Comscore Tracker

Seru! Ini Kisah Sukses Para Kreator di TikTok Shopping 12.12 Mega Sale

TikTok Shopping jadi ajang kolaborasi kreator & brand

Interaksi antara brand dan konsumen lewat platform digital berbasis video seperti TikTok, telah memberi warna baru di dunia digital marketing. Interaksi serupa juga terjadi di TikTok Shop, sebuah rangkaian solusi terintegrasi yang dapat dimanfaatkan oleh para merchants untuk mendukung kegiatan penjualan mulai dari upload produk hingga aktivitas lain seperti menentukan pengiriman, pemenuhan permintaan, dan titik penjualan (point of purchase).

Hadir dengan konsep livestream, TikTok Shopping juga menjadi tempat kreator dan brand berkolaborasi untuk meningkatkan penjualan mereka. Sinergi yang baik antara kreator dan brand baru-baru ini juga terjadi di program TikTok Shopping 12.12 Mega Sale yang diadakan pada 3 hingga 16 Desember 2021 lalu. Intip keseruannya yuk!

1. TikTok Shopping 12.12 Mega Sale berhasil menyumbangkan total views sebesar 264 juta

Seru! Ini Kisah Sukses Para Kreator di TikTok Shopping 12.12 Mega SaleKonten TikTok (tiktok.com)

Kolaborasi apik kreator dengan brand lewat program livestream selama dua minggu ini berhasil menyumbangkan total views sebesar 264 juta dengan total durasi livestream lebih dari 115 ribu jam selama kampanye berlangsung. Interaksi ini pun telah meningkatkan nilai transaksi atau gross merchandise value (GMV) hingga 561 persen, serta peningkatan order sebesar 1.540 persen bila dibandingkan dengan periode lainnya di TikTok Shop.

Hal ini merupakan capaian organik di luar livestream kampanye 12.12, yang turut memperkuat efektivitas kreator untuk menghadirkan pengalaman bertransaksi secara menarik di TikTok.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Dunia Terpopuler di TikTok 2021, Ada Jakarta Lho!

2. Karakter unik dan kuat dari para kreator yang hadirkan interaksi menarik dengan komunitas saat livestream

Gaya otentik kreator selama livestream berhasil meningkatkan daya tarik tersendiri selama kampanye TikTok Shopping 12.12 Mega Sale berlangsung. Spesialisasi konten yang mereka hadirkan di platform jembatan menjembatani kreator untuk berinteraksi dan bertransaksi dengan konsumen secara relatable. Produk kecantikan, rumah tangga, hingga teknologi, berhasil dikomunikasikan para kreator secara interaktif di TikTok Shop.

Salah satunya adalah kreator bernama Kohcun (@kohcun) yang terkenal akan konten seputar digital dan produk Computer, Communication and Consumer Electonics (3C). Dari total 10 livestream yang dilakukannya selama TikTok Shopping 12.12 Mega Sale, Kochun berhasil menumbuhkan GMV sebesar 565 persen dibanding periode lainnya.

Selain pemahaman yang kuat di bidang produk digital, Kochun juga menyertakan berbagai gimmick menarik selama berjualan di TikTok Shop, salah satunya tagline "Kalau Kochun lagi Live, Semua HP, semua gadget, jadi murah!”. Tidak heran, konsumen TikTok Shop percaya akan produk yang dijualnya dan berhasil menobatkan Kochun sebagai livestreamer kedua terbesar selama kampanye TikTok Shopping 12.12 Mega Sale.

@shilvia_tan1688 Yang bisa tebak merk brand ini gw kasih voucer buat belanja ini tas jadi 1000 perak an aja #tiktokshoppingYes ♬ Bilang Pa Mama Mantu Remix - Wallzz.19

Kreator lainnya datang dari kategori produk kesehatan dan kecantikan, Shilvia (@shilvia_tan1688), kreator sekaligus livestreamer yang fokus menjual produk yang dapat meningkatkan kualitas hidup. Dari total 20 livestream yang dilakukannya, Shilvia berhasil meningkatkan GMV sebesar 208 persen dan order sebesar 564 persen dibanding periode lainnya. Berkat pengalamannya sebagai entrepreneur, Sylvia paham betul caranya menjual produk dan menumbuhkan loyal consumer lewat pengikutnya di TikTok Shop.

Keseriusan Sylvia di bidang healthy lifestyle sekaligus gaya hidup mewah yang disampaikannya secara menyenangkan, menjadi daya tarik tersendiri bagi komunitas TikTok sehingga menobatkan perempuan yang terlihat awet muda ini sebagai "TikTok Shopping Queen".

@fahiramira Diskon di live aku sekarang, dan banyak giveaway🥰 #dietbarengfahiramira @keyslim.id ♬ original sound - Laurent Ph - Ở đây có nhiều chút cute 👻

Masih di kategori yang sama, kreator bidang kesehatan dan kecantikan lainnya adalah Fahiramira (@Fahiramira). Dari total 20 livestream yang dilakukannya selama periode TikTok Shopping 12.12 Mega Sale, Fahimira berhasil meningkatkan GMV sebesar 180% dan order sebesar 176 persen dibanding periode lainnya*. Sempat menjadi pemain di beberapa judul film seri, Fahimira saat ini merupakan seorang entrepreneur bidang kuliner sekaligus content creator di TikTok dengan pengikut lebih dari 5,4 juta akun.

Salah satu Top Creator Indonesia ini sering membagikan momen kesehariannya dengan healthy lifestyle dan hidup penuh kesadaran, hingga rekomendasi produk selfcare di TikTok Shop. Dengan kepribadian dan pembawaan yang ramah, Fahimira ditunjuk sebagai "Beauty with Influence" di TikTok.

@count504

gass yup dripada kehabisan!! harga murah saat streaming!!

♬ BARELY BREATHING - Grant Averill

Kisah sukses lainnya datang dari kreator bernama Cika (@count504). Selama kampanye berlangsung, Cika menyelenggarakan 2 livestream dengan fokus menghadirkan produk daily life hasil kolaborasinya bersama brand JD.ID. Sebagai kreator aktif di TikTok, Cika telah berinteraksi dengan komunitas TikTok selama lebih dari 200 jam! Dengan pembawaannya yang ceria namun tetap profesional, Cika berhasil menambah keberagaman pengalaman belanja online di TikTok.

3. Uya Kuya dan Astrid tak mau kalah! Mereka dinobatkan sebagai "National Host Couple Bring More Than Joy"

Chemistry dan kolaborasi klop dari dua kreator di TikTok juga tidak kalah menarik. Kolaborasi unik pertama datang dari pasangan suami istri Uya Kuya (@king.uyakuya) dan Astrid (@astridkuya). Selama kampanye berlangsung, dua sejoli ini telah melakukan 4 kali livestream untuk menghadirkan produk-produk kolaborasi mereka bersama brand teknologi besar seperti Philips dan Samsung.

Sebagai magician, produser, dan TV Host, Uya Kuya sudah sangat terbiasa menghadirkan konten-konten viral yang menghibur. Ditambah dengan kolaborasinya bersama sang istri yang juga familiar di platform digital, Astrid, tayangan livestream keduanya di TikTok Shop menjadikan pasangan ini ditunjuk sebagai "National Host Couple Bring More Than Joy".

4. Couple goals! Putri Delina dan Jeffry Reksa juga bikin 2 kali livestream

@putridelinaaa POWER COUPLE LIVE SALE cuma di TikTok Shop! Catet harinya di Minggu, 12 Desember jam 8 malam! #BelanjaDiTikTokShop ♬ Dance with Me Tonight - Olly Murs

Pasangan livestreamer yang tidak kalah manisnya adalah Putri Delina (@putridelinaaa) dan Jeffry Reksa (@jeffryreksaaa). Selama kampanye berlangsung, pasangan ini telah melakukan 2 kali livestream dengan hasil yang sangat memuaskan. Meskipun dikenal sebagai penyanyi, namun konten-konten menghibur dan inspiratif dari Putri punya tempat bagi komunitas yang ada di TikTok Shop.

Ditemani sang pacar sebagai co-host, livestream keduanya terasa informatif dan menghibur, karena Jeffry yang dikenal sebagai aktor sekaligus gamer ini bisa membuat suasana jadi menyenangkan dengan pembawaannya yang jenaka. Chemistry keduanya pun memberikan hiburan tersendiri untuk konsumen di TikTok selama livestream berlangsung.

Masih banyak kreator lainnya di TikTok yang dapat menginspirasi komunitas, lewat kehadiran mereka melalui livestream di program TikTok Shopping lainnya. Selain memecahkan rekor penjualan, kehadiran mereka juga telah membantu brand membangun komunikasi interaktif dan kepercayaan dengan konsumen yang lebih luas.

Ingin jadi seperti mereka? Dapatkan informasi terkini mengenai program TikTok Shopping dengan mengikuti akun resmi TikTok Indonesia. (WEB)

Baca Juga: 10 Menu Makanan Viral di TikTok Sepanjang 2021, Sudah Coba Semua?

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi
  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya