TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Viral, Seniman Indonesia Diduga Meniru Karya Fotografer Luar

Padahal karyanya sudah diliput oleh majalah seni

Twitter.com/MoniqueAubrey

Update 23 Januari 2019, 16.30 WIB: Rocka Radipa dan Miranti Minggar melalui keterangan tertulis telah mengklarifikasi kejadian ini. Dalam email dan surat yang dikirimkan kepada redaksi IDN Times, Rocka Radipa mengaku telah menyelesaikan masalah tersebut dengan fotografer Lillian Liu.

"Kami dengan Lillian Liu dan pihak terkait sudah menyelesaikan masalah ini secara personal, dengan meminta maaf dan tidak menjual karya yang dipermasalahkan," tulis Rocka. Pernyataan lengkap keduanya bisa dibaca di artikel berikut:

Baca Juga: Rocka Radipa Menjawab Dugaan Plagiarisme Karya Lillian Liu

Masih ingat dugaan plagiarisme terhadap Rabbit Town beberapa waktu lalu? Kali ini sosial media kembali ramai membahas tuduhan serupa yang menimpa seorang seniman asal Indonesia, Miranti Minggar. 

Miranti adalah salah seorang pelukis Indonesia yang karyanya telah mendapat pengakuan. Sejumlah kreasinya dipamerkan di sebuah galeri seni bergengsi di Kemang, Jakarta. Profilnya pun telah diangkat beberapa media seperti Harper's Bazaar dan Galeri. Namun, pengakuan seorang fotografer asal Kanada membuat namanya jadi perbincangan untuk alasan berbeda. 

1. Lillian Liu, fotografer asal Kanada mengaku karyanya dibajak dalam pameran tersebut

www.facebook.com/public/Lillian-Liu

Lewat sosial media facebook, Lillian Liu, seniman asal Kanada mengungkapkan kegusarannya. Ia mengunggah sejumlah artikel dan foto pameran karya Miranti Minggar dan Rocka Radipa sambil mengutarakan dugaan bahwa karyanya telah ditiru tanpa seizinnya. 

Instagram.com/mirantiminggar

Perbandingan kedua karya tersebut pun memicu netizen berkomentar. Ternyata memang ada persamaan yang cukup signifikan antara karya Miranti dengan Lillian Liu. Kebetulan atau disengaja?

Baca Juga: 10 Potret Unik Labyrinth of Colors, Gak Kalah Kece dari Museum MACAN 

Berbagai Sumber

Rupanya tak hanya satu dua saja karya Miranti yang menyerupai kreasi fotografi seniman lain. Dan tak hanya karya Lillian Liu saja yang diduga ditiru oleh alumni Institut Seni Indonesia Yogyakarta ini. Saat berita ini diturunkan, karya-karya yang dituduh hasil jiplakan tersebut telah dihapus dari akun sosial media Instagram @mirantiminggar.

2. Netizen pun mengungkap bahwa ini bukan pertama kali dan satu-satunya karya Miranti yang diduga plagiat

Twitter.com/Frouwe_linde

Dari satu pengakuan tersebut, tuduhan pun semakin bergulir dan melebar. Banyak pengguna sosial media yang ikut angkat bicara dan mengunggah contoh karya Miranti lainnya. 

3. Telah diakui, Miranti beberapa kali diliput oleh media seni dan gaya hidup

Twitter.com/MoniqueAubrey

Yang membuat netizen berkomentar semakin pedas adalah fakta bahwa sejumlah karya Miranti bahkan telah diliput oleh media nasional dan majalah seni. Ia sendiri ternyata telah menggelar pameran seni sejak tahun 2004. 

Artinya, Miranti bukan orang baru lagi di dunia seni rupa tanah air. Sebagai respons terhadap sang fotografer asli Lillian Liu, Harper's Bazaar Indonesia telah menghapus pemberitaan mengenai Miranti Minggar. 

Baca Juga: 7 Fakta Unik tentang Rabbit Town Bandung yang Dianggap Plagiat

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya