Comscore Tracker

Selain Delman, Ini 9 Alat Transportasi Jadul Mulai Jarang Ditemui

Generasi millenials sudah pernah mencobanya belum nih?

“Pada hari Minggu kuturut ayah ke kota, naik delman istimewa kududuk di muka...”

Lagu ‘wajib’ masa kecil di atas adalah penggalan lirik yang sering dinyanyikan ketika liburan naik delman. Delman merupakan salah satu alat transportasi umum yang sangat digemari di masanya. Selain tak menggunakan mesin yang bisa mengakibatkan folusi udara yang membahayakan, naik delman pun memberikan sensasi tersendiri karena bisa menikmati pemandangan sekitar sekaligus tiupan angin sepoi yang serasa membelai-belai wajah. Nama delman sendiri ternyata diambil dari nama penemunya, Charles Theodore Deeleman yang merupakan seorang insinyur di masa Hindia Belanda.

Selain delman, ada beberapa alat transportasi jaman dulu yang keberadaannya sudah tergeser dengan alat tranportasi modern. Meski demikian, di beberapa daerah alat transportasi tersebut masih tersedia walaupun tidak sebanyak dulu. Apa saja sih transportasi tersebut yang bisa membuat penumpangnya merasa nyaman karena minim kecelakaan?

1. Iori Wagon

Selain Delman, Ini 9 Alat Transportasi Jadul Mulai Jarang Ditemuiwikimedia.org

Iori wagon merupakan salah satu alat transportasi yang sangat digemari orang-orang zaman dulu. Bentuk fisiknya lebih mirip dengan becak namun dengan model yang lebih sederhana. Generasi millennials tentu saja belum mengenal alat transportasi ini karena beroperasi sekitar tahun 1930an. Iori wagon biasa digunakan di Aceh oleh penduduk pribumi dan Belanda sebagai alat transportasi sehari-hari.

2. Trem

Selain Delman, Ini 9 Alat Transportasi Jadul Mulai Jarang Ditemuibobo.grid.id

Dulu, trem sempat menjadi alat transportasi yang beroperasi di Jakarta dan beberapa daerah di Indonesia. Bentuknya mirip kereta api yang berjalan di atas rel. Jika di tengah-tengah jalan kamu melihat ada rel, bisa dipastikan rel tersebut dulunya merupakan jalur trem mengantarkan penumpang. Kini, trem tidak lagi digunakan di Indonesia, namun masih tetap digunakan di luar negeri.

3. Kereta api lokomotif

Selain Delman, Ini 9 Alat Transportasi Jadul Mulai Jarang DitemuiYoutube.com/Muktamirin Elbajrie

Jauh sebelum kereta listrik ada, banyak orang merasa nyaman saat menggunakan alat transportasi cepat kereta api lokomotif. Hal yang paling diingat ketika mendengar nama kereta api lokomotif adalah adanya cerobong asap yang keluar dari depan kereta dan biasanya akan berbunyi khas: “tut, tut, tut, tut!”

4. Pedati

Selain Delman, Ini 9 Alat Transportasi Jadul Mulai Jarang DitemuiFlickr.com/mangyasunarya

Umumnya, pedati biasa digunakan oleh orang-orang untuk membawa barang-barang hasil pertanian. Pedati sendiri merupakan sebuah gerobak beroda dua yang ditarik dengan menggunakan tenaga kerbau atau sapi. Meskipun merupakan alat transportasi untuk mengangkut barang, anak-anak zaman dulu sering ikut naik di atas gerobak pedati bersama barang-barang hasil panen.

5. Andong

Selain Delman, Ini 9 Alat Transportasi Jadul Mulai Jarang DitemuiYoutube.com/ramsa iskandar

Jika delman atau dokar menggunakan dua roda, maka andong biasanya menggunakan empat roda pada gerobak yang akan ditarik oleh kuda sebagai tenaga penggeraknya. Karena bentuknya nyaris sama, perbedaan jumlah roda antara delman dan andong merupakan salah satu pembeda yang sering salah sebut oleh sebagian besar orang. Delman ya delman, andong ya andong.

6. Getek

Selain Delman, Ini 9 Alat Transportasi Jadul Mulai Jarang Ditemuiapatriza.deviantart.com

Getek merupakan alat transportasi jaman dulu yang paling sederhana di antara alat transportasi lainnya. Getek sendiri hanya terbuat dari bilah-bilah bambu yang disatukan dengan tali sebagai pengikat. Anak-anak sekolah yang tinggal di pesisir sungai biasanya akan menggunakan getek sebagai transportasi dari rumah ke sekolah, dan dari sekolah ke rumah.

7. Sampan

Selain Delman, Ini 9 Alat Transportasi Jadul Mulai Jarang Ditemuijamandulu.com

Sampan merupakan jenis transportasi jadul yang biasa digunakan di sungai dan terbuat dari bahan kayu yang dibentuk menjadi perahu kecil. Dengan menggunakan dayung sebagai alat untuk mengayuh, sampan akan bergerak dengan tenaga dorong dari satu tempat ke tempat lain. Di beberapa daerah, sampan biasa dipergunakan untuk menjajakan dagangan di sebuah tempat bernama pasar apung.

8. Cidomo

Selain Delman, Ini 9 Alat Transportasi Jadul Mulai Jarang Ditemuiapwtour.com

Cidomo merupakan alat transportasi khas dari pulau Lombok. Secara kasat mata, cidomo hampir sama dengan alat transportasi dengan menggunakan tenaga kuda lainnya. Namun jika dilihat lebih seksama, ada perbedaan mendasar yang menjadi ciri khas cidomo. Jika delman atau andong menggunakan roda kecil, maka cidomo biasanya menggunakan roda mobil bekas di kedua sisinya.

9. Nayor

Selain Delman, Ini 9 Alat Transportasi Jadul Mulai Jarang Ditemuibagi-in.com

Sekilas, nama ‘nayor’ memang terdengar sangat asing di telinga, meskipun nayor sendiri merupakan alat transportasi jadul yang sudah dikenal banyak orang di masanya. Bentuk dan cara kerja nayor sebenarnya hampir mirip dengan delman. Perbedaannya hanya terletak pada tempat duduk penumpang dan roda yang terlihat lebih kecil dari delman pada umumnya.

Dari semua alat transportasi tersebut, mana aja ya yang masih eksis sampai sekarang?

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya