Comscore Tracker

Survei: Topik, Influencer, dan Tagar Paling Hits di Instagram 2022

Gak cuma hiburan, Gen Z di IG juga peduli soal isu sosial

Instagram Indonesia bekerja sama dengan Populix membuat survei terkait Gen Z di platform-nya pada 11 sampai 22 November 2022. Survei ini dilakukan terhadap 2 ribu Gen Z di Indonesia. Area penelitian dilakukan di 22 kota di Indonesia, meliputi DKI Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, Medan, Pekanbaru, Palembang, Denpasar, Banjarmasin, Manado, dan Makassar.

Berikut hasil survei tentang apa saja isu yang sering dibicarakan Gen Z di Indonesia dan kreator yang paling mencuri perhatian terkait isu-isu tersebut. Keep reading!

1. Topik yang paling disenangi Gen Z di Indonesia

Survei: Topik, Influencer, dan Tagar Paling Hits di Instagram 2022Ilustrasi Instagram (IDN Times/Aditya Pratama)

Menurut survei, Gen Z menyukai topik-topik tertentu di Instagram. Ada komedi, fashion, kuliner, dan gaya hidup sehat yang menjadi empat topik paling dicari dan diikuti Gen Z, melalui kreator favoritnya. Nah, beberapa kreator yang berhubungan dengan topik-topik tersebut adalah:

  • Pada kategori komedi, Reels membantu Gen Z untuk terhubung dengan kreator favorit mereka, seperti @karmalogy. #TawadiReels juga menjadi tagar pilihan 1 dari 5 Gen Z dalam menemukan konten komedi favorit mereka.
  • Untuk fashion di Reels, Gen Z masih menyukai gaya yang minimalis, dark-academic dan sederhana seperti yang dibagikan kreator @cindypriscilla.
  • Konten-konten kuliner seperti review, masak, resep sederhana dan mukbang masih berseliweran' di Instagram. @devinahermawan menjadi salah satu kreator makanan yang disukai Gen Z, karena konten masak yang sederhana, terjangkau, dan mudah diikuti oleh anak kos dan kuliahan.
  • Setelah COVID, gaya hidup sehat menjadi topik yang ramai dibicarakan di Instagram. @dionharyadi, nutrisionis tersertifikasi yang mengedukasi seputar gaya hidup sehat melalui informasi yang mudah dimengerti dan resep clean-eating yang praktis.

2. Isu sosial menjadi minat terbesar Gen Z di Instagram 2022

Survei: Topik, Influencer, dan Tagar Paling Hits di Instagram 2022Ilustrasi Instagram (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain empat topik di atas, Gen Z juga menyukai pembahasan isu-isu sosial. Mereka percaya bahwa dunia dapat berubah menjadi lebih baik dengan cara mengatasi kesenjangan sosial, menjaga lingkungan, dan aksi-aksi sosial lainnya.

Apalagi setelah melewati pandemik selama 2 tahun, isu sosial ini menjadi semakin hangat di kalangan Gen Z. Apakah kamu salah satunya?

Baca Juga: 10 Akun Instagram Pemeran Weak Hero Class 1, Dibintangi Artis Muda!

3. Beberapa publik figur dan isu sosial yang ramai diikuti Gen Z

Survei: Topik, Influencer, dan Tagar Paling Hits di Instagram 2022Ilustrasi Instagram (IDN Times/Aditya Pratama)

Berikut adalah kreator Instagram yang populer menyuarakan isu atau aksi sosial yang ramai jadi perhatian Gen Z. Mulai dari pelestarian alam hingga berani menjadi diri sendiri.

  • @andrewkalaweit menjadi salah satu kreator Gen Z yang menggaungkan soal pentingnya pelestarian hutan.
  • @yurayunita dan @umayshahab mengajak komunitas untuk tampil apa adanya dan menerima segala kekurangan fisik.
  • @pevpearce mengajak perempuan untuk bangga dengan otot kekarnya.
  • @kalis.mardiasih mengedukasi perempuan soal kesetaraan gender dari berbagai aspek, termasuk di dunia kerja, keluarga, dan seksual.
  • @dikta memotong rambut panjangnya dan mendonasikannya untuk penderita kanker.
  • @marshanda99 mengedukasi masyarakat soal kesehatan mental dengan membagikan pengalaman pribadinya yang menderita bipolar disorder.

4. Tagar yang paling populer bagi Gen Z

Survei: Topik, Influencer, dan Tagar Paling Hits di Instagram 2022ilustrasi media sosial (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain ada isu sosial, tagar juga masih ramai dipakai Gen Z di Instagram, apalagi yang berhubungan dengan wisata dan kuliner.

Tagar #pesonaindonesia digunakan sebanyak 11 juta pada 2022. Menurut survei, ada 37 persen Gen Z Indonesia yang ikut jadi kontributor dalam pertumbuhan tagar ini. Sementara tagar #bali digunakan 20 ribu lebih banyak dari tahun lalu. Banyak yang mulai traveling ke Bali lagi, ya!

Untuk tagar #kuliner ada 40 persen Gen Z yang menggunakannya. Faktanya tagar ini digunakan 6 ribu lebih banyak dibanding tahun lalu. Variasi menu makannya semakin beragam, nih.

Baca Juga: Reels Jadi Favorit Gen Z di IG, Lagu Yura Yunita Paling Sering Dipakai

Topic:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya