Comscore Tracker

10 Hal Nyebelin yang Pasti Kamu Alami Ketika Berkendara di Jalan

Paling sebel kalau udah ketemu pengendara yang gak sabaran

Baik pribadi ataupun umum, penggunaan transportasi sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masayarakat kita, dimulai dari roda dua, tiga ataupun empat.

Salah satu syarat yang memperbolehkan seseorang berkendara, tentu orang tersebut harus memiliki surat izin mengemudi (SIM) terlebih dahulu. Selain itu, pengguna kendaraan juga diwajibkan untuk melengkapi syarat-syarat berkendara lainnya seperti STNK, menggunakan helm, memasang spion lengkap, serta senantiasa mematuhi marka jalan dan rambu-rambu yang berlaku.

Meskipun demikian, sampai saat ini masih banyak orang-orang yang "nakal" yang tidak mematuhi peraturan yang berlaku. Ditambah, beberapa dari mereka kadang berlaku seenaknya ketika berkendara. Seperti yang kali ini akan dibahas di bawah ini yaitu beberapa hal nyebelin yang mungkin pernah kamu alami ketika berkendara di jalan raya.

1. Ketika ada pengendara yang nggak sabaran. Baru berhenti dikit aja,sudah langsung di-klakson secara membabi buta

10 Hal Nyebelin yang Pasti Kamu Alami Ketika Berkendara di Jalanpixabay/webandi

"Tiiit tiiit tiiiit, woi buruan maju dong!"

Salah satu hal paling nyebelin ketika berkendara adalah saat dimana kita bertemu dengan pengendara yang nggak sabaran. Meski mereka sebenarnya gak buru-buru amat, tapi mereka seolah gak rela untuk sekedar berhenti sejenak menunggu kendaraan lain lewat.

2. Ketika ada kendaraan yang berusaha nyalip di tikungan, terus kita datang dari arah berlawanan ditambah dengan jalanannya yang sempit. Duh keselnya minta ampun!

10 Hal Nyebelin yang Pasti Kamu Alami Ketika Berkendara di Jalanpexels/Sophy Chen

Siapa sih yang nggak kesal ketika dihadapkan dengan situasi seperti itu? Selain bikin pengendara lain naik darah, kebiasaan suka nyalip di tikungan juga sangat membahayakan pengendara lain dan juga si pengendara itu sendiri. Kamu jangan seperti itu ya!

3. Kalau pas tikungan atau belokan itu, ya gasnya pelanin dikit kenapa? Kan suka sebel kalau tiba-tiba pas tikungan ada kendaraan yang tiba-tiba nongol dengan begitu kencangnya

10 Hal Nyebelin yang Pasti Kamu Alami Ketika Berkendara di Jalanpexels/Guduru Ajay bhargav

Siapa sih yang gak bakal jantungan ketika pas di tikungan, tiba-tiba ada kendaraan lain yang datang dengan laju yang cukup kencang. Kamu sendiri pasti bakal kaget kan?

Kalau akan berbelok, sebisa mungkin kamu harus menurunkan sedikit laju kendaraanmu ya! Kamu gak mau kan mencelakai diri sendiri ataupun orang lain gara-gara ngebut di tikungan?

4. Belum lagi kalau udah ketemu sama pengendara yang ngasih sen kanan, tapi belok kiri. Duh, adik pengen marah bang!

10 Hal Nyebelin yang Pasti Kamu Alami Ketika Berkendara di Jalanunsplash/Jesse Collins

Bukan cuma emak-emak saja yang suka ngasih sen kanan tapi belok kiri, karena gak sedikit juga pengendara lain yang sering melakukan hal tersebut. Kamu jangan sampai ikut-ikutan ya! Soalnya salah ngasih lampu sen juga bisa membahayakan dirimu dan orang lain.

5. Antara kaget dan kesal, kalau tiba-tiba ada kendaraan lewat di samping kita. Terus ngasih klakson yang bunyinya bikin sakit telinga, plus bikin jantungan orang yang ada di dekatnya

10 Hal Nyebelin yang Pasti Kamu Alami Ketika Berkendara di Jalanpexels/Genaro Servín

Kalau ada kendaraan yang cukup besar, terus lewat di samping kita sambil membunyikan klakson yang memekakan telinga. Ditambah, laju kendaraannya yang menimbulkan kamu seolah mau "terbang" dari motor yang sedang kamu tumpangi. Duh, kagetnya gak kepalang.

Baca Juga: Ingin Ngebut di Jalan Tol? Ini 7 Tipsnya Agar Tetap Aman

6. Bukannya cemburu, kalau lihat ada orang pacaran lagi naik motor, kadang mereka itu suka sengaja ngelambatin laju kendaraannya. Jadi ganggu pemandangan aja!

10 Hal Nyebelin yang Pasti Kamu Alami Ketika Berkendara di Jalanpexels/Mateusz Dach

Kadang kelakuan beberapa orang yang lagi pacaran itu suka bikin orang lain kesal. Contohnya saja, ketika mereka naik motor. Kadang mereka dengan sengaja melambatkan laju kendaraannya agar bisa berduaan lama-lama.

Belum lagi kalau kamu melihat mereka lagi bercandaan di atas motor. Serasa jalan raya cuma milik mereka berdua.

7. Belum lagi kalau ketemu kendaraan yang nyampah di jalan. Duh, jangan ditiru ya guys!

10 Hal Nyebelin yang Pasti Kamu Alami Ketika Berkendara di Jalanpexels/Suzy Hazelwood

Kamu pernah melihat orang yang buang sampah sembarangan dari kendaraannya? Atau mungkin kamu sendiri sering ngelakuin?

Entah itu puntung rokok, kertas, atau mungkin kemasan makanan. Sekecil apapun itu sampah, kalau namanya sampah sudah seharusnya dibuang pada tempatnya. Kalaupun kamu gak mau berhenti untuk sekedar buang sampah, lebih baik kamu kantongin dulu deh. Kalau sudah sampai rumah, kamu buang deh ke tempat sampah.

8. Kalau lagi naik kendaraan terbuka, dan di depanmu ada kendaraan lain yang knalpotnya itu suka ngeluarin banyak asap. Duh, bikin polusi udara banget!

10 Hal Nyebelin yang Pasti Kamu Alami Ketika Berkendara di Jalanunsplash/Kevin Grieve

Polusi memang sangat mudah kita temui di jalan raya. Meski demikian, kamu sebagai pengendara kadang merasa miris dan kesal ketika melihat ada banyak kendaraan yang mengeluarkan asap knalpot begitu tebal. Belum lagi kalau kamu ternyata ada di belakang kendaraan itu. Duh, rasanya pengen cepat-cepat menghindar!

9. Paling sebel deh sama orang yang suka sok keren dan kebut-kebutan di jalan. Mereka kira jalan raya itu sirkuit buat balapan apa!

10 Hal Nyebelin yang Pasti Kamu Alami Ketika Berkendara di Jalanpexels/JÉSHOOTS

Salah satu kebiasaan buruk yang sering menjadi penyebab kecelakaan adalah perilaku kebut-kebutan di jalanan. Selain merugikan si pengendara itu sendiri, kebut-kebutan juga bisa mencelakai pengendara lain atau bahkan pejalan kaki yang sedang berjalan di trotoar. Jadi, mulai dari sekarang jangan suka kebut-kebutan di jalan raya ya!

10. Pernah melihat orang yang bawa motor ngobrol di jalan? Ditambah lagi, mereka berjejer ke samping ngalangin jalan orang? Duh, rasanya jadi pengen nyeramahin mereka deh!

10 Hal Nyebelin yang Pasti Kamu Alami Ketika Berkendara di Jalanpexels/mohamed Abdelgaffar

Kalau sudah ketemu teman ataupun saudara, memang bawaannya jadi pengen ngobrol. Tapi, kalau ketemu dan ngobrolnya dijalan, terus lagi bawa kendaraan kan jadinya ganggu pengendara lain yang ada di belakang.

Kalau kamu pernah mengalami hal semacam ini, bawaannya pasti jadi kesel dan pengen nyeramahin pengendara yang menghalangimu itu. Ya kan?

Dari beberapa poin di atas, nomor berapa sih yang paling sering kamu alami?

Baca Juga: Biar Lebih Produktif, Ini 5 Kegiatan Positif Saat di Kendaraan Umum

Tika Nurohmah Photo Verified Writer Tika Nurohmah

;

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya