Comscore Tracker

Aktor Bunglon, Ini 8 Film Terbaik Christian Bale di Tahun 2000an

101 persen totalitas!

Christian Charles Philip Bale memulai karir di usia 11 tahun. Dan di usia ke13 ia dipercayai Steven Spielberg menjadi bintang utama dalam film Empire of the Sun

Setelahnya, ia disebut-sebut sebagai bintang masa depan dan beberapa penghargaan pun menghampirinya. Tapi hal ini tak serta merta membuatnya langsung menjadi super star. Bale masih harus rela menerima peran-peran kecil dan film televisi.

Namanya melonjak setelah bermain di dua film thriller, American Psycho dan The Machinist. Karenanya, Bale pun mendapat kesempatan untuk memerankan Bruce Wayne di trilogi The Dark Knight. Mungkin sebagian dari kita hanya mengetahui kemampuan aktingnya yang luar biasa di film The Dark Knight

Berikut 8 film terbaiknya di tahun 2000an yang wajib kamu tonton ulang.

1. American Psycho (2000)

Aktor Bunglon, Ini 8 Film Terbaik Christian Bale di Tahun 2000animdb.com

Bagaimana jadinya jika karakter Bale sebagai Bruce Wayne yang heroik harus diputar 180 derajat? Untuk mengetahuinya, kamu bisa menengok film yang berjudul American Psycho. Sebagaimana judulnya, sudah pasti film garapan Mary Harron ini menyajikan adegan-adegan pembunuhan sadis yang dilakukan oleh psikopat.

Apa yang menarik dari American Psycho terletak dari peramuan plot dan karakternya. Bale yang berperan sebagai Patrick Bateman merupakan sosok pria rupawan, kaya raya, memegang jabatan tinggi, dan gampang bergaul dengan banyak orang. Tapi setiap orang pasti punya sisi putih dan hitam. 

Begitup un dengan Bateman. Di balik kesempurnaannya, tak ada yang tahu kalau dia mempunyai sifat munafik, tamak, obsesif, dan selalu perfeksionis. Dalam sekejap, Bateman juga bisa menjadi karakter psikopat yang menakutkan.

2. The Machinist (2004)

Aktor Bunglon, Ini 8 Film Terbaik Christian Bale di Tahun 2000anamazon.com

Sudah setahun Trevor Reznik (Christian Bale), seorang mekanik di sebuah pabrik mengalami insomnia berat yang tidak hanya sukses membuat tubuhnya kurus kering namun juga perlahan mulai mengerogoti akal sehatnya. Trevor juga terganggu dengan kehadiran Ivan, rekan kerjanya yang misterius. 

Selain menyajikan plot yang menarik, The Machinist juga menampilkan totalitas akting dari Christian Bale. Berat badan Bale saat itu hanya 54 kg dan hanya butuh 8 bulan baginya untuk mengembalikan tubuh kekar ala Bruce Wayne di film Batman Begins.

3. Batman Begins (2005)

Aktor Bunglon, Ini 8 Film Terbaik Christian Bale di Tahun 2000anmbird.com

Batman Begins adalah film superhero DC yang disutradarai oleh Christopher Nolan, dan dibintangi oleh Christian Bale, Michael Caine, Gary Oldman, Liam Neeson, dan Morgan Freeman. Film ini berfokus pada Bruce Wayne yang berkeliling ke seluruh dunia, untuk berlatih sekaligus mengendalikan rasa takutnya setelah melihat orang tuanya meninggal di hadapannya.

Setelah berlatih bersama gurunya, Bruce Wayne memulai perang melawan kejahatan untuk membebaskan Gotham dari korupsi yang melibatkan the League of Shadows. Film ini merupakan reboot film Batman, mengisahkan kisah awal sesungguhnya dari superhero berlambang kelelawar ini.

4. Rescue Dawn (2006)

Aktor Bunglon, Ini 8 Film Terbaik Christian Bale di Tahun 2000animdb.com

Rescue Dawn diambil dari kisah nyata seorang pilot Pesawat Tempur AS, yang ditembak jatuh di Laos ketika terbang dalam sebuah misi untuk Angkatan Laut Amerika Serikat selama Perang Vietnam berlangsung. 

Setelah pesawatnya jatuh, Dieter Dengler (Christian Bale) kemudian dibawa ke kamp tawanan di mana ia kemudian bertemu beberapa tentara Amerika yang juga ditawan di sana. Dieter kemudian mengajak Duane Martin (Steve Zahn), Gene DeBruin (Jeremy Davies) dan para tawanan lain untuk meloloskan diri dari kamp tersebut.

Meskipun Dieter dan para tawanan lain akhirnya berhasil meloloskan diri dari kamp tawanan, mereka masih harus menghadapi kerasnya hutan tropis yang harus mereka lalui untuk mencapai wilayah Thailand. 

Demi memainkan peran Dieter dalam film ini, Bale harus kehilangan setengah dari berat badannya lagi. Benar-benar sebuah totalitas dari aktor berusia 44 tahun ini.

Baca Juga: Raih 1 Juta Penonton, 5 Hal Dramatis Ini Terjadi Saat Promo Film Ahok

5. The Prestige (2006)

Aktor Bunglon, Ini 8 Film Terbaik Christian Bale di Tahun 2000analamy.com

The Prestige merupakan jenis film dengan ensemble cast yang patut ditonton semua orang. Selain Bale, The Prestige juga turut diramaikan oleh aktor kenamaan lain seperti Hugh Jackman, Scarlett Johansson, Michael Caine, dan David Bowie.

The Prestige memotret persaingan yang terjadi antara dua orang pesulap, Robert Angier (Hugh Jackman) dan Alfred Borden (Christian Bale). 

Angier dan Borden adalah pesulap kenamaan di kota London yang bersaing ketat untuk menunjukkan trik sulap siapa yang lebih keren dan mereka juga tak segan untuk saling menjatuhkan demi menjadi pesulap terbaik pada masa itu.

6. 3:10 to Yuma (2007)

Aktor Bunglon, Ini 8 Film Terbaik Christian Bale di Tahun 2000animdb.com

Baik dan buruk itu berbeda tipis dan setiap orang pasti memiliki kedua sisi itu. Mungkin itulah premis yang ingin disampaikan oleh 3:10 to Yuma. Selain Bale, 3:10 to Yuma juga menampilkan Russell Crowe sebagai lawan main Bale. 

3:10 to Yuma menjadi salah satu film terbaik Bale karena sempat dimasukkan ke dalam tiga nominasi Academy Award dalam Best Achievement in SoundBest Achievement in Music Written for Motion Pictures, dan Original Score.

3:10 to Yuma mengambil latar tahun 1800 di Arizona yang menyorot kelompok penjahat terkenal, dimana pimpinannya, Ben Wade (Crowe), tertangkap. Seorang petani bernama Dan Evans (Bale) menawarkan diri untuk mengantarkan Wade ke “3:10 to Yuma”, sebuah kereta api yang membawa para penjahat ke pengadilan. 

Di perjalanan, Wade dan Evans saling mengenal yang membuat perjalanan tersebut dipenuhi oleh bahaya dan takdir yang mustahil bagi keduanya.

7. The Dark Knight (2008)

Aktor Bunglon, Ini 8 Film Terbaik Christian Bale di Tahun 2000anscreenrant.com

The Dark Knight adalah film kedua dari trilogi Batman versi Nolan. Dinominasikan delapan Academy Awards dan memenangkan Best Supporting Actor untuk Heath Ledger. Film ini memiliki deretan aktor berkelas. 

Selain aktor yang bermain di Batman Begins, film ini juga dibintangi Heath Ledger, Aaron Eckhart, dan Maggie Gyllenhaal. Sampai saat ini The Dark Knight masih menjadi film superhero terbaik, dengan menempati posisi keemapat di Top 250 Movies by IMDB.

Batman (Christian Bale), Jaksa Wilayah Harvey Dent (Aaron Eckhart) dan Letnan James Gordon (Gary Oldman) membentuk aliansi untuk membersihkan Gotham dari organisasi kriminal. Dengan bantuan mereka, Batman berhasil menekan kegiatan kriminal, sampai Joker (Heath Ledger) muncul membuat kerusakan dan kekacauan di Gotham.

8. The Fighter (2010)

Aktor Bunglon, Ini 8 Film Terbaik Christian Bale di Tahun 2000anpopsugar.com

The Fighter diangkat dari kisah nyata seorang petinju legendaris kontemporer bernama Micky Ward (Mark Wahlberg) yang dilatih oleh kakanya sendiri, Dicky Eklund (Christian Bale). Dicky Eklund mendapat julukan “Pride of the Lowell” karena telah membungkam mulut petinju handal Sugar Ray Leonard. 

Permasalahannya, Dicky harus kehilangan popularitasnya akibat ulahnya sendiri dan karena itu pula dia mulai memperhatikan adiknya, Micky, serta membantunya menjadi petinju kelas dunia.

Film Christian Bale terbaik yang digawangi oleh David O. Russell ini menjadi film tersukses yang pernah dibintanginya setelah trilogi The Dark Knight. Lewat film ini, Bale mendapat piala Oscar pertamanya dan bisa menemani Joker memegang piala Oscar untuk kategori Best Actor in Supporting Role.

Itulah 8 film terbaiknya di tahun 2000an yang wajib kamu tonton ulang. Mana yang jadi favoritmu?

Baca Juga: Misteri Ini Belum Terpecahkan di Film Fantastic Beasts 2, Apa Saja?

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

You can read my other articles on Qureta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya