TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

[Update] Rocka Radipa Menjawab Dugaan Plagiarisme Karya Lillian Liu

Rocka Radipa & Miranti Minggar mengaku telah meminta maaf

Facebook.com/Liu.Lillian

Update 26 Januari 2019 23.20 WIB: Lillian Liu membenarkan bahwa pihak Rocka Radipa & Miranti Minggar telah meminta maaf kepada dirinya. Meski tidak ada penyelesaian dan resolusi nyata, Lillian memutuskan untuk tidak menindaklanjuti kasus ini lebih jauh.

Pada 31 Agustus 2018, IDN Times melaporkan fenomena viralnya kasus dugaan plagiarisme oleh seniman Indonesia terhadap karya fotografer Amerika Serikat Lillian Liu.

Viral, Seniman Indonesia Diduga Meniru Karya Fotografer Luar

Para seniman yang dimaksud adalah Miranti Minggar dan Rocka Radipa. Dalam artikel tersebut ditunjukkan bukti-bukti gambar dan komentar dari Lillian Liu serta para netizen terhadap dugaan plagiarisme tersebut.

Pada Desember 2018, Rocka Radipa menghubungi IDN Times untuk mengklarifikasi perkara tersebut. Berikut hak jawab dari Rocka Radipa.

1. Rocka Radipa & Miranti Minggar telah meminta maaf & menyelesaikan masalah ini dengan Lillian Liu

Facebook.com/Liu.Lillian

Dalam email dan surat yang dikirimkan kepada redaksi IDN Times, Rocka Radipa mengaku telah menyelesaikan masalah tersebut dengan fotografer Lillian Liu.

"Kami dengan Lillian Liu dan pihak terkait sudah menyelesaikan masalah ini secara personal, dengan meminta maaf dan tidak menjual karya yang dipermasalahkan," tulis Rocka.

Berikutnya dalam Rocka melanjutkan, "Setiap orang pasti pernah berbuat salah dan juga punya kesempatan untuk belajar lebih baik untuk membuka lembaran baru."

Dalam keterangan tertulis tersebut, Rocka dan Miranti berpendapat bahwa praktik apropriasi adalah hal lazim di dunia seni kontemporer dan masih diperdebatkan. "Jarang seniman secara secara terbuka atau secara langsung mengakui bahwa karya tersebut adalah apropriasi".

Baca Juga: [OPINI] Hasil Karya Para Penulis Sastra Banyak Diplagiat di Wattpad

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya