Comscore Tracker

Suka Baca? Berikut 5 Fakta Menarik Tentang Buku yang Jarang Diketahui

Ada yang sudah kamu tahu?

Mungkin di antara kamu ada yang familiar dengan pepatah bahwa buku adalah jendela dunia. Buku sendiri adalah sekumpulan lembaran kertas yang memiliki isi cerita dan disatukan atau dijilid pada salah satu ujungnya.

Ada berbagai jenis buku yang kita ketahui dari mulai yang bergenre fiksi hingga ensklopedia dan karya ilmiah lainnya yang menjadi sebuah literatur dalam bentuk buku.

Untuk kamu yang suka membaca, tahukah kamu 5 fakta menarik seputar buku? Simak, yuk ulasannya!

1. Sejarah buku

Suka Baca? Berikut 5 Fakta Menarik Tentang Buku yang Jarang DiketahuiUnsplash/Daria Nepriakhina

Ada berbagai jenis versi yang menjelaskan mengenai sejarah ditemukannya buku di dunia. Namun, ada yang mengatakan bahwa buku awalnya telah ada di Mesir sejak 2400-an SM. Kemudian ada pula yang mengatakan bahwa para cendekiawan Tiongkok berhasil menuliskan sesuatu dengan menggunakan lidi yang disusun menjadi satu hingga menjadi sejarah penulisan huruf mandarin secara vertikal.

Meskipun begitu, pada zaman dahulu tentu ada beragam jenis bahan yang digunakan untuk membuat kertas.

2. Buku cetak masih kalahkan e-book

Suka Baca? Berikut 5 Fakta Menarik Tentang Buku yang Jarang DiketahuiUnsplash/freestocks.org

Di era modern kini segala sesuatu dari mulai uang hingga buku sudah terdapat opsi elektronik. Bagi kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan e-book, buku elektronik yang dapat diakses dengan menggunakan ponsel pintar maupun tab atau laptop sehingga kita tidak membutuhkan lembaran buku jika ingin membaca.

Namun, penelitian yang dilakukan oleh West Chester University justru membuktikan bahwa orang lebih memilih buku cetak dibandingkan e-book. Sebab, karena beberapa hal, seperti mudahnya memahami konten buku jika dibaca melalui buku cetak dan juga efek radiasi ponsel yang membuat mata cepat lelah.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Buku Non Fiksi tentang Cinta yang Wajib Kalian Baca

3. Buku terbesar di dunia

Suka Baca? Berikut 5 Fakta Menarik Tentang Buku yang Jarang Diketahuierikastravelventures.com

Jika kamu umumnya hanya membaca buku dengan ukuran sedang dan biasa serta terbuat dari kertas, hal tidak umum dapat kamu temukan di Myanmar sebab kamu dapat menemukan buku dengan ukuran terbesar di dunia.

Berlokasi di Burma, Pagoda Kuthodaw ternyata buku itu disimpan secara rapi, namun bukan terbuat dari kertas lho, melainkan terbuat dari batu marmer. Terdapat sekitar 729 buah batu marmer yang berisikan tulisan yang ditulis dengan tinta emas.

Tidak hanya itu sebab marmer tersebut ternyata dihias oleh batuan berharga seperti berlian maupun rubi.

4. Cara menentukan usia buku

Suka Baca? Berikut 5 Fakta Menarik Tentang Buku yang Jarang DiketahuiUnsplash/Patrick Tomasso

Pernahkah kamu melihat buku-buku lama yang telah usang? Tahukah kamu bahwa aroma yang dihasilkan buku-buku lama tersebut ternyata dapat menjadi salah satu cara dalam menentukan usia dari buku.

Hal ini disebabkan dari reaksi kimia yang disebabkan dari kertas tersebut sehingga tidak hanya mengubah warna dari kertas, melainkan juga memberikan aroma khas.

5. Manfaat dari buku

Suka Baca? Berikut 5 Fakta Menarik Tentang Buku yang Jarang DiketahuiUnsplash/Fabiola Peñalba

Buku tidak hanya menjadi jendela dunia bagi mereka yang membacanya, melainkan juga dapat memberikan dampak baik tidak hanya secara psikologis maupun juga kesehatan. Buku mampu memberikan efek rileks maupun perasaan bahagia setiap membacanya, tentunya hal ini dapat menjadi sesuatu yang positif dan baik bagi kita untuk semakin rajin membaca buku, ya.

Nah, 5 fakta menarik seputar buku diatas dapat menjadi informasi bagi kamu agar semakin mengenal tentang buku atau bahkan semakin rajin membacanya. Setujukah kamu?

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Agar Anak Suka Membaca, Praktekkan dari Sekarang!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya