteng adalah tradisi mengelilingi benteng (mubeng beteng) yang dilaksanakan setiap 1 Muharram di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan diikuti oleh semua warga.

Saat pelaksanaan tradisi tersebut para warga dan abdi dalem keraton akan mengelilingi benteng-benteng dengan jumlah hitungan ganjil dan berjalan tanpa alas kaki dan tidak mengeluarkan suara (Tapa Bisu). Makna tradisi mubeng beteng sendiri merupakan wujud rasa prihatin, introspeksi dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

9. Ngumbah Keris di Jawa

Cuma Ada di Indonesia, Ini 10 Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru Islamzonajatim.net

Masyarakat Jawa merayakan 1 Muharram dengan tradisi mencuci keris atau yang dalam bahasa jawa dikenal ngumbah keris. Tradisi ini merupakan tradisi sakral yang hanya boleh dilakukan pada waktu-waktu tertentu saja. Tradisi mencuci keris dipercaya dapat menambah kekuatan ghaib pada keris tersebut.

10. Kirab Kebo Bule di Surakarta

Cuma Ada di Indonesia, Ini 10 Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru Islamelshinta.com

Setiap tanggal 1 Muharram Keraton Surakarta mengadakan tradisi mengarak Kebo Bule yang sebenarnya kerbau albino mengelilingi kota Surakarta. Kerbau (kebo) yang dianggap keramat dalam tradisi ini dipercaya merupakan hewan kesayangan Paku Buwono II menurut buku Babad Solo karya Raden Mas (RM) Said.

Yang paling menjadi sorotan dalam tradisi ini adalah saat masyarakat saling berebut untuk bisa menyentuh kerbau yang diarak dan mencari kotorannya yang dipercaya akan membawa keberkahan bagi orang yang berhasil mendapatkannya.

Itu lah 10 tradisi merayakan tahun baru Hijriyah paling unik dan hanya terjadi di Indonesia. Jadi, setuju dong kalau negara kita memang kaya akan tradisi?

Baca Juga: 5 Kota Ini Rutin Gelar Tradisi Unik Setiap Malam Satu Suro

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya