Comscore Tracker

Ini Dia 10 Trending Topic di Google Indonesia Tahun 2018

#Replay2018 Piala Dunia Rusia & Asian Games 2018 memorable!

Tahun 2018 udah di penghujung hari nih! Coba yuk, kita flashback sebentar mengingat-ingat apa aja sih yang udah terjadi di Indonesia sepanjang tahun ini? Tentunya ada banyak sekali peristiwa besar mulai dari yang membanggakan, mengharukan, sampai menyedihkan.

Nah, belum lama ini Google merilis Year in Search 2018 yang merangkum kata kunci peristiwa yang terjadi selama 2018. Untuk Indonesia, ada beberapa kategori yang diklasifikasikan Google. Salah satunya adalah Penelusuran Terpopuler.

Apa aja, ya topik yang paling banyak ditelusuri warganet Indonesia di Google sepanjang tahun 2018 ini? Check this out!

10. Liga 1 Indonesia 2018

Ini Dia 10 Trending Topic di Google Indonesia Tahun 2018Twitter.com/Persija_Jkt

Resmi berakhir pada hari Minggu (9/12) kemarin, Persija Jakarta keluar sebagai juara Liga 1 Indonesia. Pertandingan antarklub se-Indonesia ini sudah memasuki musim keduanya. Tahun ini, Liga 1 Indonesia berlangsung pada 3 Maret 2018.

Liga 1 kali ini pun menyisakan banyak cerita, salah satunya adalah meninggalnya salah satu suporter--Haringga Sirla. Persija selaku juara mempersembahkan kemenangannya untuk Haringga dan Jakmania.

9. Bukti - Virgoun

https://www.youtube.com/embed/s9NoBV_7yVI

Lagu yang dinyanyikan Virgoun ini sebenarnya sudah dirilis sejak 2017. Namun, hingga pertengahan 2018 lagu ini masih banyak dicari oleh warganet karena banyaknya cover lagu yang unik dan nyeleneh. Para warganet berlomba-lomba bikin kreasi cover lagu Bukti menggunakan alat-alat musik seadanya, asalkan bunyinya bisa mirip dengan aransemen lagu aslinya. Hayo, kamu jadi salah satu yang ikutan bikin cover gak nih?

8. Lagi Syantik - Siti Badriah

https://www.youtube.com/embed/Tet6_BlStEM

Siapa yang gak tahu lagu ini? Saking viralnya, lagu Lagi Syantik ini diputar di mana-mana, mulai dari angkot, tempat kerja, sampai pusat perbelanjaan. Tak cuma itu, Sibad--panggilan akrab Siti Bardiah pun diberi kesempatan untuk menyanyikan lagu ini saat penutupan Asian Games 2018 dengan aransemen baru. Hmm, sayangnya ternyata aransemen tersebut menuai perdebatan di kalangan warganet.

7. Meraih Bintang - Via Vallen

https://www.youtube.com/embed/1ak17RxcqBQ

Jadi official theme song Asian Games 2018, lagu Meraih Bintang yang dinyanyikan Via Vallen juga masuk trending Google sepanjang 2018 ini. Video klipnya dirilis secara resmi oleh pihak Asian Games pada Juni 2018. Saat ini video tersebut sudah meraih 111 juta penonton lho!

Dalam nuansa kemeriahan Asian Games, lagu ini pun diputar di semua tempat. Sampai-sampai semua orang hafal dan mau tak mau otomatis ikut menyanyikan liriknya saat mendengar lagu ini. Selain di Indonesia, lagu yang diciptakan oleh Pay ini juga banyak ditelusuri warganet di negara lain. Bahkan lagu ini dibuat cover-nya dengan bahasa mereka sendiri lho! Mulai dari bahasa Arab, Jepang, hingga Korea. Wah, keren banget!

6. Deen Assalam

https://www.youtube.com/embed/1OMD_LSELAM

Masih ingat dong dengan lagu berbahasa Arab yang menenangkan hati ini? Deen Assalam yang artinya adalah Agama Perdamaian merupakan lagu milik Sulaeman Al Mughny yang dicover oleh Sabyan. Videonya dirilis pertama kali di channel Official Sabyan gambus pada 17 Mei 2018 saat masuk bulan Ramadan. Gak heran lagu ini selalu diputar di mana saja sepanjang Ramadan.

Barangkali, bagian yang paling melekat dalam benak kita adalah pada lirik hmm.. hmm.. hmm.. yang digumamkan Nissa Sabyan di awal lagu. Sampai-sampai ada yang bikin versi 10 jamnya. Hmmm, iseng banget ya!

Baca Juga: Flashback, Ini 8 Film Indonesia yang Bikin Heboh di Tahun 2018

5. Nissa Sabyan

Ini Dia 10 Trending Topic di Google Indonesia Tahun 2018moneysmart.id

Lagu yang dinyanyikannya viral, penyanyinya pun ikutan bikin penasaran warganet dong! Makanya, di urutan ke-5 ini Nissa Sabyan masuk dalam daftar penelusuran paling banyak di Google Indonesia tahun 2018 nih!

Nah, Nissa Sabyan sendiri merupakan vokalis dari grup musik gambus Sabyan. Ya, sejak menyanyikan Deen Assalam dan videonya viral, namanya pun semakin dikenal publik. Bahkan Perdana Menteri Pakistan sampai ngefans dengannya lho!

4. Karna Su Sayang

https://www.youtube.com/embed/A8wGcIBz9iA

Tahun 2018 ini Indonesia emang banyak banget ya lagu yang viral. Yang terbaru adalah lagu Karna Su Sayang yang dinyanyikan oleh Near featuring Dian Sorowea. Sekilas mendengarkan lirik lagunya kita mungkin gak familiar dengan bahasanya. Ya, karena bahasa dalam lirik ini menggunakan bahasa Maumere.

Meski begitu, nyatanya lagu ini bisa didengarkan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Jadi, siapa bilang lagu daerah itu gak keren?

3. Piala AFF 2018

Ini Dia 10 Trending Topic di Google Indonesia Tahun 2018foxsportsasia.com

Dilangsungkan pada 8 November-15 Desember 2018, Piala AFF 2018 tak luput dari pencarian para warganet Indonesia. Tentu saja, karena ajang sepak bola se-ASEAN ini menampilkan formasi timnas Indonesia yang berbeda dari sebelumnya. Di tengah kericuhan masyarakat dengan PSSI, timnas Indonesia terus berusaha keras menampilkan pertandingan yang terbaik.

Sayang sekali, Tim Garuda harus tersingkir dari fase grup dant idak dapat melanjutkan langkah menuju semi final. Di pertandingan terakhir pada 25 November kemarin, Indonesia ditahan imbang oleh Filipina 0-0. Sementara itu, Vietnam melawan Malaysia pada pertandingan final 15 Desember 2018.

2. Asian Games 2018

Ini Dia 10 Trending Topic di Google Indonesia Tahun 2018badmintonindonesia.org

Bertindak sebagai tuan rumah, Asian Games 2018 jadi agenda yang bikin Indonesia sangat sibuk dan diperhatikan seluruh dunia! Bagian yang paling mencuri perhatian adalah opening ceremony di mana terdapat adegan Presiden Joko Widodo memasuki arena pembukaan Asian Games 2018 dengan mengendarai motor gede. Hmm, sayangnya di tanah air adegan ini justru jadi bahan perdebatan soal penggunaan stuntman.

Gak cuma opening. Sepanjang penyelenggaraan Asian Games 2018 ternyata juga jadi perhatian warganet. Tentunya ada banyak kejadian menarik pada pesta olah raga terakbar se-Asia yang diselenggarakan pada 18 Agustus-2 September 2018 di Jakarta dan Palembang ini. Suksesnya pelaksanaan Asian Games 2018 membuat kita semua bangga dan terharu!

1. Piala Dunia Rusia 2018

Ini Dia 10 Trending Topic di Google Indonesia Tahun 2018wikipedia.org

Gak cuma di Indonesia, Piala Dunia Rusia 2018 juga jadi penelusuran paling banyak di Google sedunia. Tentu saja, karena ini adalah perhelatan kompetisi sepak bola terakbar sedunia yang diadakan setiap 4 tahun. Semua warga dunia bersuka cita menyaksikan setiap pertandingan selama Piala Dunia 2018. Ada banyak drama, ada banyak kejadian seru hingga lucu pada perhelatannya tahun ini.

Dan secara mengejutkan, Perancis yang tidak dijagokan menang ternyata justru jadi juara dunia. Selain itu, timnas Kroasia juga mencuri perhatian dengan penampilan mereka dalam final melawan timnas Perancis. Momen apa dari Piala Dunia 2018 yang paling gak bisa kamu lupakan nih?

Itu tadi 10 Penelusuran Tepopuler di Google Indonesia sepanjang tahun 2018. Pastinya bakal rindu banget, ya sama keseruan tahun ini. Semoga tahun depan gak kalah seru, ya!

Baca Juga: Inilah 10 Momen Terpopuler 2018 di Instagram Indonesia Maupun Global!

Gendhis Photo Community Writer Gendhis

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You