Comscore Tracker

8 Jajanan Sekolah yang Bisa Bikin Flashback Buat Anak-anak Generasi 90-an

Hayo, siapa yang dulunya sering banget jajan beginian di sekolah? Angkat tangan!

Apa yang kamu ingat tentang dirimu saat duduk di bangku sekolah dasar? Meraih juara kelas, punya teman yang menyebalkan, pernah dimarahi guru, ikut berbagai macam lomba, menjadi ketua kelas, dihukum di depan kelas? Bagaimana dengan jajanan atau makanan yang sering kamu beli? Mungkin kalian kangen dengan jajanan dibawah ini. Silahkan bernostalgia dan Let's check it out!

1. Sate Telur Gulung

8 Jajanan Sekolah yang Bisa Bikin Flashback Buat Anak-anak Generasi 90-angoogle

Ini jajanan terfavorit anak-anak generasi 90-an. Telur yang dicampur dengan tepung terigu, sedikit air dan penambah rasa ini punya rasa yang khas banget. Cara bikinnya pun mudah. Adonan dari telur dituang ke dalam wajan dengan minyak panas, kemudian cepat-cepat digulung dengan tusuk sate. Itulah asal usul nama dari jajanan ini. Lebih nikmat jika ditambahkan saus tomat atau saus sambal.

2. Kue Cubit Aneka Bentuk

8 Jajanan Sekolah yang Bisa Bikin Flashback Buat Anak-anak Generasi 90-annews.babe.co.id

Buat yang enggak terlalu suka jajanan yang berminyak-minyak, alternatif jajanannya adalah kue cubit! Yang paling ngehits saat itu adalah kue cubit bentuk jaring laba-laba. Teksturnya yang empuk dan tidak terlalu kesat, membuat lidah ini ingin makan lagi dan lagi. Biasanya, topping dari kue cubit ini ditambah dengan meises dan susu coklat. Mantap banget pokoknya!

3. Martabak Telur

8 Jajanan Sekolah yang Bisa Bikin Flashback Buat Anak-anak Generasi 90-anadesiana.com

Sama-sama berbahan telur seperti sate telur, jajan ini juga ngehits banget sewaktu jaman sekolah. Rasanya yang gurih bikin ketagihan untuk selalu beli lagi dan lagi. Teksturnya tidak terlalu kering bikin jajanan ini makin enak dinikmati. Tak lupa, tambahkan saus sambal dan tomat biar makin shedappp!

4. Cimol

8 Jajanan Sekolah yang Bisa Bikin Flashback Buat Anak-anak Generasi 90-anbacatulisan.com

Jajanan ini juga enak banget rasanya. Garing, renyah dan gurih bercampur jadi satu. Ketika digigit, akan terasa renyah, namun ketika dikunyah akan berubah menjadi kenyal-kenyal di mulut. Untuk tambahan rasa sangat banyak macamnya. Favorit mimin adalah yang bumbu pedas! Kalau cimolnya sudah habis, biasanya bumbunya digadoin gitu deh hehehe

5. Tempura Ikan

8 Jajanan Sekolah yang Bisa Bikin Flashback Buat Anak-anak Generasi 90-anwijangprabowo.wordpress.com

Kalau kamu bawa bekal nasi dan lauknya kurang, kamu bisa beli tempura ikan ini sebagai lauk makan nasi. hehehe. Selain tempura ikan, ada sosis goreng dan mie sosis. Rasanya nikmat dan nagih. Apalagi ditambah saus tomat atau saus pedas dan dimakan selagi hangat. Rasanya beuhh!

6. Lidi-lidian

8 Jajanan Sekolah yang Bisa Bikin Flashback Buat Anak-anak Generasi 90-anperutgendut.com

Jajan ini jadi andalan anak-anak dikala mereka ingin makan makanan yang pedesnya minta ampun. Sekali jajan, bisa beli 3 hingga 5 bungkus lidi-lidian loh. Ada dua rasa; pedas dan asin gurih. Bagi mereka yang tidak suka pedas, akan memborong lidi-lidian yang rasanya asin dan gurih. Sekarang, jajan ini lebih ngehits, loh. Sampai dijual di online shop dengan kemasan yang lebih menarik dan rasa yang disediakan lebih banyak.

7. Gulali Tradisional

8 Jajanan Sekolah yang Bisa Bikin Flashback Buat Anak-anak Generasi 90-anayukberfloteh.wordpress.com

Kalau mau jajan yang manis-manis, gulali ini bisa jadi alternatifnya. Ada banyak akang-akang jual gulali di depan sekolah. Ada yang jual gulali sutra, gulali yang pakai cetakan, atau gulali yang berbentuk lucu-lucu seperti gambar diatas ini. Senengnya, kita bisa request loh mau dibikin seperti apa gulalinya. Hihihi

8. Pentol Kanji (Cilok)

8 Jajanan Sekolah yang Bisa Bikin Flashback Buat Anak-anak Generasi 90-antopsy.one

Ini juga terfavorit untuk anak-anak generasi 90-an. Begitu pulang sekolah, langsung serbu deh ke abang-abang jual pentol. Pentolnya di bungkus di plastik yang nantinya diikat bagian atasnya, kemudian ujung dari plastik kita gigit hingga sedikit robek, lalu kita makan pentolnya dari situ. Rasanya kenyal-kenyal bikin nagih. Hobi anak-anak jaman dulu sewaktu beli pentol ini adalah, nambahin saus sambal atau tomatnya banyak banget. Jadi sewaktu makan pentol kanji itu, giginya merah-merah semua. Hihihi

Mulai kepengin?

Putri Aisya Pahlawani Photo Community Writer Putri Aisya Pahlawani

"Your life is like a blank page. You write on it" - Donald Miller-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You