Comscore Tracker

6 Grup Vokal Ini Pernah Ramaikan Industri Dangdut Era Lawas, Ingat?

#Replay90 Goyang duyu, yuk?

Dangdut merupakan salah satu genre musik yang cukup digemari oleh masyarakat luas. Iramanya yang khas dengan sentuhan kendang menambah daya tarik musik menjadi lebih berwarna. Meski ada yang bernada sendu, tak sedikit juga yang terdengar ceria dan tak jarang membuat penikmatnya ikut bergoyang mengikuti hentak irama yang asyik dan aduhai.

Ketika dangdut sedang mengalami puncak kejayaannya di era 90an, ada beberapa grup vokal dangdut yang ikut meramaikan industri musik dangdut. Jika masih ingat, mungkin nama-nama grup vokal dangdut di bawah ini pernah kamu nyanyikan.

1. Trio BAM

https://www.youtube.com/embed/0Mp4El0lkOk

Trio BAM beranggotakan tiga penyanyi cantik yang sudah dikenal sebagai penyanyi dangdut yang cukup dikenal masyarakat banyak. Digawangi oleh Baby Ayu, Anis Marsella dan Merry Andani, trio BAM sukses dikenal masyarakat luas berkat lagu ‘Itu Bibir Jangan Memble’.

Bergenre disco dangdut, trio yang dibentuk oleh Jeffry Bulle ini berhasil menjadi lagu yang sering diputar di radio dan layar kaca. Di beberapa lagu, 3 personel Trio BAM membentuk grup vokal baru dengan nama HP Girls setelah Nini Carlina menjadi salah satu personelnya dengan lagu andalan: Anak Mama.

Lagu-lagu Trio BAM yang lain diantaranya adalah: Cinta Kaki Lima, Setangkai Bunga Padi, Sebel Ah, Mas Kamu Koq Loyo, Oke Punya dan beberapa hits lainnya.

2. G4UL

https://www.youtube.com/embed/ZGvLmYaPDXM

Saiful Jamil merupakan salah satu personel G4UL yang paling menonjol di antara anggota yang lain. Selain Saiful Jamil, ada beberapa nama yang menjadi member grup vokal dangdut yang cukup tenar di era 90an, diantaranya: Eka Sapta Nugraha, Adibal Sahrul dan Qemil.

Di kalangan ABG, G4UL cukup dikenal dengan hits yang kece dan menghibur, salah satunya dalam judul lagu Tak Bosan. Eka Sapta sendiri merupakan suami dari penyanyi dangdut bersuara khas Melayu Iyeth Bustami.

Setelah ditinggalkan Saiful Jamil, grup vokal G4UL hanya beranggotakan 3 personil dengan intensitas menyanyi yang tidak serutin pada masa kejayaannya.

Baca Juga: Ini Lho 5 Penyanyi India di Balik Soundtrack Film Bollywood 90an!

3. Trio Sekar Langit

https://www.youtube.com/embed/AkzAHQJCnOI

Apa jadinya jika tiga penyanyi dangdut kawakan bersatu dalam satu grup vokal? Ya, Evie Tamala, Camelia Malik dan Iis Dahlia yang membentuk Trio Sekar Langit mampu membuat penampilan mereka semakin terlihat memukau.

Suara yang berkarakter ditunjang dengan penampilan yang aduhai menambah kesan mendalam bagi para fans setia ketiga penyanyi dangdut senior tersebut. Lagu andalannya yang berjudul Balada Dangdut menjadi lagu nomor wahid yang paling sering diputar di acara musik dangdut.

4. Manis Manja Group

https://www.youtube.com/embed/pnuqe-CtDv4

Di awal berdirinya, Manis Manja Group beranggotakan 5 orang penyanyi dangut cantik berwajah manis; Ine Shyntia, Lilis Karlina, Yulia Citra, Murni Chania dan Kitti Nurbaiti. Tembang andalannya karya pencipta lagu dangdut Fazal Dath yang berjudul Aduh Buyung mendapat sambutan yang luar biasa dari para penggemarnya.

Selain Aduh Buyung, lagu-lagu yang pernah hits di era 90an yang dinyanyikan oleh Manis Manja Group di antaranya adalah: Jodoh, Biduan, Bete, dan beberapa hits andalan lainnya.

5. Trio Sakhera

https://www.youtube.com/embed/u--jAORDCgg

Lagu dengan judul Putus Lagi, Untung, dan Kasihku, merupakan beberapa lagu andalan yang sering dinyanyikan oleh Trio Sakhera. Di era lawas, Trio Sakhera yang beranggotakan Jhony Iskandar, Latief Khan dan Imam S. Arifin merupakan idola remaja yang sangat dinanti-nantikan kehadirannya.

Meski masing-masing sudah dikenal dengan lagunya sendiri-sendiri, namun mereka mampu membuat nama Trio Sakhera dikenal sebagai grup vokal dangdut yang cukup diperhitungkan.

6. Trio FAM

https://www.youtube.com/embed/_UkQLnNxPPs

Trio FAM merupakan pecahan dari Trio BAM dengan personel baru Farid Hardja menggantikan Baby Ayu. Lagu Trio FAM yang cukup terkenal adalah lagu berjudul ‘Ayam’ yang lirik dan iramanya cukup menghibur dan membuat ceria.

Video klipnya pun sangat apik dengan pengambilan sudut gambar khas era 90an dengan dancer-dancer yang lincah dan bertenaga. Trio FAM dengan lagu Ayam-nya mampu membuat pemirsa layar kaca era 90an merasa terhibur.

Meski tak lagi eksis di dunia hiburan dunia dangdut, lagu-lagu dari grup vokal dangdut di atas masih membekas dalam ingatan hingga sekarang. Yakin nih gak ikut goyang bersama grup-grup vokal dangdut di atas?

Baca Juga: 7 Hits Lagu Dangdut yang Populer di Era 90an, Masih Bisa Bikin Goyang!

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You