Comscore Tracker

Favorit Pendengar, 7 Lagu Alternatif Lawas Ini Sering Diputar di Radio

Pasti familiar deh!

Belasan hingga puluhan tahun lalu radio itu adalah sumber hiburan yang gak bisa dilepaskan dari kehidupan kita selain televisi tentunya. Selain sebagai teman di kala sepi, yang paling kita nantikan tentu lagu-lagu yang diputar menyelingi celotehan penyiar.

Radio punya kekuatan sendiri, sebab kita gak akan pernah tahu atau menyangka lagu apa yang akan diputar. Ada efek kejutan yang bikin kita bahagia kalau tiba-tiba menemukan satu lagu yang kece.

Jangan lupa juga, dulu kita harus mendengarkan baik-baik apa yang dikatakan penyiar usai lagu diputar dengan harapan mereka bakal memberitahu kita nama penyanyi beserta judul lagu tersebut. Lebih modern sedikit ada aplikasi sederhana yang bisa membantu kita mengidentifikasi lagu dari radio atau sumber suara yang kita rekam. Duh, segitunya perjuangan untuk tahu judul lagu kesukaan.

Nah, berikut beberapa lagu yang mungkin sudah sering kamu dengar di masa lalu, tetapi sampai sekarang belum tahu judulnya. Siap-siap nostalgia.

1. The Calling - Wherever You Will Go

https://www.youtube.com/embed/iAP9AF6DCu4

Lagu ini merupakan single pertama band asal Amerika Serikat, The Calling. Lagu ini pula yang mengangkat nama mereka ke permukaan dan jadi salah satu band hits dunia di awal tahun 2000an. Suara vokalisnya, sih jelas khas banget. Apalagi makna lagunya yang langsung bikin melankolis sendiri. Lagu ini juga didapuk jadi salah satu soundtrack serial TV 'Smallville', masih ingat, gak?

2. Vertical Horizon - Best I Ever Had

https://www.youtube.com/embed/ja6ClXUsZPg

Vertical Horizon pertama kali muncul ke industri musik tahun 1996. Kebanyakan lagu mereka cukup hits dan banyak disukai orang. Apalagi genre rock alternatif saat itu cukup populer dibanding sekarang. 

Lagu ini merupakan salah satu lagu paling mellow yang dimiliki band ini. Band ini sempat mengeluarkan album di tahun 2013, tetapi tidak terlalu sukses. Padahal kualitas mereka tetap konsisten bagusnya lho!

3. Lifehouse - You and Me

https://www.youtube.com/embed/ac3HkriqdGQ

Lifehouse juga salah satu band rock alternatif paling populer di tahun 2000an. Lagu 'You and Me' merupakan salah satu lagu yang meroketkan nama mereka selain single 'Hanging By A Moment' yang pertama kali mereka rilis. 

Lagu ini cukup melankolis dengan sentuhan gitar akustik. Apalagi video klipnya yang makin bikin baper. Lifehouse terakhir merilis album di tahun 2015 lalu dengan judul 'Out Of The Wasteland'.

Baca Juga: 7 Lagu Band Jadul Ini Jadi OST Sinetron Hits Era 2000an, Masih Ingat?

4. 3 Doors Down - Here Without You

https://www.youtube.com/embed/kPBzTxZQG5Q

Salah satu lagu yang cukup sering kita dengar di radio pada awal tahun 2000an. 3 Doors Down sebenarnya band yang berdiri di tahun 1996. Namun, lagu ini merupakan titik balik mereka. Lagu-lagu mereka pun sering digunakan sebagai lagu tema beberapa film dan serial TV. Terakhir, mereka merilis album 'The Greatest Hits' di tahun 2012.

5. Wheatus - Teenage Dirtbag

https://www.youtube.com/embed/FC3y9llDXuM

Melodinya yang unik ditambah vokal yang khas memang sudah melekat banget di telinga anak 90an. Apalagi kalau bukan lagunya Wheatus yang satu ini. Lagu ini sempat dipakai jadi salah satu soundtrack film Loser (2000), mereka kemudian membuat video klip dengan aktor yang sama tetapi cerita yang sedikit berbeda dari filmnya. Lagu ini masih sering di-cover oleh para musisi lain.

6. Toploader - Dancing In The Moonlight

https://www.youtube.com/embed/0yBnIUX0QAE

Kalau kamu dengar lagu ini pasti ingat sama salah satu iklan produk yang juga sering diputar di televisi maupun radio. Lagu pop yang nuansanya malam minggu ini ternyata milik band bernama Toploader. Mereka masih aktif bermusik, terakhir mereka merilis album baru 'Seeing Stars' tahun 2017 lalu.

7. Howie Day- Collide

https://www.youtube.com/embed/ca9ub9rpNK4

Lagu ini pasti sudah familiar di telingamu, tapi jarang yang ingat siapa penyanyinya. Nah, ternyata ia adalah Howie Day, soloist asal Amerika Serikat. Ia merilis lagu ini dan album pertamanya secara swadaya. Sampai sekarang Howie masih menulis lagu dan masih aktif tour keliling Amerika Serikat.

Mana nih lagu yang paling membekas di ingatanmu? Kalau kamu masih suka sama lagu-lagu mereka, jangan lupa tengok rilisan terbaru mereka dan dukung mereka untuk terus berkarya, yuk!

Baca Juga: Yuk, Nostalgia 13 Lagu Bryan Adams yang Populer pada Era 90an!

Dwi Ayu Silawati Photo Community Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You