Comscore Tracker

Bener Banget! 10 Suka Duka yang Kamu Rasakan Saat Punya Wajah Jutek

Temanmu selalu bertanya, "Kamu kenapa hari ini? Kok jutek banget?"

Kamu punya wajah jutek atau judes? Gak jarang orang-orang akan bertanya padamu, apa kamu baik-baik saja? Karena memang sepanjang hari wajahmu terlihat cemberut dan gak senyum sama sekali. Padahal sebenarnya kamu sendiri juga gak tahu kenapa sejak dulu kamu terlahir dengan cetakan wajah yang "sangat tidak ramah" terhadap orang sekitar.

Jangan khawatir, kamu gak sendirian. Ternyata ada banyak orang yang mengalami hal yang sama. Mereka sebenarnya tak sedang marah ataupun jengkel. Itu hanya wajah dan cetakan sejak lahir. Yang memang seperti itu adanya.

Nah, buat kamu yang merasa punya wajah gak ramah dan terkesan mengintimidasi, pasti suka duka di bawah ini sudah jelas kamu akrabi.

1. Teman dan keluargamu selalu khawatir bahwa kamu sedang mengalami hari yang tidak menyenangkan.

Bener Banget! 10 Suka Duka yang Kamu Rasakan Saat Punya Wajah JutekSumber gambar: female.svbtle.com

Ekspresi default wajahmu, selalu terlihat ngenes. Padahal kamu hanya menjalani kehidupanmu apa adanya. Jika kamu mengalami hari yang buruk, mereka akan langsung tahu. Di poin ini, orang-orang terdekatmu sudah terbiasa dengan wajahmu yang gak akrab dengan senyuman. Kamu hanya sering pusing jika berurusan dengan orang-orang baru yang belum tahu asal-usul wajahmu.

2. Kamu selalu saja berulangkali bilang ke orang-orang kalau kamu sebenarnya BAIK-BAIK saja dan gak kenapa-kenapa.

Bener Banget! 10 Suka Duka yang Kamu Rasakan Saat Punya Wajah JutekSumber gambar: blog.spylight.com

Untuk yang kesekian kalinya, kamu harus memberitahu orang-orang bahwa kamu gak kenapa-kenapa dan merasa baik-baik saja. Dalam hati kamu sering berharap bahwa mereka tak menanyakan hal yang sama (untuk yang kesekian kalinya).

Karena sering ditanya hal-hal serupa, kamu pun sudah menyiapkan jawaban standar jika mereka menanyakan bagaimana suasana hatimu saat itu.

"Wajahmu kok gitu amat sih? Lagi sedih ya?", "Gak apa-apa kok. Biasa aja."

3. Buatmu, susah untuk berteman dengan orang baru karena mereka selalu menyimpulkan dari wajahmu bahwa kamu itu "jutek".

Bener Banget! 10 Suka Duka yang Kamu Rasakan Saat Punya Wajah JutekSumber gambar: degrassi.wikia.com

Well, jawabannya jelas saja kamu gak nyebelin. Sebenarnya kamu adalah teman yang menyenangkan jika saja mereka memberimu kesempatan atau bahkan memberanikan diri untuk menyapamu terlebih dahulu. Jika yang lainnya melihatmu pertama kali, mereka akan menganggapmu intimidatif dan susah untuk didekati. Maka cobalah untuk tersenyum sesering mungkin (meskipun rasanya juga sulit).

4. Bahkan, kadang-kadang kamu kelihatan seperti grumpy cat.

Bener Banget! 10 Suka Duka yang Kamu Rasakan Saat Punya Wajah JutekSumber gambar: quickmeme.com

Cetakan wajahmu memang sudah begitu adanya. Kamu gak bisa ngapa-ngapain lagi, pasrah. Kamu sudah melakukan apapun untuk tersenyum. Dan itu bukan salahmu jika kamu susah untuk terlihat 'benar-benar' bahagia. Kamu sama seperti lainnya kok, bisa bahagia juga. Hanya saja mereka gak akan bisa tahu dari wajahmu.

5. Kadang orang-orang membuat asumsi sendiri bahwa kamu adalah orang yang diam-diam suka menghakimi.

Bener Banget! 10 Suka Duka yang Kamu Rasakan Saat Punya Wajah JutekSumber gambar: latelateshowcbs.tumblr.com

Rasanya memang bikin frustrasi. Dan rasanya kamu juga sudah tak akan lagi meyakinkan mereka tentang suasana hatimu yang sebenarnya. Namun jika kamu gak tersenyum, mereka akan berasumsi bahwa ada sesuatu yang salah denganmu.

Serba salah bukan? Padahal kamu kan juga pengen kenalan dan berteman dengan mereka.

6. Untuk orang-orang yang belum tahu, wajahmu ketika marah sebenarnya jauh lebih menakutkan daripada wajah sehari-harimu.

Bener Banget! 10 Suka Duka yang Kamu Rasakan Saat Punya Wajah JutekSumber gambar: 2255films.blogspot.com

Ketika kamu benar-benar sedang jengkel, maka akan terlihat lebih jelas 'ketidakramahanmu' dan 'kejutekanmu' di hadapan banyak orang. Jadi wajah sehari-harimu ini belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan wajah marahmu.

Ini bukan apa-apanya. The worst is yet to come.

7. "Kupikir kamu dulu galak dan nyebelin lho. Ternyata kamu sebenernya gak kayak gitu." - Orang belum genap 3 bulan kenal kamu.

Bener Banget! 10 Suka Duka yang Kamu Rasakan Saat Punya Wajah JutekSumber gambar: pinterest.com

Kenyataan yang sebenarnya akhirnya terkuak. Sudah biasa...

8. Ketika kamu ada acara penting atau lagi kencan, kamu harus berusaha ekstra keras untuk menyembunyikan wajah judes kronismu.

Bener Banget! 10 Suka Duka yang Kamu Rasakan Saat Punya Wajah JutekSumber gambar: whiskeyriff.com

Dan rasanya gak lucu kalau kamu harus khawatir tentang bagaimana ekspresi wajahmu di depan banyak orang. Kamu sebenarnya gak mau menyinggung mereka, tapi kadang wajahmu gak bisa diajak kerjasama.

Gebetan: "Makanannya enak gak? Aku suka loh makan di sini." 

Kamu: "Enak kok." *pasang muka standar tapi tetep aja kelihatan judes*

Gebetan: "Kok kamu cemberut gitu sih? Gak enak ya?"

Kamu: "Kan aku udah bilang enak."

*awkward*

9. Rasa lelah yang kamu dapatkan ketika kamu 'dipaksa' untuk tersenyum palsu sepanjang hari.

Bener Banget! 10 Suka Duka yang Kamu Rasakan Saat Punya Wajah JutekSumber gambar: buzzfeed.com

Kamu hanya lelah dengan pikiran orang-orang yang seenaknya berpikir bahwa kamu marah. Padahal kita baru bisa menilai seseorang ketika kita menjadi bagian dalam hidup mereka.

10. Tapi apapun yang kamu hadapi, kamu dan wajah jutekmu bisa menjadi apapun yang kamu mau.

Bener Banget! 10 Suka Duka yang Kamu Rasakan Saat Punya Wajah JutekSumber gambar: pinterest.com
Namun pada akhirnya, seperti apapun wajahmu, kamu tetaplah menakjubkan. Jangan pernah memaksakan diri untuk membuktikan apapun pada semua orang. Karena mereka juga tetap akan menilaimu dari sudut pandang mereka sendiri. Kamu tak punya banyak waktu untuk basa-basi, kamu harus mengejar mimpimu sendiri dan bersinar, jadi tak perlulah kamu khawatir terhadap pemikiran orang.

Topic:

Just For You