Comscore Tracker

Anti Bosan, Ini 7 Aktivitas Bermanfaat Saat Berada di Angkutan Umum

Setiap detik berharga, jangan biarkan berlalu begitu saja

Kendaraan umum seringkali menjadi pilihan tepat bagi pekerja, pelajar maupun masyarakat dalam mobilitasnya yang tidak ingin lelah di perjalanan. Baik menuju ke kantor, pulang ke kampung halaman maupun sekadar berjalan-jalan. Namun, jarak tempuh yang lama terkadang membuat bosan dan waktu terbuang sia-sia. Untuk mengisi waktu luangmu di kendaraan umum, 7 rekomendasi aktivitas ini dapat kamu coba. Sembari santai menuju tujuan, ada hal yang bermanfaat yang kamu lakukan. 

1. Mendengarkan podcast bermanfaat

Anti Bosan, Ini 7 Aktivitas Bermanfaat Saat Berada di Angkutan Umumpexels/caio

Mendengarkan musik sudah biasa dan efeknya bisa jadi hanya rileks saja. Alangkah lebih baiknya jika mengganti channel musik dengan podcast yang tentu akan menambah pengetahuanmu. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan diantaranya Google podcast, Anchor, Castbox, Podcast Addict dan lainnya. Channel podcast yang menjadi pilihan bisa disesuaikan dengan topik yang sesuai dengan selera, misalnya pendidikan, bisnis, politik, peningkatan skill, resensi buku ataupun topik menarik lainnya. 

2. Menuangkan ide dengan menulis

Anti Bosan, Ini 7 Aktivitas Bermanfaat Saat Berada di Angkutan Umumpexels/d-ng-nhan-324384

Menulis kini tak lagi harus di laptop maupun PC. Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk menulis di HP adalah notes. Nah, berbekal notes di HP, kamu bisa menuangkan ide dan gagasanmu. Kalau saja satu kali perjalanan bisa menyelesaikan satu artikel, kebayang kan berapa artikel yang kamu punya dalam seminggu saja? 

3. Membaca buku atau surat kabar

Anti Bosan, Ini 7 Aktivitas Bermanfaat Saat Berada di Angkutan Umumpexels/ekrulila

Bagi kamu yang mempunyai stok buku dan belum sempat membaca, mencoba memanfaatkan waktu di kendaraan umum dengan membaca bisa menjadi solusi nyata. Ini lebih bermanfaat dari sekadar scrolling feed instagram maupun kepo status yang tersayang. Melalui kebiasaan ini dipastikan selain wawasan bertambah, kegemaran membaca buku akan meningkat pula. 

Baca Juga: 5 Tips Saat Naik Kendaraan Umum bagi Solo Traveler, Dijamin Aman

4. Mereview kegiatan hari ini dan merencakan untuk esok hari

Anti Bosan, Ini 7 Aktivitas Bermanfaat Saat Berada di Angkutan Umumpexels/breakingpic

Kendaraan umum juga bisa menjadi tempat refleksi diri. Adakah yang kurang dari performa hari ini dan apa yang perlu ditingkatkan esok hari. Ini juga bisa kamu lakukan di kendaraan umum loh, daripada bengong mending otaknya digunakan untuk berpikir. 

5. Diskusi atau belajar online

Anti Bosan, Ini 7 Aktivitas Bermanfaat Saat Berada di Angkutan Umumpexels/pixabay

Kelas belajar online sudah marak di era digital ini, jadi tak ada alasan lagi untuk tidak mengupgrade diri. Saat di kendaraan umum, kegiatan ini bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat dilakukan. Sambil santai, sambil megikuti diskusi aktif di grup Wa maupun media lain, misalnya.  

6. Melakukan hobi, misal merajut atau hobi lainnya

Anti Bosan, Ini 7 Aktivitas Bermanfaat Saat Berada di Angkutan Umumpexels/diego-pontes-901015

Memiliki hobi yang bisa dilakukan dimana saja juga tak kalah asyiknya. Misalnya merajut, kristik, atau sulam yang bisa dilakukan sembari perjalanan di kendaraan umum. Tentunya harus memperhatikan situasi apakah aman dan nyaman untuk melakukannya. 

7. Recovery energi untuk kegiatan selanjutnya

Anti Bosan, Ini 7 Aktivitas Bermanfaat Saat Berada di Angkutan Umumpexels/steven-arenas-14151

Kalau kamu sudah melakukan kegiatan seharian dan capek, istirahat adalah keputusan terbaik. Apalagi masih ada kegiatan lanjutan setelahnya. Jadi bisa kembali mencharger energi semangat untuk menghadapi kegiatan setelahnya. 

Itu dia 7 rekomendasi kegiatan yang dapat kamu lakukan di kendaraan umum. Jadi, pilih kegiatan mana agar waktumu tak terbuang sia-sia?

Baca Juga: Untuk Para Cewek, Lakukan 8 Hal Ini Biar Aman Naik Kendaraan Umum

Vita Ayu Kusuma Dewi Photo Community Writer Vita Ayu Kusuma Dewi

IG : @vitaakdewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You