Comscore Tracker

Berperan Sebagai Ibu Bijak, 5 Artis 90an Ini Bikin Suasana Adem

Kata-kata dan gaya bicaranya sangat meneduhkan

Hayo ngaku, siapa yang suka nonton sinetron? Ya, hampir setiap orang memang suka dengan kisah-kisah dalam sinetron, meski ada sebagiannya yang anti-sinetron karena disebut ‘menjual mimpi’.

Bukan hanya sekarang, generasi zaman dulu pun memang menyukai sinetron sebagai salah satu hiburan kehidupan yang sarat makna. Tak melulu dibumbui kemewahan akan harta, kisah cinta, keserakahan dan pengakuan, banyak kok sinetron bermutu yang bisa menjadi tontonan yang bisa menjadi tuntunan karena berisi tentang kebaikan, kekeluargaan, dan nilai serta pesan keagamaan.

Dalam setiap sinetron, disamping ada tokoh jahat atau antagonis, ada juga tokoh protagonis sebagai ibu bijak yang selalu memberikan pencerahan kepada anggota keluarganya yang lain. Kerap berperan sebagai ibu bijak dalam setiap sinetron yang dimainkannya, berikut ini 5 artis yang keberadaannya memberikan suasana yang meneduhkan dan disukai karena penuh dengan kebaikan.

1. Ayu Dyah Pasha

Berperan Sebagai Ibu Bijak, 5 Artis 90an Ini Bikin Suasana AdemInstagram.com/ayu.dyah.pasha

Dalam setiap peran yang dimainkannya, Ayu Dyah Pasha memang selalu memerankan sosok ibu bijak yang memberikan petuah-petuah kebaikan kepada anak-anaknya. Selain memiliki mimik wajah yang teduh dan tenang, Ayu Dyah Pasha pun memiliki suara khas yang membuatnya pas memerankan tokoh ibu baik hati yang disukai pemirsanya.

Perempuan kelahiran Makassar, 4 Februari 1964 ini pun sering terlibat dalam beberapa judul sinetron tanah air. Beberapa sinetron yang mencuatkan namanya sebagai ibu bijak antara lain adalah Dewi Fortuna, Kehormatan, Cinta Fitri, Tirai Sutra dan beberapa judul sinetron lainnya.

2. Raslina Rasyidin

Berperan Sebagai Ibu Bijak, 5 Artis 90an Ini Bikin Suasana Ademyoyahijab.com

Jika kamu masih ingat dengan sinetron Air Mata Ibu yang tayang sekitar tahun 90an, kamu juga pasti hafal dengan pemainnya yakni Raslina Rasyidin. Berperan sebagai ibu bijak dari seorang anak bernama Ucok, Raslina Rasyidin mampu menghidupkan karakter ibu bijak dengan baik.

Sempat menjajal karier di bidang politik, nama Raslina Rasyidin tidak bisa dipisahkan dari dunia hiburan tanah air sebagai seorang pewatak yang berkarakter. Selain dalam sinetron Air Mata Ibu, Raslina Rasidin pernah terlibat dalam sinetron-sinetron seperti Anakku Bukan Anakku, Putri yang Ditukar, Doaku Harapanku dan sebagainya.

3. Nungki Kusumastuti

Berperan Sebagai Ibu Bijak, 5 Artis 90an Ini Bikin Suasana AdemYoutube.com/Helvy Tiana Rosa

Pemilik nama asli Siti Nurchaerani Kusumastuti ini dikenal sebagai artis yang pas memerankan sosok ibu bijak yang baik hati. Di awal kariernya di dunia hiburan, Nungki Kusumastuti merupakan seorang penari di istana negara sebelum akhirnya dikenal sebagai artis yang sering berperan protagonis sebagai ibu yang amanah.

Selain sebagai artis, Nungki Kusumastuti pun merupakan seorang dosen di Institut Kesenian Jakarta. Judul-judul sinetron yang pernah diperankannya sebagai berikut Kawin Massal, Melati Putih, Sinar, Kasih dan beberapa sinetron lainnya.

4. Novia Kolopaking

Berperan Sebagai Ibu Bijak, 5 Artis 90an Ini Bikin Suasana Ademyoutube.com

Ingat sinetron Keluarga Cemara yang mengisahkan tentang keluarga dari pedesaan yang tetap berbahagia meski hidup dalam kesederhanaan. Nah, Novia Kolopaking yang menjadi tokoh Emak dalam sinetron tersebut memang masih melekat sebagai sosok ibu bijak yang diidolakan anak-anaknya.

Memiliki nama asli Novia Sanganingrum Saptarea Kolopaking ini pun pernah berperan sebagai Siti Nurbaya yang tayang di TVRI. Selain sebagai penyanyi, Novia Kolopaking hingga sekarang masih dikenal sebagai sosok ‘Emak’ yang teguh dan memiliki prinsip kehidupan yang kuat dan tegas disamping sikap bijaknya sebagai seorang ibu dari anak-anaknya.

5. Aminah Cendrakasih

Berperan Sebagai Ibu Bijak, 5 Artis 90an Ini Bikin Suasana Ademyoutube.com

Dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan, Aminah Cendrakasih yang berperan sebagai Mak Nyak, ibu dari seorang pemuda bernama Doel yang meraih impiannya menjadi seorang tukang insinyur. Dalam sinetron tersebut, Aminah Cendrakasih berperan sebagai ibu bijak yang memberikan semangat, dorongan dan dukungan kepada Doel dan Atun agar bisa mencapai cita-citanya.

Meski sudah berusia 80 tahun, Aminah Cendrakasih hingga kini masih bergelut dengan dunia akting meskipun menderita penyakit gloukoma yang menyebabkan penglihatannya terganggu. Akting Aminah Cendrakasih bisa dilihat dalam perannya sebagai Mak Nyak dalam Si Doel The Movie bersama Rano Karno, cs yang sebentar lagi bisa kita lihat di seluruh bioskop tanah air.

Patut dicontoh nih gaya dan kesederhanaan para ‘ibu bijak’ ini sebagai pelajaran untuk mengarungi kehidupan sehari-hari. Ibu bijak ini mengajarkan bahwa kebaikan kecil akan membuahkan kebaikan besar yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup di dunia. Mumpung masih dalam keadaan puasa, yuk maksimalkan berbuat kebaikan.

Iip Afifullah Photo Community Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Iip Afifullah
  • Indra Zakaria

Just For You